Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Kampung Tanggap Corona



Kampung Tanggap Corona - Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam memerangi pandemi Corona Covid 19. Peran masyarakat sangat berarti dalam memutus pandemi ini. Salah satunya adalah menciptakan kampung tanggap Corona.


Seminggu setelah aturan diam dirumah dikeluarga, ada yang berbeda dengan kondisi perumahan tempat tinggal kami. Pintu gerbang yang semula ada dua sisi, kini hanya dibuka satu sisi saja. Tepatnya yang berada di depan pos satpam. 


Spanduk berukuran besar juga dipasang di depan gerbang. Intinya perumahan kami ini peduli dalam memutus rantai penyebaran virus Covid 19 ini. Utamanya melakukan social distancing. 


Kampung Tanggap Corona



Data Covid 19 



Kampung Tanggap Corona
Radar Covid Jawa TImur



Kami tinggal di sebuah perumahan yang ada di kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, tepatnya di kecamatan Taman. Menurut data, saat di di kabupaten Sidoarjo tercatat ada 18 orang yang positif. Jumlah PDP sebanyak 72 orang, dan ODP-nya sebanyak 274 orang.


Selain itu dari Radar Covid Jawa Timur, dalam radius 1 km terdapat 3 kasus positif Covod 19. Dan radius 2 km terdapat 3 kasus. Sungguh harus semakin berhati-hati dan terus menjalankan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).


Upaya yang Dilakukan



Melihat situasi terkini tersebut, pejabat perumahan mengambil beberapa langkah strategis. Melakukan banyak cara untuk bisa mencegah penyebaran virus ini dilingkungan kami. 


1. Isolasi Wilayah


Kampung Tanggap Corona
Spanduk Isolasi Wilayah



Langkah ini sudah diberlakukan sejak tanggal 23 Maret 2020. Perumahan kami tertutup untuk pihak luar. Semua pedagang dan ojek online dilarang masuk. 


Kampung Tanggap Corona
Pengantar paket hanya sampai di pos satpam



Begitu juga dengan pengiriman barang. Pengiruman barang hanya sampai di pos satpam. Nanti warga yang mengambil paketnya di pos.


2. Penyemprotan Disinfektan



Penyemprotan disinfektan juga dilakukan. Setiap rumah warga disemprot disinfektan, dua kali seminggu. Disinfektannya buat sendiri. Proyek bersama warga. 


Tak hanya rumah yang disemprot. Setiap kendaraan yang masuk perumahan juga disemprot disinfektan. 

Kampung Tanggap Corona
Mobil disemprot disinfektan



Bahkan yang terbaru, di depan pos satpam juga disediakan bilik disinfektan.


Kampung Tanggap Corona
Motor disemprot disinfektan



Setiap pejalan kaki dan motor harus masuk bilik terlebih dahulu. 

Kampung Tanggap Corona
Bilik disinfektan



3. Penyediaan Tempat Cuci Tangan


Kampung Tanggap Corona
Tempat cuci tangan



Di depan pos satpam juga disediakan tempat cuci tangan. Air bersih dan sabun juga tersedia disana. Ya, virus ini akan pergi jika kita melakukan PHBS, salah satunya dengan cuci tangan pakai sabun.


4. Pembatasan Kegiatan Bersama



Demi mematuhi kebijakan social distancing, semua kegiatan bersama warga dihentikan. Tidak ada lagi kerja bakti, arisan PKK, posyandu hingga pengajian.


Masjid di perumahan memang masih buka. Namun jumlah jamaahnya dibatasi dan hanya untuk warga perumahan saja. Tidak boleh warga luar masuk. Saat sholat berjamaah juga shafnya berjarak dan para jamaah memakai masker. 


5. Larangan Menerima Tamu


Warga juga dilarang menerima tamu selama musim pandemi ini. Setiap orang asing yang masuk perumahan akan di cek terlebih dahulu. 


6. Cek Suhu Badan


Kampung Tanggap Corona
Cek suhu badan




Semua orang yang masuk ke perumahan wajib diperiksa suhu badannya terlebih dahulu. Bagi yang memiliki suhu badan tinggi, tidak boleh masuk. Diminta melakukan periksaan terlebih dahulu. 


Kampung Tanggap Corona



7. Posko Aduan



Juga ada posko aduan bagi warga yang merasa kurang sehat. Selain itu warga juga wajib lapor bila telah melakukan perjalanan ke luar kota.


8. Kanal Informasi



Grup whatss app warga menjadi kanal informasi terkini tentang covid 19 ini. Setiap informasi dari pemerintah desa di share. Juga beragam tips untuk menghadapi Covid 19 ini.


9. Himbauan Pakai Masker



Semua warga dihimbau memakai masker saat keluar rumah. Termasuk saat berbelanja di dalam perumahan.

Begitulah langkah-langkah perumahan kami dalam menghadapi virus Covid 19. Perumahan kami menjadi kampung tanggap Corona. Semoga upaya bersama ini membuahkan hasil. Semoga pandemi ini segera berlalu.


Amin....

4 komentar

  1. Wow sy sangat gembira bila ada warga yg peduli sehingga dapat terwujud kampung peduli Covid-19. Yg akhirnya bisa "memaksa" warga untuk berperilaku hidup sehat.

    Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga kita bisa beraktifitas seperti sedia kala. Amin

    BalasHapus
  2. kalau semua kampung begini , mantap ya

    BalasHapus