Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tujuh Rekomendasi Takjil Enak yang Wajib Dicoba


Takjil Ramadan




Lima Rekomendasi Takjil Enak yang Wajib Dicoba - Takjil, tradisi yang selalu ada di bulan Ramadan. Biasanya berburu takjil di pusat kuliner menjadi agenda wajib saat ngabuburit. Ah tapi itu dulu, sebelum wabah Covid 19 menyerang. Tapi jangan khawatir, takjil bisa tetap kita nikmati meski harus diam di rumah. Takjil yang enak akan menambah semarak bulan Ramadan. 


Takjil



Takjil menjadi tradisi yang selalu hadir di bulan Ramadan. Takjil adalah makanan atau minuman yang disantap saat berbuka puasa. Biasanya dinikmati sebelum menyantap makanan utama. Misalnya, saat mendengar adzan magrib yang saya lakukan adalah minum segelas air putih lalu dilanjutkan memakan takjil. Makanan utama biasanya baru dinikmati saat selesai shalat tarawih.


Tapi ternyata arti kata takjil itu bukanlah makanan atau minuman lho. Takjil, adalah sebuah kosakata yang berasal dari Arab dengan makna menyegerakan. Dalam pengertian ini, maka takjil diartikan sebagai menyegerakan berbuka puasa. Karena dalam islam, menyegerakan berbuka puasa adalah sebuah anjuran.


Begitu juga dengan yang tercatat di Kamus Besar Bahasa Indonesia, takjil juga diartikan sebagai menyegerakan atau mempercepat.


Mungkin karena harus segera berbuka, makan makanan ringan lebih baik. Biar cepat. Makanya takjil biasanya adalah makanan yang praktis untuk dimakan. 


Tradisi Berburu Takjil



Biasanya setiap Ramadan banyak orang yang menghabiskan waktu ngabuburit dengan berburu takjil. Saat Ramadan mendadak bermunculan pusat-pusat kuliner. Aneka jenis takjil tersedia, mulai dari yang panas ataupun dingin. Makanan atau minuman. Lengkap deh!


Begitu juga dengan saya. Sambil menunggu adzan magrib, saya dan suami berburu takjil di pusat kuliner yang ada di dekat rumah. Atau kalau ingin lebih jauh, kami bisa mendatangi pusat kuliner yang ada di pusat kota. Misalnya saat kami ingin mencicipi takjil khas timur tengah, maka kawasan Ampel adalah pilihan terbaik. Di Ampel yang merupakan kampung Arabnya Surabaya, aneka kuliner timur tengah akan mudah ditemui. 




Tetapi Ramadan kali ini tidak ada ngabuburit. Tidak ada lagi berburu takjil di pusat kuliner. Tak mungkin mendatangi pusat kuliner yang ramai orang ditengah wabah Covid 19 ini. 


Menurut ahli gizi, saat Ramadan di tengah wabah Covid 19 ini membuat takjil sendiri adalah pilihan terbaik. Atau kalaupun memang harus membeli diluar, usahakan memilih takjil yang bersifat panas. Takjil panas lebih aman, sebab virus Covid 19 ini akan mati di suhu yang panas.


Berikut tujuh rekomendasi takjil enak yang wajib dicoba.


1. Kurma


Takjil Ramadan



Kurma adalah takjil yang paling baik. Selain mengikuti sunnah Rasul, kurma ini kaya manfaat. Secara umum, kandungan utama dari buah ini adalah karbohidrat sederhana (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Hampir 70% dari kurma terdiri dari karbohirat. Tak heran kurma adalah pilihan takjil yang paling baik, sebab kurma praktis dan mengenyangkan. Makan 3 butir kurma sebagai takjil, akan membuat perut kenyang tanpa harus kekeyangan. 


2. Buah Segar



Selain kurma, menjadikan buah segar sebagai takjil juga baik. Setelah 14 jam berpuasa, akan lebih baik bila perut kita diisi dengan buah. Ini akan membuat pencernaan lebih lancar. 


Takjil Ramadan



Apalagi buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk dan pepaya. Konsumsi vitamin C sangat penting ditengah pandemi Covid 19. 


3. Salad Buah



Takjil Ramadan



Ingin menikmati buah yang penuh rasa? Salad buah jawabannya. Selain dibuat dari berbagai jenis buah, saus salad akan memeberikan kelezatan tersendiri. Mayonaise, susuk kental manis dan parutan keju akan membuat buah semakin enak dinikmati.


4. Kue Srikaya


Takjil Ramadan



Saat rindu dengan kuliner Ampel, saya membuat kue srikaya. Kue yang sering dijumpai di Ampel ini menjadi salah satu kuliner khas Ramadan. Sejak kecil kue ini selalu menemani hari-hari Ramadan saya.




Kue ini sangat enak dimakan saat hangat. Cocok sebagai hidangan pembuka saat berbuka. Rasanya manis dan lembut. 


5. Kolak 



Kolak menjadi takjil khas Indonesia. Kolak seringkali menjadi pilihan hidangan takjil. Isinya bermacam-macam. Biasanya kolak yang saya buat isinya pisang, ubi, labu dan kacang hijau yang dimasak jadi satu bersama santan kelapa.

Takjil Ramadan



Kolak enak dinikmati saat hangat. Kalau mau lebih sehat, makan kolak tanpa santan.


6. Cheese Ball


Takjil Ramadan




Gorengan juga dijadikan menu takjil favorit. Akan lebih sehat bila kita membuat gorengan sendiri. Seperti cheese ball ini. Gorengan berbahan dasar kentang dan keju ini sangat enak dinikmati sebelum menyantap hidangan berbuka.




7. Mozarela Stik


Takjil Ramadan



Masih gorengan dan masih berbahan dasar keju. Mozarela stik menjadi takjil yang enak dan praktis. 


Bagaimana? Mana takjil pilihanmu? 

36 komentar

  1. Aku pilih buah segar, salad buah dan kolak, sukaaa banget ketiga itu

    BalasHapus
  2. Aku biasanya buka pakai kolak atau buah mbak, banyak ya pilihan untuk berbuka puasa :)

    BalasHapus
  3. Kalau saya sih, kurma sama buah itu wajib ada. Oya, saya kok penasaran sama kue srikaya, soalnya seumur hidup belum pernah makan kue ini hehehe....

    BalasHapus
  4. Setuju bngt mba Kurma selalu jd takjil favorite aplg paling baik krn mengikuti sunnah Rasul

    BalasHapus
  5. Ada yg rancu menurut saya. Takjil itu bahasa arab, artinya menyegerakan. Dalam arti saat waktu berbuka segera makan minum untuk membatalkan puasa.
    Tapi maklum di Indonesia, meski salah, kalau dilakukan secara masal jadinya dianggap benar saja. Padahal bagi anak santri mereka sesungguhnya menertawakan yg menganggap kata takjil sama dengan makanan
    Hehehe

    BalasHapus
  6. aku masih tetep milih teh panas yang tidak terlalu manis dan risoles kentang hihi.. kolak udah ga berani, rasanya manis dan santan gurih itu buat ketagihan soalnya!

    BalasHapus
  7. Kurma sendiri di rumahku jarang dipakai untuk hidangan berbuka. Gimana ya? Rasanya ada yang kurang kalau menikmati tiga butir kurma aja. Padahal sebenarnya kenyang, hahaha ...

    Nah, kalau makan buah segar, aku cocok banget. Biasanya sih memilih melon dan pepaya. Harganya masih terjangkau dan bisa dinikmati bareng keluarga besar kami.

    BalasHapus
  8. Aduh senangnya ya di Surabaya takjlnya enak enak
    Eniwei baswey ada resep moza sticknya? Pingin bikin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu gampang kok..
      tinggal di balur tepung roti

      Hapus
  9. Mozarella Stik kayaknya yummy tuh Mba Dee, hehe... Anak² kl dibuatin gitu hmm satu orang ga bs cuma makan 1, pasti nambah ^^

    BalasHapus
  10. Pilihan takjil nya enak2 nih, jadi rekomendasi buat menu buka puasa anakku nih .. aku suka semua nya.. eh tapi belum pernah makan kue srikaya. Manis banget gitu yah mba

    BalasHapus
  11. Kurma, buah segar, salad buah. Itu memang dianjurkan. Pun semasa saya masih tinggal bersama orang tua, ibu saya selalu mengatakan bahwa sebaiknya kita berbuka dengan makanan segar yang benar-benar hasil bumi yang belum dimasak. Jawabannya ya buah segar. Apalagi kurma, sunnah Rasul banget kan?

    BalasHapus
  12. Klo aku takjil suka es buah atau sop buah soalnya benar-benar bikin Segar kembali dan jadi bahagia😊

    BalasHapus
  13. Cheese ball itu sama seperti kroket kentang nggak sih? Atau lebih deket ke bitterbalen?

    BalasHapus
  14. Donat, sama bola-bola ubi nggak ada mbak? Hihi keduanya itu juga enak, dan bikin SemangatCiee

    BalasHapus
  15. Kalau saya buah mbak hehehe lumayan mbalikin energi lagi

    BalasHapus
  16. Saya pilih kurma dan potongan buah segar aja. Plus air es *nggak tahan...hihi. Bulan puasa anak-anak masih minta dibuatin pizza, rotilah, dll. Alhasil tetap uplek di dapur terus demi mereka. Karena pandemi, selama Ramadan nggak pernah beli di luar, kasihan juga yang biasa jualan makanan sekarang nggak bisa lewat di depan rumah :(

    BalasHapus
  17. Tetap yang nomor satu pilihan takjil ku mba. Tapi, aku pemasaran dengan cheese ballnya. Bagi resepnya dong.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang, campur kentang sama keju..
      buat bola-bola

      Hapus
  18. Mbak... mau dong resep yang cheese ball. Kebetulan aku lagi suka juga bikin camilan. Kalau yang sering banget aku coba sih buah segar dan kurma. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kentang di rebus, dihaluskan..
      campur dgn keju
      buat bola-bola, balur tepung roti

      Hapus