Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Manfaat Menonton Drama Korea Bagi Keharmonisan Rumah Tangga

keharmonisan rumah tangga



Manfaat Menonton Drama Korea Bagi Keharmonisan Rumah Tangga - Menonton drama Korea ternyata banyak manfaatnya lho. Ditengah banyaknya nyinyiran para haters terhadap mama mama muda yang nonton drama Korea, ternyata menonton drama Korea bisa menjaga keutuhan rumah tangga lho. Nggak percaya? Baca sampai habis artikel ini!


Bagi kebanyakan mama muda, menonton drama Korea menjadi aktivitas tak terpisahkan ditengah kesibukan mengurus keluarga. Drama Korea bisa jadi pelipur lara saat anak tantrum atau harga-harga yang sering naik.


Mungkin buat orang yang tidak tahu, menonton drama Korea adalah aktivitas yang nirfaedah! Buang-buang waktu dan kuota. Bahkan ada yang bilang nonton drama Korea itu tandanya nggak bersyukur dengan suami sendiri, karena selalu yang dibayangin oppa oppa Korea. Duh ya nggak gitu juga sih.


Menonton drama Korea tidak hanya menghibur, tapi juga banyak manfaat lainnya. Menonton drama Korea bermanfaat untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.


1. Quality Time


keharmonisan rumah tangga



Menonton drama Korea bisa menjadi quality time dengan pasangan. Menghabiskan waktu bersama dengan pasangan sambil nonton drama Korea di malam hari bisa menjadi momen berdua yang sangat mengasyikkan lho.


Banyak juga laki-laki yang mau nonton drama Korea. Asal memilih genre yang sesuai. Misalnya, karena suami suka nonton film bertema kriminal, drama Korea genre detective menjadi pilihan untuk ditonton bersama.


Saya masih ingat, suami suka banget nonton drama Korea Ghost Detective, kami berdua rela begadang sampai pagi buat maraton drama ini.

2. Bersikap Romantis



Drama Korea penuh dengan adegan-adegan romantis yang bikin baper. Sangat cocok bila ditonton dengan pasangan. Saat menonton drama Korea saya jadi makin sering bersikap romantis sama suami.  Mulai dari hal yang sederhana, misalnya membawakan bekal istimewa setiap hari. Kan banyak tuh di drama Korea, membawakan bekal makanan buat pasangannya sebagai tanda cinta. Bahkan kak Risna saja setuju, kalau nonton drama Korea bersama suami bisa bikin hubungan makin mesra.

keharmonisan rumah tangga



Mengajak suami nonton drama Korea juga dalam rangka mengasah sisi romantis suami. Ya, kali aja selama ini nggak romantis karena nggak tahu caranya. Kali aja dengan semakin sering nonton drama Korea bisa bikin suami ter influence untuk bersikap romantis. Semoga!


3.  Belajar Pengasuhan Bersama


keharmonisan rumah tangga



Drama Korea juga banyak memberikan insight- insight seputar pengasuhan anak. Seperti drama Korea Sky Castle. Saat menonton bersama suami, kami bertekad untuk tidak menjadikan anak sebagai ladang  ambisi. Kami makin mantap mendidik anak-anak agar berkembang sesuai dengan fitrahnya.


Atau saat nonton Doctor Crush, kami jadi makin yakin bahwa keluarga bisa menjadi sumber motivasi terbesar bagi anak-anak dalam meraih mimpinya. Dimana dalam drama tersebut, seorang anak perempuan broken home yang bermasalah, bisa menjadi dokter yang sangat sukses karena cinta yang diberikan oleh neneknya.


keharmonisan rumah tangga



Banyak juga drama Korea yang bercerita tentang pangasuhan. Ada Mother, Oh My Baby atau kak Lala yang suka nonton Hi, Bye Mama.

4. Motivasi Merawat Diri



Siapa yang nggak suka nonton drama Korea yang bertabur keindahan wajah para pemainnya. Nonton drama Korea membuat saya makin rajin merawat diri. Kalau malas pakai skin care malam, bayangan kecantikan Kim Hee-ae langsung muncul. Siapa yang nggak mau tetap cantik di usia 54 tahun seperti pemeran dokter Ji di drama Korea The World of the Married itu? Kalau sudah gitu auto deh rajin pakai skin care, hehe.


keharmonisan rumah tangga


Nonton drama Korea juga membuat saya tahu jenis-jenis skin care Korea. Macam sleeping mask yang jadi salah satu rahasia kecantikan artis Korea. Atau seperti kata mbak Rani, nonton drama Korea jadi tahu 7 tahapan skin care.


Kalau makin rajin merawat diri, pasti kita jadi makin menarik di mata pasangan. Dijamin pasangan nggak akan lirik-lirik yang lain. Trust me!

5. Makin Jago di Dapur


keharmonisan rumah tangga



Setiap drama Korea pasti ada scene makannya. Jadi pas nonton kita jadi tahu macam-macam makanan khas Korea. Mulai dari ramen, kimchi, kimbab atau jjajangmyeon. Kita bisa terinspirasi mencona memasak masakan Korea. Ya biar suami makin betah makan di rumah. Makin cinta karena istrinya jago masak. Aseekk!!!


6. Mendukung Hobi Masing-Masing



Setelah makin sering nonton drama Korea saya jadi nggak sering sebal kalau suami menghabiskan waktu berjam-jam buat meracik kopi. Ya suami saya pecinta kopi, dia suka buat kopi sendiri. Suka menghabiskan waktu menggiling biji kopi, meracik kopi dengan beragam cara hingga menghasilkan segelas kopi yang sangat enak. Biasanya saya suka bete, karena nggak ditemenin, karena dia lebih sibuk meracik kopi. Sekarang, kalau dia sedang meracik kopi saya duduk anteng disebelahnya, sambil nonton drama Korea. Dia juga sering membuatkan saya kopi untuk menemani saya menonton.

keharmonisan rumah tangga



Drama Korea membuat saya dan suami saling mendukung hobi masing-masing. Kalian yang sering ribut sama pasangan karena hobi, coba hadirkan drama Korea dalam kehidupan rumah tangga, niscaya tak ada lagi yang namanya ribut-ribut itu.


Misalnya ada suami yang sering dimarahin istri karena sedang main game, coba istrinya dibayarin langganan Netflik atau Viu, biar saat suami ngegame, istri khusyuk nonton drama Korea. Main game jadi lancar.


7. Panaskan Ranjang



Menonton drama Korea bisa membuat ranjang makin panas lho meski tak banyak adegan ranjang dalam drama Korea. Lho lha terus? Ya dari kiss scene aja bisa lho bikin ranjang jadi panas.

keharmonisan rumah tangga



Penggemar Lee Min Ho pasti sepakat, klo Lee Min Ho adalah aktor yang jago banget adegan kiss. Termasuk dalam drama Korea terbaru, The King Eternal Monarch. Di episode 12 The King: Eternal Monarch, adegan ciuman Lee Min Ho dan Kim Go Eun tak berhenti dibicarakan. Salah satu adegan dalam The King: Eternal Monarch itu bahkan disebut sebagai adegan ciuman terbaik dalam sejarah drama Korea. Adegan dimana Lee Gon mencium leher Jung Tae Eul ini sangat romantis, dan bisa lho dipraktekkan ke pasangan. Siapa tahu nanti bisa lanjut ke babak selanjutnya, hehe.


Ya itu tadi tujuh manfaat menonton drama Korea bagi saya. Ketujuhnya bisa menjaga keharmonisan rumah tangga lho.


Oh ya, selain bisa menjaga keharmonisan rumah tangga, manfaat drama Korea itu banyak lho. Misalnya drama Korea bisa membuat kita nggak stalking medsos seperti kata Kak Alienda. Kan bahaya stalking medsos, apalagi medsosnya mantan. Ya kan? Atau kalau menurut kak  Ima menonton bisa juga buat cuci mata lihat artis-artis Korea yang cantik dan tampan seperti Jo Jong Suk. #JJSFever.


Drama Korea bisa jadi sumber inspirasi dan kreativitas. Seperti Kak Rijo yang bisa terinspirasi menciptakan karakter fiksi karena menonton drama Korea. Atau ada teh Lendy, yang jago banget nulis review drama Korea di blog nya.


Drama Korea juga bisa jadi referensi profesi. Kalau kata kakak Dea, buat anak-anak SMA yang bingung pilih jurusan kuliah, bisa lho nonton drama Korea. Hampir semua profesi dibahas di drama Korea. Mulai dari dokter, polisi, detektif, pengacara, jaksa, sekretaris bahkan profesi kekinian seperti penulis webtoon pun dibahas dalam drama Korea.

Menonton drama Korea juga akan membuat kita ingin pergi kesana, seperti keinginan kak Asri. Kalau menurut Kak Nastiti, nonton drama Korea itu bisa dapet paket komplit ada drean, healing, culture dan passion. Bahkan kalau menurut Kak Rian  menonton drama Korea juga banyak filosofisnya lho.


Meski ada juga efek negatifnya, seperti Kak Gita yang jadi kecanduan dan lupa waktu saat menonton drama Korea.


Ya apapun itu, benar kata kak Dwi. Menonton drama Korea itu berfaedah atau unfaedah, tergantung dari kitanya saja.


So, bagaimana dengan kalian? Apa manfaat yang kalian dapat dari meonton drama Korea? Share yuk

21 komentar

  1. segala sesuatu itu ada positif dan negatifnya ya. ambil yg positif tinggalkan yg negatif

    BalasHapus
  2. Aku jadi malu, Di...
    Itu Pangeran Lee Gon ngajarin siapa?
    Heehhee.... ((panas-dingin))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manfaat menonton memang bisa dirasakan kalau tontonannya samaan yaa..
      hehe...aku sama suami genrenya beda mulu.
      Aku lagi mood yang thriller, suami lagi demen yang medis.

      Jadi kita bahan obrolan siih...

      Hapus
  3. Uwuwuu... manfaat no 7 ajibbbb bangeettt.... priwwwwiiiiit, jadi pingin reinstall lg aplikasi nonton drakor. Krn kerjaan buanyak jd tkt gak bs bagi waktunya hikss

    BalasHapus
  4. bener banget nih mbak. selain quality time nonton drama korea juga bisa membuat hubungan lebih harmonis (fokusnya ke poin nomer 7 aja) hihi.

    BalasHapus
  5. Drama korea itu too good to be true kalo menurutku mbak. Aku bukan tipe yg nonton drakor sering2, cuma karena covid aja nih jadi nonton the world of married sampe kabawa mimpi wkwkwk

    BalasHapus
  6. Bener juga ya manfaatnya. Hihihi. Tapi kalau suami biasanya enggan nonton drakor nih. Gimana ya?

    BalasHapus
  7. Seru banget kalau nonton drama korea mbak, salah satu manfaatnya memang tetap menjaga romantis di tengah keluarga. Kalau urusan masakan juga harusnya makin jago karena lihat di Drakor makanannya rata2 nikmat banget.

    BalasHapus
  8. Nonton Drakor ini bener2 bikin ketagihan loh mbak, hahaha kadang aku aja sampai lupa kalau terlama duduk dan fokus dengan layar hape. Suamiku kadang juga ikut nimbrung kalau aku lagi nonton

    BalasHapus
  9. Sayangnya suami saya engga tertarik nonton drama korea, jadi nonton sendiri deh huhuhu...

    BalasHapus
  10. Boleh juga nih idenya buat nanti daku ganti status hihi, tapi juga drakornya yang bagus juga ya

    BalasHapus
  11. Nonton drama korea bikin nagih, ada segi positif dan negatif dlm drakor ini, ambil yg positifnya saja ya ...

    BalasHapus
  12. Salah satu Drama Korea yang saya tonton bareng dengan partner saya adalah Go Back Couple. Sebel bareng. Sedih bareng. Sensi bareng. Dan memang ya ... nggak selalu mengumbar cinta cintaan, tapi ada pesan yang didapatkan setelahnya.

    BalasHapus
  13. Le Min Hoo jadi salah satu dari 2 artis Korea yang saya tahu.. artis korea satunya lagi adalah Siwon hihihi... saya nggak pernah nonton drakor tapi menikmati teman-teman bercerita soal drakor.. termasuk tulisan ini

    BalasHapus
  14. Hahahaha.... Bener banget nih poinnya mbak... Kalau suami khusyuk main games disaat istri lagi khusyuk nonton drakor pasti gak ada keributan.

    Aku jg sebagai pencinta drakor agak enggak suka ya sama cibiran orang. Itu kan balik lagi tergantung bagaimana orangnya. Kalau kita bisa bijak dalam menonton drama korea atau melakukan apapun aku rasa gak masalah sih.

    BalasHapus
  15. Aku ga suka drakor sih. Suamiku waktu WFH sempet nonton drakor tapi aku ga ikutan haha ternyata ada manfaatnya kalau nonton bareng

    BalasHapus
  16. aku belum pernah sih nonton drakor bareng suami. mungkin nanti bisa dipraktikkan. heu

    BalasHapus
  17. Apa-apa itu emang tergantung niatnya ya mba, termasuk nonton Drakor ini. Bisa bermanfaat kalau tujuannya positif dan bisa jadi unfaedah kalau tujuannya untuk untuk sekedar membunuh waktu misalnya

    BalasHapus
  18. aku gak pernah nonton drakor sama suami, yang ada disuruh berhrnti nonton drama bucin katanya hehehe.. tapi semuanya memang ada positif dan ngetif kita aja yang pilah-pilah kalau memang banyak mudharatnya yah ditinggalkan..

    BalasHapus
  19. Aku terakhir kali nonton drama bareng suami ya si The World of the Married ituuu hahaha. Banyak pelajaran sih yang bisa diambil.

    BalasHapus
  20. Teman kerjaku yang baru juga cerita, istrinya suka ajakin dia nonton drakor akhirnya bisa menangis bersama dan kesel bersama wkwk aku sih ngakak aja dengerin ceritanya :p

    BalasHapus