Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Puasa Tetap Produktif? Bisa Dong! Lakukan 5 Tips Berikut Ini

produktif saat puasa

Sudah masuk hari ke 23 Ramadan ya teman-teman. Tak terasa kita sudah masuk di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan. Hari kemenangan semakin dekat. Tentu ibadah harus lebih gaspol lagi. Puasa tak harus bermalas-malasan. Harus tetap produktif. 

Produktivitas di Saat Puasa

Meski puasa tahun ini masih dalam situasi pandemi seperti tahun lalu, puasa tahun ini cukup berbeda dengan sebelumnya. Tahun ini saya menjadi lebih sibuk lagi. Bukan hanya kesibukan mengurus rumah saja, tetapi juga sibuk bekerja. 

Banyak aktivitas yang saya lakukan di bulan Ramadan tahun ini, antara lain. 

⏺️ Mengajar

Puasa tahun ini saya harus tetap mengajar. Saya mengajar di bimbel terbesar di Indonesia, Nurul Fikri. Saya mengajar secara daring dan luring. Saat mengajar luring, tak lupa tetap mematuhi protokol kesehatan.

produktif saat puasa

⏺️ Content writer

Saya juga mengisi Ramadan dengan tetap produktif sebagai content writer. Kebetulan saat ini saya menjadi content writer untuk dua website, yaitu Kejarcita dan Mommy 101. 

⏺️ Mendampingi anak PJJ

Berhubung masih pandemi, tentunya anak-anak masih harus melakukan pembelajaran jarak jauh alias PJJ. Saat puasa, PJJ  jalan terus, jadi mendampingi anak PJJ menjadi salah satu rutinitas saya di Ramadan kali ini. 

Baca Juga : Ngeblog Produktif dan Bahagia

⏺️ Menulis blog

Saya juga masih aktif menulis blog saat Ramadan. Selain menulis untuk sponsor post, saya juga ikut tantangan menulis, salah satunya ya BPN Ramadan 2021 ini. 

Tips Tetap Produktif Saat Puasa

Tentunya dengan beragam kesibukan yang ada, saya harus tetap menjalankan puasa dan ibadah lain dengan khusyu. Oleh karena itu, saya harus selalu sehat. 

Nah biar badan tetap sehat dan bugar, gaya hidup sehat adalah kunci. Menerapkan gaya hidup sehat adalah kunci utama agar tetap produktif saat puasa. 

Lalu bagaimana ya gaya hidup sehat itu? Lima tips ini bisa dilakukan agar punya gaya hidup sehat. 

⏺️ Lakukan aktivitas seperti biasa

Saat Berpuasa lakukan aktivitas seperti biasa. Puasa jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Bergerak melakukan beragam aktivitas bisa membuat tubuh tetap sehat. Cukup mengurangi aktivitas yang menguras tenaga saja, selebihnya jalani seperti biasa. Jangan jadi kaum rebahan saat puasa!

⏺️ Istirahat cukup

Saat bulan Ramadan kurangi begadang ya. Pastikan selama Ramadan bisa tetap istirahat yang cukup. Meski harus bangun awal karena makan sahur, pastikan saat malam juga tidur lebih awal. Dengan istirahat yang cukup, tubuh bisa tetap sehat dan bugar. Jadi kita punya amunisi untuk beribadah sebanyak-banyaknya di bulan penuh berkah ini. 

⏺️ Olahraga

Selama puasa tetap lakukan olahraga secara rutin. Olahraga saat puasa sangat dianjurkan lho, karena terbukti punya banyak manfaat. 

produktif saat puasa

Dalam jurnal Obesity tahun 2017 menemukan bahwa periode puasa teratur lebih efektif daripada pembatasan kalori secara keseluruhan dalam membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga : Olahraga Saat Puasa? Bisa Kok! Ikuti 3 Tips Berikut

Selain itu, manfaat olahraga saat puasa sangat penting untuk menjaga kesehatan, kebugaran, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Saat puasa lakukan olahraga di saat sebelum sahur atau sore sebelum berbuka. Lakukan olahraga yang ringan-ringan saja, misalnya jalan kaki, bersepeda, yoga, atau taichi. 

Ingatlah, sesi olahraga pada bulan puasa tidak boleh melebihi 60 menit. Selain itu, batasilah olahraga kardio sebanyak 2 kali saja dalam seminggu.

⏺️ Patuhi protokol kesehatan

Berpuasa di tengah pandemi jangan lupakan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Apalagi jika masih harus sering beraktivitas di luar rumah. 

Lakukan protokol kesehatan 5 M

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan dengan sabun
  • Menjaga jarak
  • Menghindari kerumunan
  • Mengurangi mobilitas

⏺️ Nutrisi seimbang saat buka dan sahur

Penuhi kebutuhan gizi selama puasa. Pastikan mengkonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang saat buka dan sahur. 

Baca Juga : Tiga Resep Mudah dan Praktis Saat Stay At Home

Ketika puasa, tubuh harus mendapat nutrisi yang cukup agar tetap terjaga kesehatannya.

Dokter spesialis gizi klinis, Tirta Prawita Sari, mengatakan bahwa poin terpenting dari menjaga kebugaran tubuh saat puasa adalah dengan memastikan kebutuhan zat gizi harian terpenuhi saat sahur dan berbuka puasa. Rata-rata setengah dari kebutuhan energi berasal dari karbohidrat, 30 persen dari lemak, dan 15 persen dari protein.

Memilih jenis lemak yang baik dan mengurangi gorengan akan membuat tubuh lebih bugar. Pastikan sumber karbohidrat berasal dari bahan karbohidrat kompleks dan sedapat mungkin hindari karbohidrat sederhana, seperti gula dan sirup. 

Baca Juga : 6 Tips Gaya Hidup Sehat Selama Puasa di Tengah Pandemi

Nah itu tadi cerita bagaimana saya bisa tetap produktif saat puasa. Bagaimana dengan teman-teman? Apa punya tips untuk tetap produktif saat puasa? 

Yuk saling sharing di kolom komentar...

Terima kasih

#Day23

#BPNRamadan2021

22 komentar

  1. Selama puasa tetap bisa produktif ya, bahkan olahragapun bisa dilakukan dengan pengaturan waktu yang tepat dan pilih olahraga yang tidak terlalu berat. Semangat buat teman-teman yang menjalankan puasa, gak terasa udah mau Lebaran bentar lagi ya :)

    BalasHapus
  2. aku juga tetap ngantor dan bahkan beberapa kali traveling karena pekerjaan di saat Ramadhan mba. Well, yang penting kita jaga energy levelnya ya

    BalasHapus
  3. Wah udah mulai aktivitas ngajar luring. Sehat selalu ya, Mak. Aku juga puasa kali ini jadi lebih sibuk dibanding tahun kemarin. Terus olahraganya (yoga) malah udah lama kendor pake banget. Pagi-pagi abis subuhan suka tarik selimut lagi jadinya hahaha. Mudah-mudahan aku bisa segera rajin kembali olahraga minimal yogaan 15-30 menit

    BalasHapus
  4. mantap banget mba sangat2 produktif walau puasa yaa..
    btw bimbel sudah ada yg masuk tatap muka jg ya ternyata.


    semga sehat2 selalu mba

    BalasHapus
  5. Salah satu tipsnya: rutin minum KOJIMA :D
    Kompasianer can relate dg tips ini y mba wkwkwk
    Semoga amal ibadah kita diterima ALLAH dan mendapat keberkahan

    BalasHapus
  6. Bulan puasa ini saya malah jadi rajin ke kantor mbak, jatahnya 2 hari WFO dan 3 hari WFH. Berhubung kalau di rumah bawaannya malah ngantuk aja, jadinya walau jatah WFH saya tetap ke kantor, tapi setengah hari aja. Usai dhuhur udah pulang

    BalasHapus
  7. Walau sedang berpuasa bukan alasan untuk mager ya Mba, justru kalau kurang gerak bawaannya malah ngantuk, haha. Dengan dua Krucils di Rumah ditambah WFH, aku pun ada aja alasan geraknya, semangaaat.

    BalasHapus
  8. Bener banget nih. Meski puasa harus tetap produktif. Tentu aktivitas sbg ibu rt juga penulis harus tetep jalan dong. Yuk tetep semangat!

    BalasHapus
  9. Kalau menganggap bahwa puasa itu hal biasa yang memang harus dilakukan, maka tidakakan mengganggu produktivitas. Malah terlupakan oleh aktivitas produktif seperti kegiatan Mbak Diah nih. Beda kalau selama puasa badan dan otaknya dianggurin.... pasti gampang lapar dan pengen segera makan. hihihi

    BalasHapus
  10. Nah menulis blog emang menjadi sumber produktifitas juga mba. Melaksanakan kegiatan kalau senang tuh bikin semangat untuk selalu produktif

    BalasHapus
  11. Wah ternyata bu guru bimbel tooo
    Idem puasa gini kalau aktivitasnya banya justru waktu berjalan cepet dan gak kerasa ya.
    Yg penting sibukkan diri dengan hal2 yang positif.

    BalasHapus
  12. olahraga ini berkurang selama Ramadan, paling stretching doang mba di rumah.

    BalasHapus
  13. selama ramadhan aku nggak produktif nih mbaaa.... bawaannya tidur (karena tidur kan ibadah ya) *kabur sebelom digetok bu guru hihihi*

    BalasHapus
  14. Biarpun puasa tetap bisa melakukan kegiatan positif ya mak. Aku selama ramadan ini paling kerja aja.

    BalasHapus
  15. Bener banget walaupun puasa tetap harus produktif karena emang kalau puasa jujur aku juga kadang bawaannya ngantuk gitu tapi tetep harus produktif

    BalasHapus
  16. Kalau aku memang dari awal pandemi sudah berjanji sama diri ini harus tetap produktif walau di rumah saja, apalagi puasa. alhamdulillah sampai hari ini masih produktif.

    BalasHapus
  17. Pastinya tetap produktif karena Kompasiana aku
    Nulis ODOP masih ngos-ngosan karena anak anak masih kecil
    Belum lagi kudu struggling buat survive

    BalasHapus
  18. Hampir sama tipsnyaa, buatku puasa ya biasa aja, kegiatan seperti biasa, dan yang terpenting buat dirimu happy, insyallah klo happy makin produktif.

    BalasHapus
  19. iyes walaupun puasa tapi harus tetep produktif ya maaak.. aku kadang suka nggak produktif nih. huhuhu. nanti mau cobain tipsnya aaah. makasi sharingnya maaak

    BalasHapus
  20. alhamdulillah blog tetap produktif makk di ramadan kali ini, semoga tetap produktif kita ya ramadan atau tidaak
    yang penting kita hepiii ngerjainnya \
    ramadan bukan berarti diem aja kann

    BalasHapus
  21. Wah mantap mba masih ngajar segala. Aku produktif = kerjaan domestik selesai. Hehe. Pas ga ada mbak gini udah pada mudik Mbaknya. Klo ada mba bisa slsai tuh video youtube, blog, podcast dll. Hehe. Tetap semangat dan jaga kesehatan

    BalasHapus
  22. Aku nulis blog nya agak stagnan nih selama Ramadhan. Kayaknya musti dibayar pas habis lebaran deh

    BalasHapus