Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Serunya Live bareng Johayo Show

Johayo Show


Annyeong...

Apa kabar teman-teman? 

Semoga selalu sehat dan bahagia ya..

Hari ini saya lagi hepi banget lho!! Barusan selesai live siaran Johayo Show radio RPK FM Jakarta bersama classmate Drakor Class, mbak Rella dan mbak Asri. 

Johayo Show

Johayo Show
Johayo Show | RPK FM


Johayo Show adalah salah satu program dari radio RPK FM Jakarta. Ini program yang membahas serba serbi budaya Korea, mulia dari drama Korea, K-Pop Idol, Film Korea dan beragam topik terhangat seputar dunia Korea. 

Baca Juga : The King Eternal Monarch , Kisah Cinta Dua Dunia yang Penuh Kontroversi

Dan sebuah kebanggan tersendiri nih. Di umur Drakor Class yang ke 8 bulan ini, Drakor Class resmi menjalin kolaborasi bersama radio RPK FM ini.  Dua minggu sekali classmate Drakor Class akan mengudara bersama RPK FM!!! 

Drakor Class akan mengisi program Johayo Show ini sampai bulan Agustus, pengennya seterusnya ya, heheh.  Kita bakal seru-seruan membahas all about dunia Korea!! 

Siaran Pertama Johayo Show
Johayo Show
Johayo Show 1'st | Lendyagasshi

Hari ini, 12 Juni 2021 menjadi siran pertama Drakor Class di RPK FM. Johayo Show pertama ini membahas tentang makluk mitologi Korea Selatan yang sering diangkat dalam drama Korea. 

Siaran hari ini dipandu oleh Kak Poppy. Kami berempat live melalui skype. Siaran hari ini nggak hanya bisa didengerin langsung melalui radio RPK FM, tapi juga bisa didengar lewat YouTube RPK FM dan streaming radio. 

Hmm jujur, agak deg deg an pas siraan. Apalagi ini siaran pertama. Tapi alhamdulillah, so far so good. Memang ada beberapa kendala teknis sih. Tapi itu nggak mengurangi keseruan kami membahas makluk mitologi dalam drama Korea. 

Makluk Mitologi

Makluk mitologi ini adalah makluk-makluk yang berasa dari mitos-mitos di Korea. Mereka juga disebut makluk astral, karena tak kasat mata alias gaib. Atau bisa disebut makluk halus. Tenang, klo makluk halus di drakor nggak serem kok!! 

Makluk mitologi ini memang sering diangkat menjadi cerita dalam drakor ya. Mungkin karena drkat dengan kehidupan masyarakat, namanya juga mitos. Pasti sangat diingat oleh masyarakat setempat. 

Drakor yang mengangkat kisah makluk mitologi ini selalu dikemas dalam cerita yang menarik. Misalnya Goblin, drakor yang meraih rating tinggi saat penayangannya dulu. 

Selain itu juga, visualisasi makluk astral dalam drakor, digambarkan dengan sangat menarik. Ini yang membuat penonton nggak takut meski ceritanya tentang makluk astra. Siapa yang takut klo Jeoseung-saja a.k.a malaikat mautnya sekeren Lee  Dong Wook dalam drama Korea Goblin, ya kan? Hehehe. 

Ada banyak makluk mitologi yang diangkat dalam drama Korea selain Goblin dan Gumiho. Ada Jeoseung-saja (malaikat maut), Imoogi, Gwinshin dan lain sebagainya. 

Baca Juga : Ini Dia 4 Prediksi Ending Drama Korea Tale of the Nine Tailed

Kalau mau tahu drama yang banyak mengangkat kisah makluk mitologi, teman-teman bisa nonton Hotel del Luna dan Tale of the Nine Tailed. 

Gumiho, Makluk Mitologi Terfavorit

Diantara banyak makluk mitologi yang ada di Korea Selatan, sepertinya Gumiho adalah yang paling favorit. Banyak kisah drama Korea yang bercerita tentang Gumiho. Mulai dari My Girlfriend is A Gumiho (2010), Gu Family Book (2013), Tale of the Nine Tailed (2020) dan yang terbaru, My Roommate is A Gumiho (2021).

Baca Juga : Makluk Astral yang Muncul dalam Drama Korea

Cerita rubah berekor sembilan alias gumiho memang selalu menarik diikuti ya. Meski kebanyakan mengangkat hal yang klise : cinta antara manusia dan gumiho, tetap saja menarik untuk ditonton.

Dan Lee Dong Wook adalah Gumiho favorit saya! Tale of the Nine Tailed memang drama mitologi favorit saya. Kalau mbak Asri sukanya sih My Girlfriend is A Gumiho, dan mbak Rella sukanya Hotel del Luna. 

Rekomendasi Drama Korea Mitologi

Johayo Show

Selain drama-drama yang sudah pernah tayang seperti Goblin, Hotel del Luna, Tale of the Nine Tailed, My Girlfriend is A Gumiho, Gu Family Book, Oh My Ghost, ada juga drama Korea mitologi yang sedang ongoing. Ada My Roommate is A Gumiho dan Doom at Your Serrvice. 

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Drama Ongoing Lebih Layak Ditonton

Bagi teman-teman pecinta drama Korea genre fantasy, cerita makluk mitologi memang menarik diikuti. Teman-teman bisa memilih drama-drama diatas untuk menjadi teman tontonan saat di rumah saja. 

Penutup

Okey, sekian cerita saya tentang pengalaman live bersama Johayo Show. Senang sekali menjadi bagian Drakor Class yang selalu memberikan pengalaman baru bagi saya. 

Semoga Johayo Show berikutnya lebih sukses lagi. Jangan lupa untuk mendengarkan ya. Simak informasinya di instagram Drakor Class. 

Jadi, drama Korea mitologi apa yang jadi favorit teman-teman? Share di kolom komentar ya..

Terima kasih. 



29 komentar

  1. Bangga sama kalian. Selamat!❤️

    BalasHapus
  2. Keren sekali Drakor Class. Walau usianya baru 8 bulan tapi sudah cukup tinggi tangga yang dicapai.

    Iya lho, banyak juga makhkuk mitologi korea yang diangkat ke drama selain gumiho dan goblin. Di Hotel Del Luna udah cukup nemu beberapa. Pengen nonton yang Doom at Yoyr Service deh. Nunggu tamat tapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, alhamdulillah Drakor Class bisa cepat berkembang
      nonton kak, Doom bagus

      Hapus
  3. Wahhh ternyata diluar sana terdapat makhluk-makhluk seperti itu yaa, tapi bener sih beberapa aku nonton drama korea yang horror ini hantu-hantunya gak serem serem banget.. Bahkan ada hantu yang cantik banget huhuh..

    Wahhhh ak dah nonton tuh film My Girlfriend is Gumiho, yang jadi gumihonya cantik banget weh.. Maulahhh jadi pacarnya jugaa aaaaaaaaaa

    BalasHapus
  4. Yuhuu, daebaakk nih drakor class
    memang kliatan passionate banget kalian ini mba, terhadap serba/i koreyaahh
    semogaa nanti terus berlanjut bisa siaran masup TV atau channel YT Atta Halilintar/ Raffi Ahmad dst :D

    BalasHapus
  5. Ada ya acara kaya gini. Aku yang ketinggalan kayanya, hahaha. Udah lama gak dengar radio. Jadi ngobrolin berbau Korea, paling baca-baca aja sih

    Semoga tambah maju Drakor Class

    BalasHapus
  6. keren ih Drakor Class... Semoga makin berkibar ya..makin banyak yang ajakin live emang unik sih macam komunitas pecinta drakor gini..hehe...

    BalasHapus
  7. Aku baru tahu ada Drakor Class mam... Seru banget ya acaranya... Ngga di dalam atau di luar negeri, makhluk mitologi tuh bikin penasaran.

    BalasHapus
  8. Baru tahu ada Drakor Class. Kayaknya seru banget ya... Btw,makhluk mitologi memang selalu bikin penasaran.

    BalasHapus
  9. Kok seru banget sih Drakor Class, tapi aku pun lagi senang banget nungguin si Gumiho tiap minggu. Selain melihat wajah dingin Jang Ki Yong, minta disayang-sayang banget gitukan.

    BalasHapus
  10. Aku dulu nonton drakor ghost-nya Korea tu lah kok cute semua. kecuali yang dia labelin horor yaaa
    Seneng banget makhluk mitologi mereka perkenalkan dengan cara imut gini, ga kayak Indonesia, senengane nakut nakutin pemirsah bahahahahaaa

    BalasHapus
  11. eh ini beneran ya, awalnya aku kira ini acara di korea sana ternyata di jkt ya. pasti ini dinantikan banget bagi para penyuka all about korea ya

    BalasHapus
  12. Detu juga kali ya nonton Drakor Class. Ceritanya sihvtp rada serem ya tentang makhluk mitologi atau manusia2 gaib atau astral. Dan menariknya ada diantaranya yg jd favorite yg disebut Genimo(?). Jd penasaran pengen nonton juga. Di mana dan siapa yg mau nemenin?

    BalasHapus
  13. drakor class ini banyak membahas tentang drakor dan juga informasi terkait di dalamnya, termasuk membahas seputar korea selatan yang pastinya seru

    BalasHapus
  14. makhluk mitologi favoritku Goblin yang diperankan Gong Yo, itu sebelum ada Gumiho yang diperankan Jang Ki Yong, wkwkwk. Dua ini aja deh buatku yang bikin gak bisa move on. Dan drama favoritku emang yang fiksi kayak gini, semakin gak mungkin ada di dunia nyata semakin seru dan aku pengen nonton, wkwkwk

    BalasHapus
  15. Waaah seru banget siarannya, Mbak. Bicara soal Gumiho, dari sekian banyak judul aku cuma nonton yang masih on going, nih, My Roomate is A Gumiho. Dan bicara soal budaya di Korea, aku sering racunin suamiku soal ini. Dia lebih tertarik ngebahas budaya Korea, daripada kalau aku ngebahas drama-dramanya. Hahahaha.

    BalasHapus
  16. Akhirnya aku tahu apa itu gumiho, sering dengar tapi nggak tahu apa itu, sukses kolaborasinya yaa keren banget acaranya!

    BalasHapus
  17. Dari judul yang disebut, yang bercerita tentang Gumiho, baru Tale of the Nine Tailed yang sudah aku tonton. Lee Dong Wook ini kayaknya spesialis jadi mahluk astral ya hihi dan tampangnya itu mendukung banget, beda dengan aktor lain. Aku pertama liat dia pas berperan di Goblin.

    BalasHapus
  18. Keren Drakor Class....sukses untuk Johayo Show-nya bersama Radio PPK FM yang ngunpas tuntas all about Korea. Serius dengan sharing begini banyak yang lebih tahu segala info terkait Korea.

    BalasHapus
  19. Keren banget kolaborasinya mbak, dari kesamaan kegemaran nonton drakor, sampai punya grup khusus dan siaran secara langsung di radio

    BalasHapus
  20. Aku tahunya ya itu sih sama, goblin, gumiho dll hehe
    Tapi herannya kalau di drakor gak dibikin serem dan mengerikan ya :D
    Malah dibikin banyak yang co cweet dan baik :D
    Eh Johayoshow ini akan konsisten tiap Sabtu atau gimana nih mbak?

    BalasHapus
  21. Aku tahunya guminho itu di review drakor yang pernah aku baca. Ada juga kehebohan goblin dan gumiho di twitter meski udah lama. Ikut keseruannya aja, dan bener sih nggak sehoror makhluk halus di negeri ini ya, hahahaa

    BalasHapus
  22. wohoo kalau mau review all about korea musti ikut drakor class nih ya kak dan dengerin Johayo Show biar akrab sama istilah dan segala hal yang berbau korea ya...

    Iya bener Gumiho ini banyak banget ya jadi bagian dari mitologi yang masuk dalam drakor

    BalasHapus
  23. Aku penasaran sm yg my roommate itu nanti. So far untuk film2 diatas aku excited pas nonton hotel del luna. Aku tu sk kalo udh bawa2 mago sm malaikat maut. Haha

    BalasHapus
  24. aku baru suka drakor mba dan baca ni jadi penasaran pengen nonton Goblin, gumiho soalnya sempet liat sih di Netflix serial Goblin hahaha seru yah

    BalasHapus
  25. Seru juga ya bincang-bincang seputar perdrakoran dan budaya yang terselip di balik ceritanya. Korea ternyata punya juga ya makhluk astral, dikemas dalam filmnya yang apik. Kapan ya Indonesia bisa mengemas makhluk-makhluk astralnya tanpa unsur horor di dalamnya?

    BalasHapus
  26. ASiik~
    Kayanya ketagihan siaran niih..
    Nanti dicolek-colek lagi yaa...kalau ada tema yang seru buat di obrolin bareng RPK FM.

    Gomawoyo, DK-sshi.

    BalasHapus
  27. Keren banet sih ini, luar biasa drakorrclas menggebrak ya Mbak
    aku udah denger dari Eoni Lendy soal web ini. Gumiho idola memang menggemaskan

    BalasHapus