Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

5 Tip Blogging Ala Mom Blogger, Blogging For Fun and Earn Money Too

 

Tip blogging

Halo, teman deestories

Apa kabarnya? Semoga selalu baik, ya! 

Di tantangan ke 12 BPN Ramadan 2022 ini saya mau cerita tentang tip blogging ala mom blogger. 

Bagi saya, menjadi mom blogger selama 4 tahun terakhir ini sungguh sebuah perjalanan yang luar biasa. Saya tidak menyangka bahwa saya bisa mencapai titik seperti saat ini, ketika mulai menulis blog di tahun 2017 lalu. 

Pastinya, semua pengalaman yang saya alami membuat saya banyak belajar. Bahwa, menjadi mom blogger itu nggak mudah!

Tantangan Mom Blogger

Mengapa menjadi mom blogger itu tidak mudah? Pastinya karena kesibukan menjadi seorang ibu itu sudah banyak. Lalu nambah kesibukan baru, jadi blogger. Setidaknya itulah yang saya alami. 

Menjadi ibu yang bekerja di ramah domestik, membuat saya lebih banyak menghabiskan waktu bersama anak-anak. Waktu saya banyak tersita untuk urusan-urusan domestik. Mengurus anak, suami, rumah hingga anabul, eh gimana. 

Ini yang membuat saya terkadang keteteran jika ada banyak job blogging. Pengennya sih nggak keteteran, tapi kalau nggak diambil ya sayang duitnya! Duh matre nya...

Manajemen waktu menjadi tantangan terbesar saya saat menjadi mom blogger. Bagaimana saya bisa mengatur waktu dengan baik dalam menjalankan semua peran yang saya miliki. Ya jadi ibu rumah tangga ya jadi mom blogger.

Iya, manajemen waktu ini masih jadi PR besar saya. Belum lulus juga saya! 

Tapi saya sudah berusaha mengatur waktu dengan baik. Mulai dari menyusun skala prioritas, membuat jadwal to do list hingga menulis jurnal harian. Alhamdulillah sedikit demi sedikit mulai ada perbaikan.  

Tip Blogging Ala Mom Blogger

Lalu, apakah ada tip blogging yang ingin saya coba? Pasti ada. Banyak malah! Tapi nggak jadi dilakukan. Why? Sadar diri, nggak semua tip blogging bisa cocok dengan kondisi saya ini. Mom blogger dengan segala kerempongannya. 

Pengennya sih bisa menguasai teknik SEO sambil nulis artikel dengan storytelling yang ciamik gitu. Atau gampangnya bisa jago nulis artikel yang SEO friendly. 

Belajar SEO sudah sih, meski sambil terseok-seok. Belajar storytelling terus sih, meski mungkin belum sempurna. 

Atau yang paling bikin penasaran adalah tip menang lomba blog. Iya, menang lomba blog masih jadi tantangan terbesar perjalanan blogging saya. Puluhan lomba blog yang diikuti, cuma segelintir saja yang menang. 

Sering juga insecure lihat teman-teman yang sering banget menang lomba. Kok bisa ya, sesering itu menang lomba. Tapi setelah saya pikir-pikir, kebanyakan yang menang lomba itu yang fokus. Fokus di sini, emang jarang ikutan job ngeblog. Jadi seperti lebih banyak ngeblog buat ikutan lomba. Meski ada juga yang ya ngejob ya ngelomba. Itu mah super banget. Biasanya sudah mastah blogger itu. 

Lha saya, duh banyak nggak fokusnya. Kerjaan blog kanan kiri diambil. Belum lagi tawaran jadi influencer di sosial media. Maruk ya? Tapi, mau gimana lagi. Cuan itu harum baunya! 

So, daripada saya stres sendiri mikirin tip blogging ini itu, maka lebih baik buat tip blogging sendiri. Tip blogging ala mom blogger. Tip yang bisa membuat mom blogger tetap bahagia saat ngeblog dan tentunya tetap bisa dapat cuan. 

Baca Juga : Ngeblog Produktif dan Bahagia

Apa tipnya? Berikut tip blogging ala mom blogger.

1. One day one post

One day one post adalah tip blogging yang lumayan konsisten saya lakukan. Menulis satu artikel setiap hari terbukti bisa melatih skill menulis saya. Bahkan, juga bisa meningkatkan performa blog. 

Pertama punya blog, saya selalu konsisten menulis satu artikel setiap hari. Ini yang akhirnya mengantarkan saya menjadi seorang profesional blogger. 

Dapat tawaran pekerjaan blogging karena konsisten menulis di blog. Bahkan, bisa nulis buku dan jadi pembicara di acara-acara komunitas ya karena artikel-artikel yang saya tulis setiap harinya. 

Jadi, sampai sekarang tip blogging one day one post ini masih relevan buat saya. Cocok buat blogger pemula. Buat mom blogger juga cocok!

2. Upgrade skill

Tip kedua adalah jangan pernah berhenti untuk terus belajar. Apalagi buat saya yang memulai blogging dengan bermodal suka nulis. Nyatanya, ngeblog nggak hanya tentang menulis saja. 

Banyak skill-skill lain yang harus saya kuasai. Mulai dari teknik SEO, fotografi, videografi hingga mengelola media sosial. 

Semua skill tersebut tetap saya pelajari. Meski sedikit demi sedikit dan pelan-pelan. Menyesuaikan keadaan saya. 

Intinya tetap semangat upgrade skill. Meski hasil belum maksimal, yang penting ada perbaikan. Ada progres. 

3. Aktif berkomunitas

Penting banget buat seorang blogger untuk aktif berkomunitas. Bagi saya komunitas adalah pembuka jalan menjalani karir sebagai blogger. Pertama kali menjadi seorang blogger adalah saat diajak oleh mbak Avy, bergabung dalam komunitas BLITZ. Bersyukur bisa gabung di BLITZ, komunitas blogger pertama saya. 

Kini selain BLITZ saya juga bergabung di beberapa komunitas blogger dan kepenulisan. Mulai dari Blogger Perempuan Network, IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis), Blogger Crony, KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional), Emak Blogger, ISB, Drakor Class dan BRT. 

Komunitas menjadi tempat saya belajar dan bertumbuh. Komunitas juga bisa memberikan saya beragam peluang mendapatkan pekerjaan blogging. 

Aktif berkomunitas ini artinya juga terlibat dalam berbagai acara komunitas. Take and give gitu. Jangan hanya aktif saat ada acara bagi-bagi job saja. Pererat silaturahmi antar sesama anggota komunitas. 

4. Profesional

Lakukan setiap pekerjaan blogging secara profesional. Pahami dan laksanakan semua poin-poin yang ada pada brief. 

Hasilkan artikel yang baik dan orisinil. Berikan yang terbaik untuk semua pekerjaan. Agar klien puas. 

5. Branding

Branding itu penting! Apalagi buat seorang blogger. Jumlah blogger itu banyak. Pastikan punya ciri khas yang membuat kita dikenal. 

Baca Juga : Tips Membangun Personal Branding Content Creator Ala IDN Creator Network

Selama ini saya selalu mem branding diri saya sebagai mom blogger. Maka tulisan-tulisan saya kebanyakan adalah cerita-cerita tentang perjalanan pengasuhan. 

Blogging For Fun and Earn Money Too

Itu tadi 5 tip blogging ala mom blogger yang ingin saya lakukan. Saya ingin ngeblog dengan bahagia, tetapi juga tetap menghasilkan. Blogging for fun and earn money too. 

Sepakat? 

#BPNRamadan2022

#Day12

8 komentar

  1. Keren banget buns.. informatif banget kontennya. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Hebat banget bisa nulis satu pos sehari. Molly masih belom bisa nulis blog satu tulisan sehari. Mesti ikutan challenge dulu biar bisa ngeblog tiap hari. Semoga terus istikomah ya mbakm

    BalasHapus
  3. MashaAllah~
    Sudah 5 tahun berkecimpung di dunia blogging yaa, Di.. Pantas saja, tulisan Dian terkait apapun terasa nyaman dan enakeun dibacanya.
    Aku sering banget merasakan pressure terkait menulis job. Jadi masih sangat pilih-pilih.

    Dian keren banget.
    Bener sih yaa.. cuan itu wangi, bebh.
    Harus banget ikhtiar dan berusaha sebaik-baiknya agar tujuan tercapai dan kita sebagai perempuan juga bisa aktualisasi diri.

    BalasHapus
  4. Hehe alhamdulillah dengan menulis tiap hari bisa mengatur waktu kita lebih baik dan makin disiplin lgi yaa Mbak, aku jg ikut tantangan menulis tiap hari ini selama bulan puasa dan kerasa sih manfaatnya menjadikan kta disiplin deh. ~Ulfah Aulia

    BalasHapus
  5. Aku sedang membujuk mamaku supaya mencoba ngeblog untuk mengisi keseharian, semoga saja cocok hehehe

    BalasHapus
  6. saya belum berani eh nyoba nulis one day one post ini. soalnya masih belum disiplin dalam hal menulis. kalau sekarang targetnya 2 kali seminggu minimal posting di blognya walau kadang diseling tulisan sponsor juga. he

    BalasHapus
  7. Wah aku juga mulai belajar kearah sini nih, biar lebih teratur aja. Biar bisa kayak orang orang juga yang punya banyak penghasilan dri blognya hha

    BalasHapus
  8. Sesudah baca dan pelan-pelan masuk ke tips tersadar. manajemen waktu adalah koentji!

    menyusun skala prioritas, membuat jadwal to do list hingga menulis jurnal harian sedang jadi PE ER skala terbesarku - walau sesekali kelewatan sih

    BalasHapus