Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Sebelum Terjun Investasi, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Obligasi Berikut

 

Sumber: https://www.pexels.com/photo/person-putting-coin-in-a-piggy-bank-1602726/ 

Secara singkat, investasi merupakan sebuah kegiatan penanaman modal yang memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan. 

Saat ini investasi telah berkembang dan banyak dilakukan oleh masyarakat sebagai salah satu cara untuk memperoleh keuntungan. Salah satu jenis dari investasi yaitu obligasi. Obligasi merupakan surat utang negara baik berjangka panjang maupun berjangka pendek yang bisa diperjualbelikan. Obligasi memiliki beberapa jenis. Jenis obligasi di antaranya yaitu obligasi pemerintah, obligasi korporasi, dan obligasi ritel.

Bagi Anda yang tertarik terhadap dunia investasi dan berminat untuk mencoba berinvestasi dengan jenis obligasi, Anda patut mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Selengkapnya akan dijelaskan melalui artikel ini.


Kelebihan dan Kekurangan Obligasi 

Sebelum memulai berinvestasi, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh investasi obligasi. Kelebihan dan kekurangan ini bisa Anda jadikan sebagai patokan atau bahan penentu apakah investasi obligasi ini cocok untuk Anda.

Kelebihan Obligasi

Untuk bisa dijadikan sebagai pertimbangan, beberapa kelebihan dari melakukan investasi obligasi di antaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Mendapat Kupon Secara Rutin

Kelebihan yang tentunya menguntungkan apabila Anda berinvestasi obligasi yaitu Anda akan mendapatkan kupon atau bunga secara rutin dalam jangka waktu tertentu entah per bulan, per 3 bulan, maupun per 6 bulan.

  1. Mendapat Capital Gain

Capital gain merupakan keuntungan yang dialami oleh investor saat melakukan penjualan kembali atas aset obligasi. Keuntungan ini didapat dari selisih antara harga jual dan harga beli.

  1. Bisa Dijadikan Sebagai Agunan

Jenis investasi ini nyatanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan jaminan atau agunan untuk meminjam uang kepada bank. Investasi obligasi juga bisa dijadikan jaminan apabila hendak membeli saham.

  1. Investasi yang Aman

Investasi obligasi dikatakan sebagai sebuah investasi yang aman sebab aturan transaksinya tertuang dalam UU No. 24 Tahun 2002. Dengan tercantum dan terikat dengan undang-undang, maka investasi obligasi ini lebih terjamin keamanannya. 

  1. Ada Keuntungan Berupa Kupon 

Dengan berinvestasi obligasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam bentuk kupon. Nilai dari kupon yang didapatkan dari investasi obligasi ini relatif lebih besar daripada rata-rata bunga deposito. Besarnya nilai kupon akan bergantung kepada jangka waktu atau lamanya periode investasi obligasi.




Kekurangan Obligasi

Sumber: https://www.pexels.com/photo/photo-of-man-using-smartphone-4048595/ 

Tidak hanya kelebihan saja, namun obligasi juga memiliki kekurangan. Supaya Anda bisa mendapatkan pencerahan sebelum terjun berinvestasi, ketahui pula beberapa kekurangan yang dimiliki oleh investasi obligasi berikut.

  1. Tingkat Kupon Bergantung Pada Besaran Bunga di Pasar Keuangan

Kekurangan yang pertama apabila Anda berinvestasi dalam bentuk obligasi yaitu dilihat dari tingkat kupon yang didapatkan. Besaran kupon dari investasi obligasi akan bergantung dan mengikuti besaran bunga acuan di pasar keuangan. 

Apabila nilai bunga di pasar turun maka kupon dari investasi obligasi juga akan turun, begitupun sebaliknya.

  1. Ada Kemungkinan Mengalami Kerugian

Meskipun merupakan investasi dengan tingkat keamanan yang tinggi, namun sebagai sebuah investasi, obligasi tetap memiliki kemungkinan untuk mengalami kerugian.

  1. Ada Kemungkinan Ditarik Oleh Penerbit Obligasi Sebelum Waktunya

Kekurangan berikutnya dari berinvestasi obligasi yaitu adanya kemungkinan lembaga yang menerbitkan obligasi melakukan penarikan meskipun saat itu belum tibanya jatuh tempo.

  1. Tingkat Pengembalian Dana Bergantung Pada Ekonomi Negara

Selain bunga yang bergantung pada besaran bunga di pasar keuangan, kekurangan dari obligasi yang juga bisa Anda alami yaitu dalam hal pengembalian dana yang juga bergantung pada situasi dan kondisi dari perekonomian negara.

  1. Ada Kemungkinan Risiko Capital Loss

Capital loss merupakan kondisi dalam dunia investasi ketika seorang investor mengalami kerugian yang diakibatkan oleh nilai investasi yang mengalami penurunan saat investor memutuskan untuk menjual obligasi sebelum jatuh tempo. Melakukan investasi obligasi membuat para investor memiliki kemungkinan untuk menghadapi risiko ini. 

  1. Tidak Selalu Bisa Dicairkan 

Beda dengan investasi dalam bentuk lain seperti misalnya bentuk saham, keuntungan yang didapatkan dari investasi obligasi tidak bisa dicairkan secara mendadak atau sesuai dengan kehendak Anda. 

Hal ini juga dapat dikatakan bahwa obligasi bukan merupakan jawaban yang tepat apabila Anda memerlukan dana untuk kepentingan mendesak atau singkatnya obligasi tidak bisa dijadikan sebagai dana darurat.

Dengan adanya beberapa kelebihan dan kekurangan dari investasi obligasi yang telah dijelaskan di atas, maka Anda bisa memikirkan atau mempertimbangkan kembali apabila berkeinginan untuk terjun ke dunia investasi yang dalam kasus ini lebih spesifik yaitu investasi dalam bentuk obligasi.

Tertarik dengan Investasi Obligasi Pemerintah? DBS Treasures Pilihan yang Tepat

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari investasi obligasi, jika Anda tertarik untuk mencobanya maka Anda harus menemukan mitra yang cocok. DBS Treasures bisa menjadi jawaban yang tepat apabila Anda sedang mencari mitra untuk memulai investasi obligasi pemerintah

Beberapa keuntungan ketika Anda melakukan investasi dengan perbankan prioritas DBS Treasures, yaitu sebagai berikut.

  • Kupon Reguler

Anda akan diberikan pendapatan reguler dalam bentuk kupon secara berkala selama masih dalam periode investasi

  • Potensi Capital gain

Anda juga bisa menjual beberapa jenis Obligasi ini sebelum waktunya jatuh tempo untuk memperoleh keuntungan

  • Kupon Kompetitif

Kupon yang diberikan bernilai kompetitif di atas rata-rata bunga deposito berjangka

  • Tidak Ada Biaya Tambahan

Anda tidak akan diberikan biaya tambahan dan hanya spread atau selisih dari harga jual dan harga beli

  • Transaksi 24/7

Transaksi bisa dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS dalam waktu 24/7

Kunjungi tautan berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds untuk mendapatkan gambaran lebih jelas perihal investasi obligasi pemerintah bersama DBS Treasures mulai dari persyaratan hingga keuntungan yang didapatkan. Segera pahami syarat dan ketentuannya dan mulai investasi Anda dengan yakin di DBS Treasures secepatnya.


22 komentar

  1. Saya termasuk orang kuno yg konvensional dalam investasi. Tapi anak2 saya yg sdh generasi Z sdh familier dg investasi jenis ini, yg butuh analisis dsb utk menentukan beli dan jual. Kl sy udah nggak sanggup deh

    BalasHapus
  2. Sungguh berasa memasuki dunia baru baca artikel Dian mengenai investasi obligasi.
    Karena aku belum pernah tau bentuk real-nya dalam berinvestasi cara ini dan sedikit jadi terbuka bahwa bersama DBS Treasures, bisa dibantu untuk investor newbie agar bisa mendapatkan keuntungan sesuai keinginan.

    BalasHapus
  3. aku sejujurnya kurang paham tentang investasi ini mbak, masih paqkai sistem menyimpan dengan emas, huhuhuhu kayaknya memang harus melek ini

    BalasHapus
  4. untuk investasi sementara ini pilihan saya ada di obligasi, sukuk, sukuk tabungan, karena di bawah pengawasan OJK, jadi aman

    BalasHapus
  5. Wajib tahu juga nih secara syariat seperti apa. Bolehkah atau tidak obligasi. Jadi pingin tahu

    BalasHapus
  6. Terimakasih infonya...saya masih investasi konvensional. Mau nyoba ah invest dalam bentuk obligasi

    BalasHapus
  7. Wah kebetulan, saya sedang mencari info mengenai obligasi. Plus minusnya bisa terbaca dengan jelas di artikel ini. Terima kasih banyak Mbak. Kebetulan yang sangat berguna.

    BalasHapus
  8. Aku baru masuk obligasi sebulan lalu, itu pun yg jalanin suami mbaa.. belajar banyak deh dari artikel ini, terimakasih referensinya yaaa

    BalasHapus
  9. Artikel ini benar-benar memberi insight baru. Selama ini saya taunya baru investasi saham, sukuk, dan Logam Mulia. Belum pernah nyobain investasi melalui obligasi. Abis ini bisa mulai kepoin DBS Treasures, nih.

    BalasHapus
  10. Terimakasih infonya Mbak. Jadi mengerti tentang plus minus obligasi.

    BalasHapus
  11. Aku jg lg nyoba-nyoba investasi pake obligasi. lg belajar jg mba. infonya bermanfaat nih

    BalasHapus
  12. Buatku obligasi masih agak sulit dimengerti, tapi setelah baca-baca beberapa referensi, termasuk tulisan mba, sedikit-sedikit mulai paham tapi masih belum berani

    BalasHapus
  13. Dulu waktu SMP cuma kenal istilahnya aja sih, belum sampai menerapkan. Masih bingung juga sama sistemnya gimana surat utang negara bisa diperjual belikan jadi investasi. Perlu banyak belajar lagi nih

    BalasHapus
  14. Selama ini saya masih sebatas investasi rupiah aja, alias menabung. Belum kepikiran investasi obligasi...

    BalasHapus
  15. Aku baru tahu kalau obligasi bisa dijadikan agunan hehe. Dbs ini lengkap ya bisa beli obligasi juga . Aku udah punya yang obligasi dari pemerintah

    BalasHapus
  16. jadi banyak tahu tentang obligasi ini Mba, saya belum pernah ivestasi menggunakan surat utang negara ini karena dulu masih belum paham manfaat dan kekurangannya, setelah baca artikel mba, jadi lebih paham deh

    BalasHapus
  17. Ternyata banyak juga keuntungan investasi di obligasi ya mba, duh aku masim minim banget nih wawasan ttg jenis investasi yang satu ini

    BalasHapus
  18. Makasih pencerahannya, jadi inget dulu pernah ikut ORI beberapa kali setelah itu tidak lagi. Jadi sudah tidak mengikuti investasi jaman sekarang. Untuk memulai kembali boleh nih di cb DBS Treasure (,gusti yeni)

    BalasHapus
  19. sejauh ini belum pernah investasi obligasi nih, masih banyak takutnya, belum berani ambil risiko.
    tapi jadi tahu nih tentang obligasi apalagi jika memilih investasi obligasi Pemerintah ya di DBS Treasure aja dong ya.

    BalasHapus
  20. emang paling bikin dagdigdug ih kalau naruh di obligasi hehe.. apalagi kalau budget pas-pas an ya wkwk.. kudu dipelajari bener-bener dulu deh :)

    BalasHapus
  21. aku awam banget soal obligasi, investasi kayak reksadana dan saham aja belum menguasai walau udah mulai dikit-dikit coba. makasih artikelnya mbak..

    BalasHapus
  22. obligasi ini menarik dari imbal balik bunganya, tapi harus pahami kelebihan dan kekurangan misalnya lagi butuh uang cepat kita ga bisa ambil.

    BalasHapus