Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Tempat Wisata Hits di Makassar dan Sekitarnya yang wajib Dikunjungi

Tempat wisata hits Makassar


Ada banyak tempat wisata indah di Makassar, Sulawesi Selatan. Keindahan alam di ibu kota provinsi Sulawesi Selatan ini membuat para wisatawan tertarik untuk datang berkunjung. Dibalik statusnya sebagai kota metropolitan terbesar keempat di Indonesia, Makassar menyimpan sederet tempat wisata yang menarik. 

Banyak wisatawan domestik hingga mancanegara yang berkunjung kesini enggan pulang karena menikmati keindahan kota ini. Ada banyak hotel murah di Makassar, misalnya hotel CLARO Makassar yang cocok untuk traveler dengan budget terbatas.

Identik dengan Pantai Losari, kota ini punya banyak sekali destinasi wisata yang seru untuk dikunjungi. Selain banyak gedung perkotaan, Makassar juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Kamu pun juga bisa menemukan berbagai jenis rumah adat di Makassar. Seru sekali kan? Berikut deretan tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di Makassar dan sekitarnya.

Rekomendasi Tempat Wisata di Makassar

Pantai Tanjung Bayang 

Lokasi wisata yang satu ini cukup populer di Makassar karena di akhir pekan selalu ramai dikunjungi warga. Pantai yang berada di Jalan Metro Tanjung Bunga, Barombong, Kecamatan Tamalate ini cukup mudah dijangkau. Jaraknya hanya sekitar 8 km dari pusat kota Makassar. 

Untuk mencapainya, kamu bisa menggunakan motor ataupun mobil. Selain harga tiketnya murah, pantai ini juga menawarkan keindahan alam dengan ciri khas tersendiri.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan menarik, di pantai Tanjung Bayang kamu bisa berenang dan menikmati deru ombak. Kamu juga bisa menyewa ban hingga merasakan wahana banana boat disini. Jangan khawatir jika lapar dan haus karena ada banyak pedagang di kawasan pantai ini.

Taman Nasional Bantimurung 

Taman Nasional Bantimurung yang terkenal ini berada di Kabupaten Maros, Sulsel. Untuk mencapainya cukup mudah dan jaraknya sekitar 50 Km dari Kota Makassar. Destinasi wisata alam ini menawarkan keindahan alam yang lengkap mulai dari air terjun, penangkaran berbagai jenis kupu-kupu, sampai museum kupu-kupu. 

Tak hanya menarik untuk wisatawan domestik, destinasi wisata ini juga kerap dikunjungi wisatawan mancanegara. Destinasi wisata ini juga mempunyai danau yang indah yaitu Toakala yang bisa diakses dengan melintasi jalan setapak dan menaiki anak tangga yang ada di sekitar air terjun taman nasional ini. 

Harga tiket Taman Nasional ini terbagi menjadi dua kategori. Untuk domestik sekitar Rp 30.000 per orang dan mancanegara sekitar Rp 225.000 tiap orang.

Jika kamu ingin memacu adrenalin, tidak ada salahnya mencoba Helena Sky Bridge disini. Jembatan gantung yang memiliki panjang 50 meter ini cocok dijadikan lokasi foto di ketinggian 100 meter dan tentunya instagrammable. 

Fasilitas yang baru dibangun pada tahun 2017 ini berada tepat di atas kubah penangkaran kupu-kupu. Jangan khawatir soal keamanan, sebab sistem webbingnya sudah sesuai dengan standar dan kamu juga akan dilengkapi dengan perlengkapan keamanan.

Pantai Akkarena 

Lokasi wisata menarik selanjutnya yaitu Pantai Akkarena yang berada di Jalan Tanjung Bunga, Tamalate, Kota Makassar. Sama seperti pantai Tanjung Bayang, Pantai Akkarena juga ramai dikunjungi wisatawan di akhir pekan karena banyak pilihan yang bisa dinikmati wisatawan.

Hanya dengan harga tiket yang terjangkau atau di kisaran Rp 15.000, kamu bisa melihat sunset di gazebo ataupun tenda payung di tepi pantai. Selain berenang, kamu juga bisa mencoba banana boat di pantai ini. 

Bagi yang tidak ingin basah-basahan jangan khawatir karena banyak spot foto menarik dan instagramable disini. Buat kamu yang ingin mencoba makanan khas Makassar, kamu bisa menemukannya di food court Pantai Akkarena. Kamu bisa mengunjungi pantai ini bersama keluarga ataupun pasangan.

Rammang-rammang Maros

Destinasi wisata ini menyuguhkan gugusan pegunungan karst yang begitu mempesona. Wisata Rammang-rammang berada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Maros. Lokasi ini disebut juga kampung karst karena dikelilingi deretan pegunungan karst yang indah. Dijamin, kamu tidak akan kecewa jika berfoto disana dengan latar belakang karst yang menakjubkan.

Untuk bisa mencapai lokasi ini, jaraknya sekitar 40 km dan bisa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Makassar. Tidak hanya menyuguhkan pegunungan karst saja, ada juga wisata gua, hingga telaga di kawasan Rammang-rammang ini. 

Kamu bisa menyusuri sungai yang diapit keindahan pegunungan dengan menggunakan perahu. Jika ingin menyewa perahu, kamu cukup menyiapkan kocek sekitar Rp 200.000 - Rp 250.000.

Itulah tempat wisata hits di Makassar dan sekitarnya yang wajib dikunjungi. Untuk urusan tiket pesawat dan akomodasi, kamu bisa memesan  semuanya di Traveloka.


22 komentar

  1. Dari 4 rekomendasi tempat wisata di atas, baru satu Bantimurung yang pernah dikunjungi. Makasih rekomendasinya Mbak, bisa jadi alternatif tempat wisata nih kalau ke Makassar.

    BalasHapus
  2. Belum pernah ke semua destinasi ini, padahal saya numpang lahir di Makassar :(
    Cuma lewat di Tanjung Bunga aja sih, terus di seputaran Pantai Losari aja.
    Moga next sih bisa ke tempat-tempat ini :)

    BalasHapus
  3. Makassar selalu menyimpan banyak tempat indah yang sayang banget untuk dilewatkan sih ya. aku masukin list dulu deh semuanya, jadi kalau ada kesempatan jalan kesana bakalan langsung OTW dong ya kelokasi yang sudah direkomendasikan

    BalasHapus
  4. Penasaran Ama Makassar nihz belum pernah travelling ke sana. Pantainya cantik -cantik ya.

    Kabarnya di Bantimurung banyak kupu-kupu ya? Makin pengen ke sana deh jadinya

    BalasHapus
  5. Makassar itu ternyata banyak jg rekomendasi tmpat wisatanya ya.. Bisa jd salah satu destinasi klo bsk ke Makassar nih..

    BalasHapus
  6. Udah lamaa Makassar ini kumasukkan ke wishlist buat dikunjungi. Tapi begitulaaaah, belum jadi aja ke sana. Lihat destinasi keren begini jadi makin pengen ke sana.

    BalasHapus
  7. Ah jadi pengen traveling ke Makassar. Baru suamiku aja yang udah ke sana. Itupun urusan kerjaan.

    BalasHapus
  8. cantik cantik ya di Makasar, Masya Allah semoga bisa suatu saat nanti jalan-jalan kesana :)

    BalasHapus
  9. Cake banget nih.. berwisata ke Taman Nasional Bantimurung dan mencoba menyebebrang Helena Sky Bridge selain menikmati wisata alamnya yang indah, seperti air terjun, penangkaran berbagai jenis kupu-kupu, dan museum kupu-kupu.
    Pasti tak terlupakan pernah travelling ke Makassar.

    BalasHapus
  10. seru-seru semua sih ya tempat wisatanya, aku pernah mampir ke bantimurung sama rammang-rammang

    BalasHapus
  11. makasih kak untuk informasi rekomendasi tempat wisata di Makassar. Wisata pantai selalu jadi salah satu destinasi pavorit saya jika bepergian

    BalasHapus
  12. Ternyata, selain terkenal dengan wisata Pantai Losari, di Makassar juga memiliki beragam wisata alam yang disebutkan di atas ya mbak. Tapi di Pantai Losari aja belum pernah, apalagi kalau ke pantai Tanjung Bayang ataupun Pantai Akkarena,. Kayaknya kalau ke Makassar wajib dikunjungi banget deh ini wisatanya mbak

    BalasHapus
  13. Udah beberapa kali ke Makassar tapi belum sempat ke tempat wisata di atas. Kalau saya pengin ke taman nasional Bantimurung bareng keluarga, pasti seru bangeeet. Dan pastinya pengin sekali mencicipi kuliner khas di sana coto Makassar dan es pisang ijo sambil duduk di pantai Losari.

    BalasHapus
  14. Bantimurung dan Ramang-Ramang itu masuk wish list ku sejak lama. Pengen banget punya kesempatan kesana dengan keluarga, karena nggak ada tempat seeksotis itu di Jawa

    BalasHapus
  15. Makasarr pengen banget bisa kesana sekalian ke tana toraja, ada banyak angan2 di kepala kalau Makasar dan tana toraja mau ngapain aja.
    Pastinya booking2 penginapan, sleeper bus makasar tana toraja dan tiket menggunakan aplikasi traveloka si burung biru.

    BalasHapus
  16. Udah lama baca tentang Bantimurung, pengiiinnn banget bisa ke sana. Ada sky bridge-nya juga ternyata, mantap nih untuk jadi lokasi pepotoan yang bakalan jadi stok memenuhi postingan medsos hehehee...

    BalasHapus
  17. Waktu ke Makassar beberapa tahun lalu, saya ngga sempat kemana-mana karena kelelahan. Maklum, si bungsu masih bayi saat itu. Saya cuma sempat ke Pantai Losari dan menginap di hotel dekat pantai. Trus, mampir ke Pallubasa Serigala yang konon hits banget. Iya memang, saya lebih banyak cari makanan waktu di sana. 🙈

    BalasHapus
  18. Aku jadi mencari tahu apa itu karst, hehehe..
    Dan langsung terpukau dengan lokasi wisata Makassar Rammang-rammang Maros. Pemandangannya kaya di luar negeri yaah.. MashaAllah~

    BalasHapus
  19. Pernah mampir ke Makasar tapi transit aja jd hanya lihat-lihat bandaranya saja, semoga lain waktu bisa jalan2 ke sana

    BalasHapus
  20. Aku suka ke pantai. Di pantai rasanya waktu berjalan lambaat banget. Ngebayangin wisata di Pantai Tanjung Bayang, jadi kangen main banana boat. Masih berani nggak ya, aku? Hihi.

    BalasHapus
  21. Kemarin ke bantimurang, cuman abis ujan. Kupu2 tak nongol, air sungainya keruh :(

    BalasHapus
  22. Duuh kapan ya bisa ke Makassar.. Kayaknya pengen lihat Taman Nasional Bantimurang. Semoga ada kesempatan dan pas cuacanya bagus juga

    BalasHapus