Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Menyiapkan Dana untuk Renovasi Rumah dengan Reksadana

Reksadana Pasar Uang
 

Pexels

Cuaca ekstrem membuat Anda harus berhati-hati dengan kondisi rumah Anda. Sebab rumah bisa rusak kapan saja terkena dampak bencana dari cuaca ekstrem yang kini sering terjadi. Anda perlu mempersiapkan dana darurat dalam bentuk Reksadana Pasar Uang misalnya untuk mengantisipasi hal ini.

Sebab, biaya untuk melakukan renovasi jelas tidak sedikit. Apalagi jika kerusakan yang ditimbulkan cukup banyak. Maka Anda harus menguras biaya yang tidak sedikit untuk melakukan renovasi.

Reksadana dengan jenis Pasar Uang bisa menjawab kebutuhan Anda terkait hal ini. Sebab jangka waktunya pendek, namun memiliki kualitas yang tinggi. Selain itu lebih mudah dalam pencairan sehingga cocok sebagai dana darurat.

Apa Itu Reksadana Pasar Uang?

Reksadana sendiri sebenarnya adalah modal yang telah dikumpulkan oleh investor untuk kemudian dikelola oleh Manajer Investasi. Sementara itu, jenisnya ada banyak. Seperti Pasar Uang, Pendapatan Tetap, Campuran dan juga Reksadana Saham.

Pengertiannya sama, namun ada perbedaan dari beberapa jenis ini. Pada Reksadana jenis Pasar Uang misalnya. Produk investasinya memiliki portofolio jangka pendek seperti kurang dari satu tahun saja. Namun demikian, kualitasnya juga tinggi, dan mudah dicairkan.

Hal tersebut membuat jenis Reksadana yang satu ini sangat cocok untuk dana darurat renovasi rumah. Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya perbaikan rumah, karena sudah ada dana darurat yang telah dikelola sebelumnya.

Keuntungan Menggunakan Reksadana untuk Renovasi Rumah

Supaya Anda lebih yakin, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan Reksadana untuk dana darurat renovasi rumah. Antara lain:

  • Risiko Rendah

Kebutuhan untuk renovasi rumah membuat Anda harus memilih produk investasi yang memiliki risiko rendah. Ini yang bisa Anda dapatkan apabila memilih jenis Pasar Uang ketimbang produk lain.

  • Potensi Keuntungan 

Meskipun risiko rendah, tapi potensi keuntungannya cukup besar. Per tahun bisa 4-7%, sesuai dengan kondisi pasar. Keuntungannya pun stabil ketimbang produk lain. 

  • Likuiditas Tinggi

Keunggulan lain, Anda bisa melakukan pencairan dana sewaktu-waktu. Meskipun kondisi pasar sedang tidak stabil sekalipun, dana investasi tetap bisa cair. Cocok untuk dana darurat renovasi rumah.

Strategi Renovasi Rumah dengan Reksadana

Reksadana Pasar Uang


Pexels

Supaya lebih mudah, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk renovasi rumah dengan Reksadana jenis Pasar Uang. Antara lain:

Baca Juga : Reksadana Pasar Uang Bisa Dipilih Untuk Diversifikasi Saat Pasar Saham Anjlok

  1. Hitung Rincian Biaya untuk Renovasi

Meskipun belum mengetahui mana saja yang bisa Anda renovasi, namun secara langsung Anda sudah bisa melakukan pemeriksaan ke spot rumah yang rawan terkena cuaca ekstrem. Misalkan saja bagian dapur, atap, dan lain sebagainya.

Anda bisa segera menentukan mana saja bagian rumah yang segera harus direnovasi. Buatlah daftar kebutuhannya, lalu mulai susun rancangan biaya untuk renovasi rumah. 

Internet bisa membantu Anda menemukan beberapa harga kebutuhan untuk renovasi. Namun Anda juga bisa langsung menghubungi arsitek atau orang di toko bangunan untuk mengetahui rincian biaya tersebut. 

  1. Ketahui Jumlah Penghasilan

Setelah mengetahui soal lokasi yang akan dilakukan renovasi, Anda sudah bisa mendapatkan hasil rancangan biayanya. Setelah itu waktunya untuk mengatur strategi baru. Yaitu cara menyisihkan uang untuk dana darurat Anda. 

Namun sebelumnya, Anda bisa menghitung terlebih dahulu banyaknya penghasilan Anda selama ini. Setelah itu, barulah bisa menghitung seberapa banyak penghasilan yang bisa Anda sisihkan untuk dana darurat ini. 

Pastikan hitungannya tepat, supaya saat proses ini berlangsung, tidak ada pembengkakan dana. Meski Anda memang harus membuat anggaran lain-lain untuk mengantisipasi adanya biaya tambahan.

Anda bisa menyisihkan penghasilan Anda per bulan, atau bahkan di setiap mendapatkan pendapatan. Supaya lebih mudah, Anda bisa menggunakan persentase pada penghasilan bulanan. 

Misalnya saja dana darurat yang diambil dari penghasilan bulanan mulai 10-20 persen. Sementara untuk penghasilan tambahan, Anda bisa bebas meletakkan berapapun nominalnya. Bisa dengan persentase sama, atau bahkan 100% pendapatan tambahan masuk ke dana darurat rumah.

  1. Pilih Partner untuk Mengelola

Kemudian, Anda bisa memilih siapa partner yang cocok untuk mengelola keuangan Anda ini untuk dimasukkan pada Reksadana. Pemilihan partner yang tepat sangat penting untuk masa depan investasi Anda. 

Sebab dengan partner, Anda bisa membicarakan profil risiko masing-masing investasi. Kemudian strategi yang Anda lakukan lebih lanjut mengenai penggunaan Reksadana Pasar Uang.

  1. Pelajari Produk Reksadana Jenis Pasar Uang

Setelah itu, Anda bisa mempelajari produk Reksadana yang paling tepat untuk tujuan investasi Anda. Pastikan Anda telah membaca betul mengenai masing-masing produk. Kemudian melakukan pertimbangan setelah berdiskusi mengenai strategi dengan partner di poin ketiga. 

Supaya Anda bisa lebih mantap lagi dalam mempertimbangkan pembelian Reksadana ini. Apalagi tujuannya cukup penting, yakni untuk renovasi rumah.

Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan adalah profil risiko produk investasi, insight produk dari riwayat sebelumnya hingga proyeksi profit dari investasi. Poin keempat ini cukup penting mengingat profit bisa menutupi biaya lain-lain pada anggaran renovasi rumah Anda. 

Pilih Reksadana Pasar Uang di DBS Treasures

Inilah saatnya Anda memilih partner investasi yang tepat untuk dana darurat renovasi rumah.

Baca Juga : Cara Investasi Reksadana Terbaik yang Menguntungkan 

Anda bisa melakukan investasi Reksadana dengan yakin di perbankan prioritas DBS Treasures. Dapatkan keuntungan berikut ini saat memilih DBS Treasures:

  • Profesional dalam Mengelola Investasi

DBS Treasures memilih Manajer Investasi terkemuka untuk mengelola produk pilihan Anda.

  • Anda Bisa Mendapatkan Panduan Investasi

Tenang saja, Anda akan mendapatkan panduan untuk investasi sesuai profil risiko Anda, selain itu mendapatkan analisis pasar untuk peluang terkini investasi. Semua dilakukan oleh tim ahli finansial.

  • Meminimalisir Risiko dengan Diversifikasi

Tentu Anda menginginkan risiko yang rendah bukan? Ada diversifikasi penyebaran dana untuk meminimalisir risiko ini.

  • Kemudahan Pembelian

Anda bisa dengan mudah registrasi SID (Single Investor Identification) serta membeli, menjual hingga switching produk investasi melalui Aplikasi digibank by DBS. Semua bisa Anda dapatkan dalam satu aplikasi.

Segera kunjungi di sini untuk mendapatkan informasi seputar Reksadana Pasar Uang yang tepat untuk dana darurat renovasi rumah Anda. Supaya dana darurat bisa segera terkumpul dan Anda lebih tenang saat merenovasi rumah.

22 komentar

  1. RD pasar uang memang dari segi profit tidak terlalu tinggi, cocok untuk tujuan finansial jangka pendek. Aku malah belum kepikiran menaruh dana darurat atau untuk renovasi begini di RDPU. Bisa juga ya alternatif selain dalam bentuk LM atau deposit.

    BalasHapus
  2. Untuk investasi Reksadana Pasar Uang bisa lewat DBS Treasures ya, Mba. Apalagi dana investasi dikelola dengan profesional pasti aman deh.

    BalasHapus
  3. Banyak sekali keuntungan investasi Reksadana Pasar Uang , salah satu mitra nya DBS Treasure, investasi akan dikelola oleh manajer investasi terkemuka, kita juga mendapatkan panduan investasi nih, jadi ga bingung bagaimana cara kerja investasi Pasar Uang tersebut.

    BalasHapus
  4. Menyiapkan dana untuk renovasi rumah memang jangan tanggung. Pengalaman nih, kalau renovasi itu selalu saja ada yang perlu dibenahi lagi dan lagi. Anggaran cuma betulin ini, eh merambat ini itu pengen sekalian juga. Jadi dana jangan sampai nanggung memang.
    Menggunakan Reksadana lebih baik, jadi ada kesempatan maksimal ya buat merenovasinya

    BalasHapus
  5. oiya, aku ada rencana mau renovasi rumah dan harus memikirkan pakai jalan Reksadana pasar uang di DBS Treasures ini ya, udah pasti trusted dan tinggal kita pintar-pintar mengelola

    BalasHapus
  6. Aku langsung klik link itu dibagian ' silahkan kunjungi di sini' dan menemukan bagian disclaimer yang menurutku sangat penting :

    "... calon investor perlu memahami resiko, wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui Reksadana, karena kinerja masa lalu tidak bisa dijadikan patokan untuk kinerja di masa mendatang."

    BalasHapus
  7. Iya rumah ada masanya perlu ada yang diganti dan diperbaiki jadi siap-siap nabung dengan Reksadana Pasar Uang biar hasilnya lebih besar sari tabungan biasa yang tergerus inflasi semoga ada rezekinya ya renovasi rumah

    BalasHapus
  8. Rumah tuh emang dikit-dikit minta direnovasi nggak tahu itu mulai dari atap bocor, pagar yang mulai Bengkong dll. Kalau punya Reksadana Rasanya nggak khawatir lagi ya mbak

    BalasHapus
  9. Kata teman-teman saya yang pernah renovasi rumah, memang butuh biaya yang tak sedikit. Soalnya kadang jadi merembet-rembet dari perencanaan semula.
    Reksadana pasar uang bisa jadi salah satu alternatif untuk mempersiapkan biaya renovasi rumah yang jumlahnya nggak sedikit ini ya

    BalasHapus
  10. renovasi rumah kalo gak dibudgetin dan gak dipersiapkan dananya, bisa kaget karena yang tadinya mau renovasi minor, makin ke sini kok makin banyak yang pengen direnovasi

    BalasHapus
  11. Menyusun dana renovasi rumah memang harus cermat dan sedetil mungkin. Bahkan udah dibikin detil pun harus siap dengan biaya tak terduga. Karena suka ada aja tambahannya.

    Saya belum pernah kepikiran menggunakan reksadana untuk renovasi rumah. Kalau baca di sini, kelihatannya menarik juga untuk dipertimbangkan

    BalasHapus
  12. Aku baru tahu soal Reksadana Pasar Uang ini. Lumayan ya buat pertimbangan jika mau investasi dan kalau pilih di DBS Treasures, ada panduannya juga. Menarik

    BalasHapus
  13. Renovasi rumah itu butuh duit banyak dan harus ada dana cadangan karena biasanya selalu melebihi budget. Nah kalo Reksadana Pasar Uang selama ini aku gunakan untuk dana darurat. Bisa juga untuk melakukan renovasi rumah

    BalasHapus
  14. Dengan adanya skema investasi begini, pendanaan ketika membutuhkan untuk memperbaiki rumah bisa terpenuhi. Yang terpercaya menggunakan Reksadana Pasar Uang di DBS Treasures.

    BalasHapus
  15. Reksa dana pasar uang di DBS Treasures boleh dicoba nih, baru tahu manfaat dan mekanismenya mak...makasih sharingnya

    BalasHapus
  16. Pastinya ciamiikkk kalo mau renov rumah, dan udah siapkan pendanaan melalui reksadana.
    Ini financial plan yg baguuuss bgt yah

    BalasHapus
  17. Renovasi rumah memang butuh biaya besar ya, Mba. Soalnya bahan-bahan bangunan dll itu lumayan juga biayanya. Dengan reksadana bisa juga membantu pembiayaan renovasi rumah biar nggak terlalu berat di ongkosnya.

    BalasHapus
  18. Renovasi rumah itu biayanya lumayan besar, rencana benerin satu suka ngerembet ke yang lain jadi memang harus dibudget kan yah.

    BalasHapus
  19. Wah pas banget nih artikelnya, lagi ngumpulin dana buat renov rumah nanti. Aku pun sekarang suka nabung di reksadana pakai aplikasi soalnya kalau nabung ke bank, udah dipotong admin, bunganya jg gak ada hehe. Lebih menguntungkan reksadana pasar uang. Risiko jg gk terlalu besar ya? Ternyata di DBS jg bisa ya?

    BalasHapus
  20. Dari sekian banyak jenis investasi, selain emas dan tabungan, aku baru nyoba reksadana. Dan iya, ini tuh kayaknya paling pas deh buat aku. Risiko rendah, meski gak terlalu tinggi return-nya, tapi lumayan. Huhu aku jadi kepengen investasi reksadana lagi deh. Semoga bisa segera ada dananya. :)

    BalasHapus
  21. Makasih infonya soal reksadana mak. Aku pengen pelajari ini. Siapa tau bisa buat renovasi rumah juga. Rumahku masih belum selesai dibangunnya.

    BalasHapus
  22. wah kalau ngobrolin soal persiapan dana renovasi rumah memang gak bisa seadanya aja ya, harus dipersiapkan jauh-jauh hari supaya hasil renovnya memuaskan, bisa pakai reksadana pasar uang ini kalau mau nabung jangka pendek, boleh juga ini aku pelajari

    BalasHapus