Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Skincare Rutin Ramadan untuk Lebaran yang Lebih Glowing

 

Skincare Rutin Ramadan untuk Lebaran yang Lebih Glowing



Menjelang sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan, persiapan apa yang sudah dilakukan untuk sambut lebaran? Adakah yang sudah bersiap untuk mudik? Jangan lupa, di tengah kesibukan untuk mempersiapkan mudik dan lebaran, tetap rawa kulitmu. Apalagi, saat Ramadan kulit lebih rentan kusam, lho. Jangan lupa gunakan skincare rutin Ramadan untuk lebaran yang lebih glowing. 


Kulit Rentan Kusam Saat Ramadan


Saat Ramadan saya merasa kulit jadi lebih rentan kusam. Apa yang saya rasakan ini ternyata hal yang wajar. 


Menurut ahli, satu masalah kulit yang kerap dialami saat bulan Ramadan adalah kulit kusam. Kulit kusam bisa disebabkan oleh kulit kering dan dehidrasi.



Dehidrasi kulit merupakan keadaan sementara yang disebabkan oleh berkurangnya kadar air pada lapisan atas kulit, sedangkan kulit kering disebabkan oleh berkurangnya produksi minyak dan lipid.


Penting untuk dipahami bahwa berpuasa yang menyebabkan tubuh kekurangan air dalam waktu lama juga dapat membuat kulit kita mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan tekstur kulit menjadi kasar atau kusam.


Oleh karena itu penggunaan skincare rutin Ramadan sangat diperlukan. Pastikan selama puasa kita tetap merawat kulit kita. Pilih produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit. 


Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit


Menggunakan skincare sesuai jenis kulit itu penting. Sebab, setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda. 


Saya sendiri memiliki kulit jenis normal. Jenis kulit normal cenderung memiliki jumlah kandungan air dan minyak yang seimbang. Akibatnya, kulit menjadi tidak terlalu kering, tetapi juga tidak terlalu berminyak.


Jenis kulit wajah ini umumnya jarang memiliki masalah kulit atau bisa dibilang mempunyai kulit yang sehat, tidak terlalu sensitif, pori-pori wajah hampir tidak terlihat, dan kulit tampak cerah.


Namun, meski begitu saya juga memiliki beberapa masalah kulit, diantaranya kulit yang tidak merata, kusam, dan mulai muncul flek hitam. 


Baca Juga : PRP Treatment, Perawatan "Vampir" Agar Wajah Kencang dan Awet Muda


Oleh karena itu, skincare rutin yang saya gunakan umumnya yang bersifat glowing. Skincare yang mampu mencerahkan kulit, memudarkan noda bekas jerawat/flek, dan menjaga kelembapan kulit.


Urutan Skincare Rutin untuk Kulit Normal


Skincare Rutin Ramadan untuk Lebaran yang Lebih Glowing



Meski saya memiliki kulit yang normal, tetap harus dirawat dengan melakukan skincare rutin. Urutan penggunaan skincare untuk kulit normal pun harus dilakukan dengan tepat agar tidak menimbulkan masalah kulit. 


Urutan skincare pagi hari 


Mencuci Wajah dengan Facial Wash


Saat bangun dari tidur, saya segera mencuci wajah dengan menggunakan facial wash yang memiliki tekstur gentle. Tak lupa juga memilih produk yang bisa membantu menjaga keseimbangan pH kulit.


Toner

Setelah membersihkan wajah dengan facial wash, saya memakai toner dengan menggunakan kapas wajah. Toning akan melengkapi proses pembersihan dengan memberikan hidrasi, kelembapan, dan nutrisi penting untuk menjaga kulit tetap sehat. 


Serum

Serum akan melindungi kulit dari polusi atau debu lingkungan yang mengering dengan menambahkan serum antioksidan. Bahkan, serum dapat mengurangi munculnya garis-garis halus atau kerutan pada kulit normal. 


Moisturizer

Setelah menggunakan serum, saya kemudian memakai moisturizer. Semua jenis kulit membutuhkan kelembapan agar tetap lembut, kenyal, dan terlindungi. Pelembap mendukung penghalang lipid alami kulit dengan mengikat air lebih banyak dan mengusir zat eksternal penyebab iritasi. 


Sunscreen

Tak lupa juga untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30 PA++. Jika banyak beraktivitas di luar rumah, saya memilih sunscreen dengan SPF 50 PA++.

Meski lebih banyak bekerja di dalam ruangan, saya tetap reapply sunscreen secara rutin setiap 4 jam sekali. 


Urutan skincare malam hari


Double Cleansing

Setelah seharian beraktivitas, saya membersihkan wajah dua kali. Micellar water harus digunakan untuk menghapus riasan dari wajah pada fase pertama. Kemudian diikuti dengan membersihkan wajah menggunakan facial wash bertekstur lembut untuk menghilangkan sisa kotoran dan menyeimbangkan pH kulit.


Toner

Setelah kulit dibersihkan, saatnya memakai toner. Oh ya, saat menggunakan toner di malam hari, kita dapat memilih antara menggunakan toner yang mengandung AHA dan BHA setiap dua kali seminggu dan toner pelembap setiap tiga kali seminggu.


Serum

Untuk kulit normal, gunakan serum yang mengandung asam hialuronat, retinol, niacinamide, atau bakuchiol untuk menjaga kecerahan kulit. Bahan ini juga bisa, mencegah penuaan dini dan meningkatkan sintesis kolagen kulit.


Moisturizer

Agar skincare di malam hari yang digunakan tidak pudar, gunakan pelembap yang memiliki tekstur ringan yang cepat meresap ke dalam kulit.


Krim Mata

Langkah terakhir adalah mengoleskan krim di sekitar mata untuk mempertahankan kekenyalan kulit, menghilangkan mata panda, dan mencerahkan kantung mata yang gelap.


Produk Theraskin untuk Kulit Normal


Nah, berhubung kulit saya jenisnya normal, maka skincare andalan saya adalah Perfect Glow Series dari Theraskin. 


Skincare Rutin Ramadan untuk Lebaran yang Lebih Glowing



Perfect Glow Series dari Theraskin ini merupakan rangkaian perawatan wajah untuk kulit yang kusam. Mengandung hero ingredient Niacinamide dan Licorice yang merupakan bahan aktif utama untuk mencerahkan kulit.


Produk ini memiliki tiga komposisi utama, yaitu;


1. Alpha Arbutin

Membantu meratakan warna kulit dan menyamarkan dark spot.


2. Niacinamide & Licorice

Membantu mencerahkan dan melembabkan kulit.


3. Phyllantus Emblica Fruit Extract

Sebagai antioksidan dan membantu mencerahkan kulit.


Perfect Glow Series dari Theraskin ini sudah memiliki sertifikasi halal MUI dan BPOM RI. Jadi, aman untuk digunakan. 


Kesimpulan


Ramadan kulit cenderung kusam, oleh karena itu penting untuk tetap dirawat. Gunakan skincare rutin Ramadan agar kulit tetap terawat dengan baik. 


Baca Juga : Tips Make Up Simple yang Menawan Saat Lebaran


Perfect Glow Series dari Theraskin menjadi skincare rutin Ramadan saya untuk lebaran yang lebih glowing. 



#BPNRamadan2024

#BPNRamadan2024Day8

33 komentar

  1. Wahhh produk Skincare yang super duper lovelyyy ini mahhh.
    saya mau coba juga

    karena kayaknya selama ramadan, kulit kurang terhidrasi dengan optimal.

    BalasHapus
  2. Theraskin emang skincare yg terkenal dan terpercaya sejak dulu ya. Komplit juga paket akincarenya dan harganya masih affordable.

    BalasHapus
  3. aku kadang yang skip itu pake krim mata nya hehehe..pas pertama beli rajin tuhhh tapi makin kesini makin males duhhh...btw produk theraskin lengkap juga ya ternyata paket lengkap untuk menjaga kulit tetep glowing dan terhidrasi

    BalasHapus
  4. biasanya masalah yang sering terjadi sama kulit saat berpuasa ya kering . Kalau dirawat kudu pas perawatan dan skincare yang dipakai. Theraskin boleh nih dicbain yah

    BalasHapus
  5. Nah loh ada lagi product baru ya, apa saya memang kurang menjelajahi per skin care an yak hihi.
    Theraskin, wellnoted, coba cek2 aah nanti.

    BalasHapus
  6. Yeay happy deh kenalan sama skincare Theraskin, beneran rangkaiannya lengkap banget buat merawat kulit wajah supaya tetap sehat dan glowing di bulan ramadan hingga nanti sambut lebaran ya.
    Aku gak mudik mba, lebih ke silaturahmi sama saudara dan keluarga di kota yang sama nih.

    BalasHapus
  7. Setujuuuu. Aku ga pernah bisa kalo hrs skip skincare mba. Mungkin Krn udh terbiasa juga sejak zaman sekolah yaaa. Jadi mau secapek dan semalam apapun sampe rumah, tetap aja hrs mandi dan skincare sebelum tidur. Malah ga bisa tidur kalo muka kotor.

    Kulitku sendiri sensitif BANGETTTT. Makanya aku jarang Gonta ganti skincare. Kalo udah cocok, ya udh itu aja. Dan Krn udah usia 40++, mau ga mau jenis skincarenya yg anti aging.

    Intinya memang apapun brand skincare yg dipakai, yg penting cocok dan rutin di pakai :) jadi hasilnya juga maksimal.

    Aku tahu brand theraskin, tp blm pernah coba aja.

    BalasHapus
  8. Nah ini yang di awal-awal hingga pertengahan Ramadan kemaren aku skip. Gara-gara males, wajah jadi kucel dan kusam. Padahal lihat sodara-sodara lain pada kinclong. Ayo ngebut di seminggu terakhir, kita gaskeun lagi pake skincare. Biar lebaran nanti tetap pede ya. :D

    BalasHapus
  9. Skincare rutin tiap pagi dan malam ini emang penting banget buat merawat kulit biar tetap sehat ya. So penting memilih produk yang tepat sesuai jenis kulit. Btw kulit saya juga cenderung normal jadi tertarik juga cobain Perfect Glow Series dari Theraskin ini.

    BalasHapus
  10. Bener juga. Kalau ada acara ketemu orang banyak, jadi inget buat rutin skincare-an lagi. Coba Theraskin, ah

    BalasHapus
  11. Theraskin cukup terkenal ya, banyak temen saya juga yang pakai, katanya cocok. saya belum nyobain sih, hehehehe. tapi demi lebaran tampil glowing, mau nyobain juga ah. ato cek paket Perfect Glow Series, affrodable banget ya

    BalasHapus
  12. Theraskin bayak yahg udah oakai juga nih merk. Btw untuk hasil maksimal dalam perawatan memang harus pakaian rangkaian produknya ya, Kak.

    BalasHapus
  13. Waduhhh mau lebaran nih bikin panik kalau muka masih kusam. Mana bakalan ketemu banyak orang kannn. Mau dong nyobain Perfect Glow Series dari Theraskin juga. Bisa bantu mencerahkan kulit kalo lihat komposisi utamanya. Jangan sampe Hari Raya ngga glowing pokoknya.

    BalasHapus
  14. Glowing dengan amazing nih pas lebaran nanti. Klo para kaum cowok mah cuci muka aja udah cukup. Tapi beda sama istri, nanti kukasih info skincare ini

    BalasHapus
  15. Pengen nyoba spotless serumnya nih. Kulitku mulai flek-flek deh, padahal selalu pakai sun screen. Tapi harus belum 1 seri ya? Atau boleh coba 1 item aja dulu...

    BalasHapus
  16. Silaturahmi di hari raya dengan kulit sehat dan glowing, pasti pada mau kan, ya. Perawatannya memang ga bisa instan dan memang harus rutin dengan penggunaan skincare.
    Theraskin ini bisa jadi alternatif solusi untuk perawatan kulit agar kulit sehat dan siap glowing di hari raya

    BalasHapus
  17. Udah lama banget tahu skincare dari Theraskin, tapi memang belum berkesempatan mencobanya. Beberapa waktu lalu, temanku juga sempat pakai ini dan cocok di muka dia, bikin glowing dan bersih katanya hehe

    BalasHapus
  18. Senangnya jika memiliki jenis kulit normal karena minim permasalahan kulit seperti jerawat. Tapi kulit normal pun butuh perawatan agar tetap glowing.

    BalasHapus
  19. wah asik ini ada skincare yang bisa membantu kulit wajah kita makin glowing di bulan Ramadan. Jadinya pas lebaran kan makin sehat terawat kulitnya

    BalasHapus
  20. Pas Ramadhan kulitku rentan kering sih. Makanya kelihatan kusam. Skincare kudu nggak boleh skip sih. Seneng deh kalau ada skincare yang bagus buat menghalau kulit kusam saat Ramadhan

    BalasHapus
  21. Supaya bisa tampil maksimal saat lebaran memang harus serius mencari skincare yang sosok dan tepat dengan kondiuwajah juga. Skincare Theraskin saya juga merekomendasikannya lho. Karena kualitasnya memang bagus

    BalasHapus
  22. Puasa kurangnya cairan yang masuk ke tubuh jadi bikin kulit kering ya. Theraskin banyak macam perawatan untuk setiap jenis kulit, enak nih bisa disesuaikan dengan jenis kulit ya. Lebaran jadi makin glowing 😍

    BalasHapus
  23. Aku nggak pernah telaten buat skinker rutin malam. Biasanya udah keburu capek dan langsung tidur aja. Paling cuma ngebersihin muka. Padahal mah pengen banget kulit jadi glowing sehat.

    BalasHapus
  24. Punya kulit glowing sehat emang impian banget kak buat aku. Ih urutan pake skincarenya alhamdulillah aku udah bener, sama kayak kakak. Perfect Glow Series dari The Raskin jadi bikin penasaran deh. Soalnya mengandung Alpha Arbutin ya

    BalasHapus
  25. Iya juga yaa kak, aku kadang tuh kalo malem sering ngga urutnya, kadang cuma double cleanser terus udah atau kalo ga males ditambahin serum aja huhu kurang maksimal banget

    BalasHapus
  26. Pemakaian skincare ini ada urutannya ya kak. Ga bs sembarangan penerapannya. Salah urutan malah ga jd maksimal perawatannya.

    Theraskin ini emg mantap bgt ngasih petunjuknya. Jd konsumen akan mendapat manfaat bgs dr skincare yg kita beli.

    BalasHapus
  27. Belum pernah nyobain theraskin sih. Tapi melihat reviewnya bagus jadi pengen nyobain deh. Btw betul tuh skincare pagi dan malam gak boleh terlewat biar kulit sehat, cantik dan glowing

    BalasHapus
  28. Aku kayaknya ada yang salah deh..
    ihihi.. biasanya pakai eye cream pas siang. Kalo malem aku kadang selang-seling sama sleep mask. Soalnya seneng ama sensasinya pas bangun, kenyul kenyul.

    BalasHapus
  29. Udah intip-intip nih tentang Perfect Glow Series dari Theraskin, karena kemarin ada teman juga yang rekomendasiin. Katanya bagus dan produk perawatannya juga lengkap dalam satu rangkaian gitu, mulai dari toner, serum, dll. Cuma untuk sunscreen-nya, ada sekalian juga gak ya?

    BalasHapus
  30. Wah, step di atas ada yang aku lewati deh kayaknya. Habis cuci muka biasanya langdung pake moisturizer, hehe

    BalasHapus
  31. Wah, terima kasih banyak atas tipsnya! Emang bener ya, kulit bisa jadi kusam saat Ramadan. Tapi dengan skincare rutin yang pas, kayak Perfect Glow Series dari Theraskin, kulit tetap bisa glowing di momen lebaran nanti. Bakal jadi tambah semangat untuk sambut hari kemenangan! ✨🌙

    BalasHapus
  32. suka sekali dengan desainnya yang putih bersih kesannya spotless banget ya mba, dan lengkap sekali produknya bisa sekali beli apalagi ada yang buat flek, bisa jadi referensi

    BalasHapus
  33. skincare malem tuh aku suka kelupaan, kadang ketiduran :( padahal penting justru ya skincare malam tuh, double cleansing sebelum tidur. apalagi udah 30+ kya aku, mesti lebih rajin.

    BalasHapus