Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Resep Oseng Jantung Ayam

 

Resep Oseng Jantung Ayam

Halo teman Dee, apa kabarnya? Semoga selalu sehat ya. Terima kasih sudah mau mampir ke deestories, kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia, suka traveling dan kuliner. 


Hmm hari ini saya mau share salah satu resep andalan di rumah. Terus terang, saya itu nggak jago masak, hmm lebih tepatnya sih nggak suka masak 🤭🤭🤭. 


Tapi demi neraca keuangan keluarga yang stabil, mau nggak mau ya tetap masak. Kalau jajan di luar terus, bisa menangis dompetnya, hehehe. 


Nah karena nggak seberapa suka masak, saya kalau masak yang simple aja. Kebetulan suami juga nggak ribet orangnya. Apapun yang saya masak, ya pasti dimakan. Ya harus lah, daripada saya minta uang belanja naik karena harus langganan katering 😂😂😂.


Kebayakan masakan saya tuh tumisan alias oseng. Mulai dari sayuran sampai lauk pauk, bisanya ya cuma di oseng. 


Salah satu oseng andalan di rumah adalah Oseng Jantung Ayam. 


Tahu sendiri kan kalau jeroan jadi salah satu bahan masakan favorit orang Indonesia. Jeroan mulai dari ampela, hati, hingga jantung seringkali jadi bahan masakan orang Indonesia. Begitu juga saya dan keluarga. 


Baca Juga : Pizza Roti Ala Chacha


Terkadang menu jeroan jadi andalan. Seperti menu oseng jantung ayam ini. Selain lezat juga bergizi. Asalkan nggak sering-sering juga ya. Biar kada kolesterol tetap aman.


Baca Juga : Tiga Resep Memasak Mudah dan Praktis Saat Stay At Home 


Okey, ini dia resep oseng jantung ayam yang biasa saya masak di rumah. 


Resep Oseng Jantung Ayam

Resep Oseng Jantung Ayam

Bahan-bahan


⏺️ 250 gram jantung ayam, rebus atau goreng terlebih dahulu sebelum di olah. 

⏺️ 1 buah paprika hijau, iris tipis

⏺️ 4 siung bawang putih, geprek dan iris tipis

⏺️ 10 buah cabai rawit

⏺️ 1 sdt garam

⏺️ 1 sdt gula

⏺️ air secukupnya


Cara memasak : 

Resep Oseng Jantung Ayam


⏺️ tumis bawang putih sampai harum

⏺️ masukkan paprika, tumis hingga aromanya tercium

⏺️ masukkan cabai rawit, tumis sebentar

⏺️ masukkan jantung ayam, beri sedikit air

⏺️ masukkan gula garam, tunggu hingga air meresap

⏺️ sajikan


Waktu memasak : 15 menit


Kandungan gizi


Jantung ayam ini nggak hanya lezat. Tapi juga punya manfaat bagi kesehatan. Banyak sekali kandungan gizi dari jantung ayam ini.

Secara umum, dalam 3.5 ons jeroan ayam mengandung:

223 kalori

44 gram protein

4 gram lemak

3.2 mg zat besi

4.4 mg zinc

2.4 mikrogram vitamin B12

Selain itu, jeroan ayam juga mengandung vitamin C, vitamin A, riboflavin, niacin, selenium, fosforus, kalium, magnesium, tembaga, dan mangan.

Dari kandungan gizi tersebut, jeroan ayam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Asalkan dikonsumsi dalam batas wajar.

Manfaat jantung ayam adalah sumber yang bagus untuk protein berkualitas tinggi dan menyediakan semua asam lemak esensial yang akan diperlukan oleh berbagai macam fungsi tubuh.

Jantung ayam mengandung zat besi tinggi yang diperlukan untuk memproduksi hemoglobin yang akan mengantarkan oksigen ke seluruh darah dan zinc yang dapat meningkatkan sistem imunitas dan membantu penyembuhan luka sayat.


Baca Juga : Kue Srikaya, Hidangan Manis dan Enak untuk Berbuka


Nah gimana? mudah dan cepat bukan? Pas banget buat saya yang nggak bisa masak ini. 


Bagaimana dengan teman-teman? Mau recook resep ini kah? Atau mungkin mau share resep praktis andalan di rumah. 


Ditunggu ceritanya di kolom komentar, ya. 


Terima kasih.

15 komentar

  1. Warnanya kok gelap Dian? Nggak diberi kecap kah itu? Atau saus tiram? Kayanya enak banget ya. Jadi pengen coba.

    BalasHapus
  2. Ini pakai bwang putih saja ya Mba? Kalo saya bawang putih bawang merah, hihi, yg lainnya sama aja. Oh ya, masak jantung ayam ini aku biasanya sama hati sih. Kalo jantungnya aja, wuih pasti banyak ya yg harus dikumpulkan biar dapat sepiring

    BalasHapus
  3. Duh sedap banget kelihatannya Mbak. Praktis pula membuatnya. Baru mateng dimakan pakai nasi hangat, cress, langsung meleleh air liur saya. Ohya, jantung ayamnya gak perlu kasih garam saat direbus ya?

    BalasHapus
  4. Kalau disini orang jual jeroan sepaket mbak ati rempela jantung jadi kalau kami madak ya sepaket juga paling dimasak pakai kecap.

    Itu kalau dimakan pakai nasi anget pasti nambah deh yaa

    BalasHapus
  5. Wah jantung ayam enaaak ini masaknya juga praktis ya, eh tapi teteuuup bikin cucian ya mba. Hihiii. Aku belum pernah masak jantung, anak2 nggak gitu suka nih mba. Tapi bisa dicoba diginiin kali ya, siapa tau mereka suka^^ makasih resepnya mba

    BalasHapus
  6. Jantung ayam, tadi baca sekilas saya kira jantung pisang hihi. Dan sayang sekali saya pu kurang suka jeroan, jadi di rumah pun ikutan menyesuaikan selera yang masak deh haha :D

    BalasHapus
  7. Jaman mpo kecil. Alm mama suka bikin ini. Jeroan ayam (jantung dan paru) enak.

    BalasHapus
  8. Belum pernah nyoba bikin tumisan jantung ayam. Kalau hati ayam sama ampela malah sudah, dibumbu kecap pedas. Biasanya kalau jantung cuma digoreng garing aja, itu pun jarang kalau cuma beli jantungnya. Ternyata ditumis gini oke juga ya. Bumbu sederhana cocok buat BukNaj yang malas masak, haha. Thanks inspirasinya.

    BalasHapus
  9. oseng, ini masakan andalanku mbak. Tiap hari masak oseng, isinya aja yang beda. Tapi selama ini saya bikin oseng tuh isinya sayuran, belum pernah daging gitu. Oseng jantung ayam, bisa juga nih sesekali saya coba

    BalasHapus
  10. Kalauu masak tergantung mood hihihi. Tapi suka masak yg berbumbu & rempah gitu.
    Jantung ayam aku belum pernah masak mbak, nanti deh aku ikutin resepnya ya soalnya suamiku suma jantung ayam. Praktisnya bumbunya cuma ditumis aja

    BalasHapus
  11. Rajinnya, DK..
    Berasa jier akutu...jarang banget explore masak masakan. Suamiku jarang dirumah, kalo di rumah, dia seneng banget masak. Hahaha..antara seneng sama akunya ga kreatif, kalik yaah..

    Resep oseng jantung ayam memang lezat~

    BalasHapus
  12. Resepnya simpel nya ya, Mbak. Boleh dicoba nih kapan-kapan. Hehe. Makasih resepnya, Mbak Dee..
    Btw jantung ayam memang tinggi zat besi ya. Kadang orang konsumsi ini pas darah rendah.

    BalasHapus
  13. Aku takut makan jeroan mba, tapi ini jantung rasanya enak banget ya. Jadi pengen masakin buat suami heheh. Eh anak remaja juga kayaknya suka ini ya, resepnya mudah banget

    BalasHapus
  14. Uenaakk ikii.. Coba ditambahi jagung putren mba. Ada sensasi rasa jagung muda yang mantap ketika ditambahkan di aneka osengan. Sering cocok dengan berbagai bahan oseng kalau si putren itu.

    BalasHapus