Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Hadapi Tantangan Pengasuhan di Masa Pandemi bersama Popmama Parenting Academy 2021

POPAC 2021


Hampir 1,5 tahun pandemi COVID-19 melanda. Terus terang pandemi ini juga berdampak bagi kehidupan saya. Terutama dalam menjalani peran sebagai orang tua. Baik saya maupun suami merasa pengasuhan anak di masa pandemi ini menjadi lebih challenging. Sebagai orangtua kami harus banyak belajar lagi, mencari informasi yang relevan. Kami juga butuh dukungan dari sesama orang tua agar mampu menghadapi tantangan pengasuhan di masa pandemi. 

Tantangan Pengasuhan di Masa Pandemi

Pandemi membuat banyak perubahan dalam berbagai bidang. Termasuk dalam bidang pengasuhan, ya. Nyatanya mengasuh anak di masa pandemi itu tidak mudah. Banyak sekali tantangan yang harus kami hadapi. Apa sahabat deestories juga merasakannya? 

Kalau ditanya apa sih tantangan yang dirasakan dalam mengasuh anak di masa pandemi seperti ini, jawabannya sih : BANYAK!!

Tapi yang paling terasa sih ada tiga tantangan yang kami rasakan, yaitu : 

POPAC 2021

Pendidikan Anak di Masa Pandemi

Pendidikan anak di masa pandemi adalah tantangan pertama yang harus kami hadapi. Sebagaimana orang tua lainnya, anak-anak kami pun harus belajar dari rumah. 

Saat awal pandemi si sulung kelas 1 SD  semester dua. Si bungsu baru masuk TK. Memiliki dua anak yang harus belajar dari rumah tentu tidak mudah. Kami harus membagi perhatian agar bisa mendampingi mereka saat belajar daring. Pun juga harus menyediakan gawai untuk masing-masing anak. 

Kesehatan Anak di Masa Pandemi

Tentunya pandemi membuat kami lebih ekstra menjaga kesehatan anak. Kami tak ingin anak sakit di masa pandemi seperti ini. Apalagi sampai tertular virus COVID-19, jangan sampai!

Kebutuhan gizi anak menjadi hal yang penting selama pandemi. Nutrisi mereka harus tercukupi agar daya tahan tubuhnya kuat. Kami pun mengajarkan anak untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru. Mulai dari memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan sabun. 

Bekerja di Masa Pandemi

Pandemi membuat suami harus work form home. Sedangkan saya sebagai freelancer juga tetap melakukan pekerjaan lepas saya dari rumah. Mulai dari mengajar online hingga menulis. Semua saya lakukan dari rumah. 

Ini tentu tidak mudah. Kami harus membagi fokus dan konsentrasi. Kami tetap harus bekerja sekaligus menjadi fasilitator belajar anak-anak di rumah. 

Tak jarang anak-anak berisik saat suami sedang meeting. Atau menyela saya disaat saya sedang mengajar. Duh, ini sangat menguji kesabaran! 

Belajar Menjadi Orang Tua Hebat Bersama Popmama

POPAC 2021

Menjadi orang tua itu nggak ada sekolahnya. Padahal peran sebagai orang tua itu tidak mudah. Ini membuat orang tua harus selalu belajar. 

Itulah yang saya dan suami alami. Kami sadar, kami bukan orang tua yang sempurna. Tapi kami tak lelah untuk bisa menjadi orang tua hebat bagi kedua buah hati kami. 

Popmama menjadi teman belajar kami untuk bisa jadi orang tua hebat. Popmama adalah media online dari IDN Media yang dibuat khusus untuk orang tua millennial di Indonesia. 

Popmama menyediakan beragam informasi parenting yang worth-sharing. Informasi yang disajikan oleh Popmama bisa membantu para orang tua dalam menjalani tugas pengasuhannya. Misalnya, artikel "Tumbuh Kembang Anak saat Pandemi COVID-19, Bagaimana Pengaruhnya?" yang ada di Popmama bisa membantu kami dalam menghadapi tantangan pengasuhan anak di masa pandemi seperti yang sudah saya ceritakan diatas.

Popmama memiliki konten yang lengkap, mulai dari Pregnancy, Baby, Kid, Big Kid, Life dan yang terbaru ada kategori COVID-19. Semua ini tentu sangat membantu para orang tua dalam menjalani peran pengasuhannya. 

Kalau butuh bertanya pada ahlinya, Popmama akan membantu. Ya, di Popmama ini ada rubik khusus yang membantu para orang tua untuk bertanya pada ahlinya. Tanya Ahli, membantu para orang tua bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting. 

POPAC 2021

Popmama menyadari bahwa mengasuh anak itu adalah urusan bersama. Ini yang membuat adanya   Parenting Journey Community, sebagai bentuk parent support parents. 

Parenting Journey Community ini memungkinkan para orang tua saling berdiskusi seputar bayi, kehamilan, anak hingga kehidupan rumah tangga. Disini para orang tua tidak hanya bisa mendapat pengetahuan dan pengalaman saja, tapi juga punya banyak teman baru. Oh ya, Parenting Journey Community ini juga membuat para orang tua berkesempatan mendapatkan hadiah dari berbagai challenge yang diadakan. 

Hebatnya lagi, Popmama ini juga dilengakapi berbagai tools yang sangat membantu para orang tua milenial. Ada empat tools yang disediakan oleh Popmama, yaitu Due Date Calculator, Pregnancy  Weight Gain Calculator, Ovulation Calculator dan Baby Name Finder. 

POPAC 2021

Popmama Parenting Academy 2021 : Parents Support Parents

POPAC 2021

Popmama ini memiliki event tahunan yang bertajuk Popmama Parenting Academy (POPAC). POPAC ini menjadi one stop solution bagi orang tua millennial untuk mencari informasi, hiburan, pengalaman menjadi orang tua hingga berbelanja aneka kebutuhan bayi dan anak. 

POPAC ini sudah berlangsung sejak tahun 2018 lalu. Dan kini meski di masa pandemi, POPAC tetap ada. Oh ya, berikut ini adalah sekelumit cerita perjalanan POPAC.

Popmama Expo 2018 

POPAC 2021

Awalnya, POPAC ini adalah sebuah pameran yang bernama Popmama Expo 2018. Sesuai dengan namanya, acara yang berlangsung selama dua hari ini diisi dengan bazaar dan kompetisi untuk anak. 

POPAC 2019

POPAC 2021

Tahun 2019, POPAC resmi diluncurkan. Kali ini tak hanya bazaar dan kompetisi untuk anak saja, tetapi juga diisi dengan beragam talkshow dan workshop seputar parenting. Ada juga experiential area dan kids performance. POPAC 2019 digelar selama tiga hari. 

POPAC 2020

POPAC 2021

Pandemi COVID-19 membuat event POPAC 2020 digelar secara virtual. Popmama Parenting Academy 2020 digelar dari tanggal 28 September hingga 3 Oktober. 

POPAC 2020 berisi entertainment, meet the expert, online competition, product review, online bazaar dan community meet up. 

POPAC 2021

POPAC 2021

POPAC 2021 ini berbeda dengan sebelumnya. Tahun ini, acara Popmama Parenting Academy digelar selama sebulan penuh, mulai dari 1 Desember sampai dengan 31 Desember. Wah, kebayang bagaimana serunya! 

Apalagi, tema POPAC 2021 ini saya banget! Tema POPAC 2021 adalah Parents Support Parents. 

Tema "Parents Support Parents" ini sangat relevan dengan situasi pandemi seperti ini. Pandemi membawa banyak perubahan dalam kehidupan keluarga. 

Nyatanya, pandemi tidak hanya memberikan banyak tantangan pengasuhan seperti yang kami alami saja. Lebih dari itu, pandemi membuat banyak orang tua kehilangan pekerjaan akibat PHK. Belum lagi, banyak juga anak yang terpaksa menjadi yatim piatu karena nyawa orang tuanya terenggut oleh virus yang belum ada obatnya ini. 

Semua ini tentu harus dihadapi bersama. Para orang tua harus saling bantu. Dukungan sesama orang tua itu sangat berarti, khususnya di era pandemi seperti ini. 

Keseruan POPAC 2021

POPAC 2021 ini dipastikan akan seru dan menarik! Popmama telah meyiapkan banyak pengalaman baru yang seru bagi para orang tua. 

Popmama Little Star

Popmama Little Star ini menjadi ajang unjuk bakat anak. Popmama Little Star ini sudah ada pada POPAC sebelumnya. Disini anak-anak bisa menunjukkan bakatnya dalam bidang menari, menyanyi, akting, modelling, olahraga dan lain sebagainya. 

Cara mengikuti Popmama Little Star ini cukup mudah. Rekam anak saat menunjukkan bakatnya, kemudian upload ke Instagram. 

Berikut informasi lengkapnya. 

POPAC 2021

Lomba Blog 

POPAC memberi kesempatan bagi mama blogger untuk mengikuti Lomba Blog Popmama Parenting Academy 2021. Mama cukup membuat satu artikel, dan raih kesempatan mendapatkan hadiah jutaan rupiah. 

Informasi seputar lomba blog bisa dilihat dibawah ini. 

POPAC 2021

Kuliah WhatsApp, Webinar dan Content Series

POPAC 2021 ini juga masih memberikan kesempatan belajar parenting bagi para orang tua. Kali ini media belajarnya lebih variatif, mulai dari kuliah WhatsApp, webinar, IG Live hingga content series. 

Materi POPAC 2021 ini ada empat pilar, yaitu Heath, Edukasi, Child Abuse dan Finansial. Dimana semuanya adalah topik-topik penting dalam perjalanan pengasuhan orang tua millennial saat ini. 

Oh ya, ini ada contoh content series yang sudah diluncurkan menjelang POPAC 2021. 

POPAC 2021

Community Awards

Popmama sangat mengerti bahwa di luar sana banyak sekali komunitas yang membantu mengedukasi serta menyebar dampak positif di masyarakat. Community Awards ini menjadi ajang apresiasi atas kegiatan komunitas-komunitas di masyarakat.

Ada dua kategori pada Community Awards POPAC 2021 ini, yaitu educative community dan supportive community. Pemenangnya akan mendapat hadiah bantuan operasional sebesar Rp. 5.000.000 untuk masing-masing kategori. 

Selengkapnya bisa dilihat di bawah ini, ya. 

POPAC 2021

Popmama Guidence Book for Pandemic Generation

Nampaknya keresahan keluarga kami juga diperhatikan oleh Popmama Parenting Academy 2021 ini. POPAC 2021 memahami bahwa pengasuhan anak di masa pandemi tentu sangat berbeda. 

Anak-anak yang tumbuh di masa pandemi ini tentu menjadi anak-anak yang spesial. Dimana mereka butuh distimulasi secara khusus. Agar tetap optimal tumbuh kembanya, meski geraknya dibatasi oleh pandemi. 

Popmama Guidence Book for Pandemic Generation ini menjadi pedoman bagi orang tua dalam mengasuh anak di masa pandemi seperti ini. E-book ini nantinya bisa diunduh secara gratis di popmama.com. 

Konten dari e-book ini tidak diragukan lagi. Isinya disusun berdasarkan pengalaman anggota komunitas WAG Popmama. Juga dari hasil penelitian yang melibatkan beberapa ahli, seperti psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, M.Psi dari Tiga Generasi dan psikolog Rosdiana Setyaningrum, M.Psi, MHP.Ed, peneliti dari Puskapa Universitas Indonesia Ni Luh Putu Maitra Agastya, dokter spesialis anak dari RSPI Puri Indah dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A, dan penasihat keuangan dari Finansialku Rista Zwestika S.Sos AWP CFP.

Wah, pastinya e-book ini sangat ditunggu-tunggu. Pastinya banyak orang tua yang membutuhkan panduan bagaimana mengasuh anak di masa pandemi seperti ini. 

Bersama Bantu Anak Yatim/Piatu Akibat COVID-19

POPAC 2021

POPAC 2021 ini juga diisi dengan acara charity. Sebagaimana yang kita tahu, pandemi COVID-19 membuat banyak anak menjadi yatim/piatu karena kehilangan orang tuanya. Dilansir dari unicef.org, terhitung sejak pandemi ada, 25.430 anak-anak di Indonesia kehilangan salah satu atau kedua orangtua mereka akibat Covid-19.

Ini menjadi perhatian Popmama. Popmama menyadari bahwa anak-anak korban pandemi adalah generasi penerus bangsa, wajib dijaga kelangsungan masa depannya. 

POPAC 2021 ini, digelar penggalangan dana bagi anak-anak yang harus kehilangan orangtuanya akibat Covid-19. Sahabat deestories bisa ikut mengirimkan bantuan melalui platform Kitabisa.com dan akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan.

Seperti tema POPAC 2021, Parents Support Parents. Yuk, saling bantu dengan melakukan donasi di link ini: https://kitabisa.com/campaign/popmamabantuyatimcovid. 

Penggalangan dana ini dilakukan sebulan penuh. Selama berlangsungnya POPAC 2021. 

Bazaar

Bazaar masih akan memeriahkan Popmama Parenting Academy 2021 ini. Semua kebutuhan anak dan keluarga akan bisa didapatkan dengan harga yang menarik, karena banyak brand yang memberikan potongan barga. Asyik...

Penutup

Semua pasti setuju bahwa mengasuh anak saat pandemi memiliki banyak tantangan. Oleh karena itu, kebersamaan adalah kunci. Aksi parents support parents sangat dibutuhkan. Melalui Popmama Parenting Academy 2021 ini, para orang tua bisa saling dukung dengan cara yang mudah dan menyenangkan. 

Saya sudah tidak sabar menantikan  POPAC 2021 ini. Bagaimana dengan sahabat deestories lainnya? Adakah yang juga sudah sangat menunggu POPAC 2021 ini? Atau mungkin mau berbagi keseruan pengalaman mengikuti POPAC di tahun yang lalu? Boleh diceritakan di kolom komentar, ya. 




53 komentar

  1. yes setuju banget untuk setiap orangtua saling mendukung satu sama lain bukannya menjatuhkan apalagi membandingkan ya..

    BalasHapus
  2. Memang jadi ortu jaman now tuh semakin challenging yaaa
    Tantangannya banyaaakkk :)
    Acara semacam ini membuat ortu tambah wawasan.
    Keren banget!

    BalasHapus
  3. Baru tau Popmama sekeren dan selengkap itu, ada terobosan Due Date Calculator, Pregnancy Weight Gain Calculator, Ovulation Calculator, Baby Name Finder, Popmama Parenting Academy dll

    kirain hanya sekadar media tentang parenting

    sangat bermanfaat ya?

    BalasHapus
  4. Aku tuh tahunya popmama karena artikel-artikelnya. Ternyata ada semacam award tahunannya juga ya. Keren banaget deh. Ikutan yukk...

    BalasHapus
  5. Iya bener mba. Pengasuhan anak di masa pandemi ini bnyak banget. Serasa bertambah gitu ya. Termasuk soal pendidikan anak. Banyak aku baca curhatan orang tua yang stres ngajarin anaknya di rumah. Kasian aku jadinya. Allhamdulillab sekarang ada banyak media untuk belajar parenting ya mba termasuk belajar dari Popmama

    BalasHapus
  6. Wah, asyik banget. Popmama Parenting Academy hadir lagi. Aku pengen ikutan juga ah, soalnya bakal banyak dapat ilmu dari sini.

    BalasHapus
  7. Paling sulit bondong sama anak. Palagi seiring usianya dan usia mamanya bertambah makin beda lagi pendekatannya. Ditambah situasi pandemi pula bikin tambah Deket sm hp, hikss...
    Keren ini popmama academy. Banyak ilmu pastinya nih

    BalasHapus
  8. tantangan ortu masa pandemi dalam ngasuh anak bener2 menguras emosi, harus pintar ngatur waktu anatara kerjaan sendiri wfh tapi juga mengawasi anak-ank belajar dirumah. penting mengikuti popmama parenting untuk menambah wawasan dan nambah ilmu parenting lainnya.

    BalasHapus
  9. Bener banget Mbak Dee. Menjadi orang tua itu tidak ada sekolahnya. Dan belajarnya juga seumur hidup. Selama anak-anak masih menjadi tanggung jawab kita. Jadi kehadiran POP MAMA tentunya akan sangat membantu kita. Kaya informasi dan mampu memberikan insight yang terkadang tidak terpikirkan atau mampu kita pikirkan.

    BalasHapus
  10. Jadi tahun kedua yang diadakan secara virtual ya kak. Namun begitu, tak akan mengubah esensinya, karena pasti bermanfaat buat para mama

    BalasHapus
  11. Anak kembarku yg umurnya 2 tahun, SAH, itu mereka anak pandemi banget. Hehehe. Soalnya dua tahun nyaris di rumah aja. Beda sama kakaknya yg pas seumuran mereka umur segitu udah melanglang buana kemana2, soalnya emaknya doyan traveling.

    Tentu saja parenting orang tua yang punya anak kelahiran 2019-2021 ini khusus juga ya. Soalnya 3 tahun pertama itu adalah masa keemasan anak. Banyak ilmu yang bisa kita dapatkan dari bacaan2 berkualitas di Popmama.

    BalasHapus
  12. Parenting di masa pandemi jadi tantangan bagi orangtua. Perlu bekal bagi orangtua untuk menghadapi tantangan itu. Salah satunya ikut Popmama Academy Parenting 2021

    BalasHapus
  13. Mantap Popmama dalam memberikan update pengetahuan keluarga dan pengasuhan anak di rumah. Beragam khasanah pengetahuan pengasuhan didapatkan disini

    BalasHapus
  14. POPAC 2021, Parents Support Parents..keren banget sih, penting ini, mengingat situasi pandemi ini tentu harus dihadapi bersama. Kita orang tua harus saling bantu karena dukungan sesama orang tua itu sangat berarti, khususnya di era pandemi saat ini.

    BalasHapus
  15. Papmama parenting academy 2021 jempolan banget memberikan support pada kedua orang tua, apalagi pada situasi pandemi seperti sekarang ini. Dalam keluarga harus saling support satu sama lain agar pengasuhan tidak terimbas.

    BalasHapus
  16. Popmama Parenting Academy 2021 ini cukup menarik, bukan hanya sebagai tempat belajar juga mendapat segala informasi juga peran serta sebagai orang tua. YangkYang bisa diakses kapanpun dan dimanapun

    BalasHapus
  17. POPAC 2021 ini penting banget pastinya diikuti oleh parents yang sudah punya momongan. Karena banyak banget ilmu parenting dari para ahli. Tahun lalu saya juga mencoba ikutan POPAC ini, alhamdulillah ilmu parenting makin nambah.

    BalasHapus
  18. aplikasi yang keren banget, ga cuma memberi informasi searah, tapi juga menerima feedback dari pembacanya.

    BalasHapus
  19. beruntunglah ya, di masa sulit masih ada saja orang2 kreatif yang terus berupaya melahirkan hal2 yang bermanfaat. termasuk popmama ini. pasti banyak orang tua yang sangat terbantu.

    BalasHapus
  20. keren banget Popmama, semula saya pikir hanya media berisi artikel lho

    ternyata kiprahnya banyak banget, bermanfaat untuk banyak keluarga

    BalasHapus
  21. Senang banget dapat banyak ilmu ya dari Popmama, apalagi emak mesti waras deh selama pandemi ini. Anak di rumah emak ikutan belajar daring hehehe

    BalasHapus
  22. Seneng banget kalau ada event virtual seperti ini. Kesempatan ikut lebih besar. Pendaftaran masih dibuka ya?

    BalasHapus
  23. Konten lengkap Popmama beneran bisa menjadi teman belajar untuk kita bisa jadi orang tua hebat ya. Lengkap sekali temanya. Popmama memang pas untuk orang tua millennial di Indonesia.

    BalasHapus
  24. Beruntung sekali karena meski pandemi, semua bisa diakses secara online. Dan sangat bermanfaat karena tema POPAC 2021 sangat relate dengan kehidupan kita saat ini, yakni Tema "Parents Support Parents".

    Bahkan ada bermacam-macam lomba.
    Semoga memunculkan banyak ide segar para orangtua dan ananda selama di rumah aja.

    BalasHapus
  25. Iya nih di masa pandemi pergaulan anak dan aktivitas anak tu beda gak kyk kita dulu ya makanya nih ortu perlu belajar lg ttg parenting beradaptasi dengan kondisi yang ada. Popmama Parenting Academy nih kyknya menarik ya acaranya padat bergizi jd pengen ikutan.

    BalasHapus
  26. Mau ikutan POPAC 2021 ah. Tahun lalu Aku nyimak beberapa kelasnya. Topiknya menarik, sesuai buat anakku yang masih bayi. Trus Ada playdate seru juga

    BalasHapus
  27. Wah banyak banget yaa rangkaian acara buat popmama parenting Academy ini dan bagus-bagus semua. Ibu-ibu nggak boleh ketinggalan nih acaranya

    BalasHapus
  28. banjir informasi yang makin ga karuan harus dihadang sama sumber info yang valid kayak popmama ini ya mba de.. biar pengasuhan tepat dan terkendali jga

    BalasHapus
  29. POp Mama tahu banget kalau memang urusan pengasuhan ini adalah urusan atau tugas bersama. Bukan hanya salah satu saja. Aku kayaknya harus perbanyak baca artikel di Pop Mama jadi biar banyak juga informasi yang aku peroleh

    BalasHapus
  30. Iya nih, menjalankan peran orang tua di masa pandemi ini sangat menantang. Penatnya luar biasa, kepala rasa mau meledak. Kalau nggak ketemu support system yang baik pasti bakal berat banget. Untung ada PopMama ya. Bisa berkel;uh kesa dan dapat insight menarik juga

    BalasHapus
  31. Popmama Parenting Academy 2021 digelar sebulan penuh selama Desember. Wih asyik nih banyak acara seru dan bermanfaat, nambah pengetahuan soal pengasuhan juga

    BalasHapus
  32. Menjadi orang tua itu memang harus banyak belajar ya, belajar tanpa henti demi anak. Apalagi pandemi, dan orang tua wfh itu tantangan luar biasa. Untung sekarang anak mulai offline. Tapi dengan PopMama, orang tua tetap bisa belajar bila membutuhkan materi tentang parenting.

    BalasHapus
  33. Ada bagusnya ya, tahun ini POPAC berlangsung daring jadinya banyak yang bisa ikut dan dari seluruh pelosok Indonesia.

    BalasHapus
  34. Wah acaranya POPAC 2021 banyak sekali ya mbak. Aku tertarik beberapa lomba nya nih. Sama yang untuk komunitas mau kukasih tahu temenku ah. Selamat ya Popmama udah makin jaya

    BalasHapus
  35. Jadi pengen ikutan POPAC 2021 nih. Kayaknya seru banget. Selain itu acaranya diadakan secara online. Jadi gak perlu repot banget nih.

    Popmama ini makin sukses aja. Bagus-bagus juga artikelnya..

    BalasHapus
  36. Acara pop mama ini keren banget ga. Lengkap banget. Bahkan ada lomba blognya pula. Jadi ga sabar pengen kepoin acara pop mama ini

    BalasHapus
  37. Wahhh Popmama isinya lengkap ternyata, kukira hanya artikel parenting. Sudah saatnya para mama saling suport ya mbak, apalagi sudah ada materi super lengkap di PopMama. Calon mama juga mesti belajar dari sini. SEmoga banyak yang ikut lombanya, aku bagian suport aja karena udah nggak ada anak kecil, udah beda jauh sih

    BalasHapus
  38. Enggak kebayang gimana ribetnya mendampingi 3 ajak sekolah online akun yg baru satu aja ribet Mak, tantangan bgt maju pandemi ini. Udah sekolah online, eh mainnya juga online...

    BalasHapus
  39. Wah ada lomba blognya. Pengen ikutan ah. Kebetulan banyak nih draft artikrl parenting punyaku

    BalasHapus
  40. kren ya kegiatan popmama ini, bisa juga saling support antar mama

    Btw selama pandmei yah hampir saalah masalah pengasuhan kita, beban ortu juga bertambah karena juga harus ajdi guru di rumah, hehehe

    BalasHapus
  41. lengkap banget ya mba untuk popmama ini jadi makin mudah kalau mau belajar parenting

    BalasHapus
  42. wah ada ajang POPAC begini jadi bisa support ortu banget ya. Semoga POPMama makin inovatif kedepannya ya dan terus membantu para ortu dalam segala hal

    BalasHapus
  43. bagus sekali program POPAC untuk upgrae kemampuan para mama, yang bisa dilakukan secara daring di rumah. Sebagai multitasker para mama bisa menambah ilmu dengan maksimal

    BalasHapus
  44. aku ngikutin banget nih perjalanan pop mama dan pernah ikut lomba blognya juga tapi belum beruntung. makin kesini makin sukses dan program supporting mama nya makin keren ya

    BalasHapus
  45. Asyik juga ni, ada e-book gratisnya juga. Tinggal hitungan hari ya acaranya. Pengen ikutan yang webinar sama kulwapnya deh kayaknya.

    BalasHapus
  46. Salah satu yang keren dari PopMama ini adalah ajang unjuk bakat bagi anak-anak terutama di bidang seni. Saya selalu senang, jikalau anak-anak bisa mengeksplorasi bakat seninya seperti modeling, nyanyi, akting, dan lainnya.

    BalasHapus
  47. Sekarang zamannya semua dipermudah ya mbak, termasuk untuk urusan belajar tentang parenting. Bisa belajar di Popmama

    BalasHapus
  48. Gak pernah ada kata terlambat untuk belajar mengenai parenting. Jadi kayaknya aku akan coba uka di popmama. Punya anak mulai remaja, kudu banyak baca2 cari ilmu parenting ni.

    BalasHapus
  49. Semoga makin banyak yang ikutan orang tua milenial dan merasakan manfaat dan paling penting diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari

    BalasHapus
  50. Ini nih acara yang ditunggu para mama di Indonesia. Banyak edukasi parenting dan banyak kompetisi berhadiah

    BalasHapus
  51. Bagus ya ada wadah buat para Mama mellenial melalui acara popmama parenting aacademy. Jadi bukan hanya mama aja yang bisa dapet ilmu, papa, dan juga anak2pun dapet

    BalasHapus
  52. wah pop mama parenting academy ini bisa jadi bekal parenting yaa apalagi di masa pandemi gini, yang para orang tua mesti harus ekstra kasih pendampingan apalagi buat anak-anaknya yang udh pada sekolah

    BalasHapus
  53. Betul betul one stop solution dalam parenting ya popmama academy ini. aku sering baca baca artikel di popmama, juga tak jarang ikut webinarnya. kayaknya grup Wwhatsapp nya juga ada ya

    BalasHapus