Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Belajar Budaya Korea di Korean Corner, Seru dan Menyenangkan!

 

Korean Corner Surabaya

Korean Corner menjadi tujuan saya beberapa hari lalu. Sambil menunggu anak selesai sekolah, saya berkunjung ke Korean Corner yang terletak di Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya. 

Sejarah Korean Corner

Sebenarnya sudah lama saya tertarik menulis tentang Korean Corner ini. Hanya saja, saat itu belum punya banyak informasi yang mendukung. Beruntung saat kembali lagi kesana, saya bisa bertemu dengan Mbak Kiki, selaku PIC Korean Corner. Mbak Kiki bercerita banyak hal tentang Korean Corner ini.

Korean Corner Surabaya


Korean Corner ini mulai dibangun sejak tahun 2015. Namun, baru aktif beroperasi pada awal tahun 2016. Ini karena pada saat itu budaya Korean Wave atau Hallyu sudah mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia. Pemerintah Surabaya memanfaatkan momentum ini untuk turut serta mengenalkan budaya Korea kepada warga Surabaya. 

Pembangunan Korean Corner ini berasal dari danah hibah KCCI (KOREAN Cultural Center Indonesia). Namun, pada pengoperasian selanjutnya dibiayai oleh pemerintah kota Surabaya. 

Ada Apa Saja di Korean Corner 

Korean Corner Surabaya

Di Korean Corner ini ada beragam benda-benda hasil kebudayaan Korea. Mulai dari baju khas Korea atau yang disebut Hanbok, beragam karya sastra Korea versi cetak maupun audiovisual.

Korean Corner Surabaya

Korean Corner yang terletak di sudut Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya ini memang tidak begitu luas. Tetapi bisa membuat pengunjung nyaman menghabiskan waktu di sini. 

Ada karpet empuk tempat pengunjung bisa duduk bersantai sambil membaca buku. Ada juga televisi dan CD yang bisa memutar drama, film, ataupun konser para idol K-Pop. 

Korean Corner Surabaya


Di Korean Corner ini terdapat banyak buku-buku yang berasal dari Korea. Baik yang masih berbahasa asli maupun yang sudah diterjemahkan. 

Korean Corner Surabaya


Buku-bukunya pun bermacam-macam. Ada novel, komik sains, biografi hingga naskah drama Korea. 

Korean Corner Surabaya


Tak hanya buku, ada juga CD yang bisa ditonton. Ada CD drama Korea, film Korea, hingga konser para idol K-Pop. 

Kegiatan di Korean Corner

Di Korean Corner ini pengunjung tidak hanya bisa membaca ataupun menikmati konten audiovisual saja. Tetapi juga bisa belajar bahasa Korea, lho. 

Korean Corner menjadi tempat bahasa Korea tingkat dasar atau setara dengan tingkat SD. Kalau level lanjutan, bisa belajar di Rumah Bahasa yang juga terletak satu kompleks dengan Perpustakaan Balai Pemuda. 

Baca Juga : Asyiknya Liburan ke Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya

Di sini juga sesekali digelar acara nonton bareng (nobar). Mulai dari nobar film Korea hingga variety show, Running Man contohnya. 

Korean Corner juga mengadakan kelas literasi virtual bagi sekolah-sekolah yang ada di Surabaya. Sekolah-sekolah di Surabaya didatangi untuk menggelar kelas bahasa Korea. Semua layanan di Korean Corner ini bisa diakses secara gratis. 

Belajar Budaya Korea di Korean Corner, Seru dan Menyenangkan!

Bisa dibilang, Korean Corner adalah salah satu  tempat belajar budaya Korea di Surabaya. Di Korean Corner, belajar budaya Korea menjadi lebih seru dan menyenangkan. 

Baca Juga : Alun-Alun Surabaya, Destinasi Wisata Baru Surabaya

Korean Corner juga menjadi salah satu destinasi traveling wajib dikunjungi saat ke Surabaya. Oh ya, tips traveling saat datang ke Korean Corner adalah siapkan Smartphone yang mumpuni ya. Tak hanya untuk berburu konten Lifestyle dan Traveling saja, tapi juga untuk mengisi buku tamu. Sebab, buku tamunya berbentuk digital, dengan scan barcode dan mengisi formulir. 

Gimana? Tertarik datang ke Korean Corner? 

66 komentar

  1. Aku pernah main ke alun2 dan eks Balai Pemudaaa, tp kyknya waktu itu kepagian kali...jadi korean corner nya masih tutuuupppp

    Pan kapan mau lahh k sini juga.

    Makasiii rekom nya mbaaaa

    BalasHapus
  2. Waaa kereeen. Jaman saya kuliah dulu adanya American Corner di UNAIR dan ITS kalo ga salah. Pas itu emang belum musiknya Hallyu. Balai Pemuda emang jos. Btw, ini sekarang yang jadi alun-alun bawah tanah itu kan Mba? saya udah pindah Malang jadi ngga tau perubahan Surabaya lagi. Sediiiiih. Aku tinggalin pas maju-majunya huaaaaaa

    BalasHapus
  3. Bisa dijamin aku ditaro sini ga keluar keluar lagi ini, tenggelam bersama para komik dan novel Korea yang gambarnya cantik cantik

    sayang ya aku ga bisa bahasa Korea, pengen deh baca!

    BalasHapus
    Balasan
    1. enaknya yang bisa praktek bahasa Korea sekalian menambah wawasan ilmu yaa mbak Dee. Di Jakarta adanya Japan Foundation dan aku beberapa kali ke situ minjam buku bukunya

      seru banyak gambar bagus - sayang ga bisa "baca"

      Hapus
  4. Keren banget nih di perpustakaan saj ada Korean Corner nya. Bisa nambah wawasan terkait dunia per korea an ya... Makin betah aja dong dan jadi sering ke sana, hehehe...

    BalasHapus
  5. Korean Corner ini bakal jadi tempat bertemu dan kumpul para pencinta budaya Korea ya Dee. Aku juga suka dengan banyak hal tentang Korea, tapi belum pernah datang ke tempat kayak Korean Corner ini.

    BalasHapus
  6. Bandung juga pernah ngebagun area Korean, sayangnya dikritik
    Waktu itu masih Kang Emil walikotanya
    Alasan mereka yang gak suka, budaya Korean bakal mengkontaminasi

    BalasHapus
  7. Wah penggemar drakor atau musik korea pasti suka nih . Kalau di dekat tempat sy baru ada resto ala korea dan boleh foto2 pake baju korea heheheh

    BalasHapus
  8. bagus banget ada corner sendiri untuk belajar budaya negara lain seperti korea . Korea udah merebak di seluruh penjuru negri lewat drama korea nya yg berseliweran dimana-mana

    BalasHapus
  9. Seru banget ya ada Korean Korner begini di Surabaya. Emang Korean vibes ini lagi mendunia. Dari makanan khas Korea, pakaiannya termasuk budayanya juga banyak penggemarnya termasuk di Indonesia.

    BalasHapus
  10. Korean korner, waah tempat yg menarik yaa mba, Belajar budaya negeri lain, bukan berarti nggak cinta dalam negeri sih tapi bisa ambil sisi positifnya dari sana yakaan. Oppaaaaa....
    ke sini siapin hp yaaa noted

    BalasHapus
  11. Sudah lama belum ke kota Pahlawan, makin lama menjadi kota Metropolitan. Korean corner di Surabaya sepertinya perlu dikunjungi jika ada kesempatan.

    BalasHapus
  12. wah kalo ke surabaya kayanya aku wajib coba kesini deh, gemes amat ada korean corner gini, bisa belajar bahasa korea pula yaaa

    BalasHapus
  13. Asik banget ini ada Korean Corner.
    Jadinya bisa berkumpul bareng teman-teman sefrekuensi dan makin mengenal lagi budaya Korea ya

    BalasHapus
  14. Wah menarik banget ini. Nggak ada salahnya mempelajari budaya bangsa lain, apalagi sekarang ini Korea lagi ngehits ya. Sangat menarik membaca budayanya dan sekarang udah bisa liat langsung kayak hanbok di situ ya mbak. Tertarik pengin ke situ kalau singgah ke Surabaya.

    BalasHapus
  15. Saya tuh paling suka mampir ke Perpus kalau mengunjungi suatu kota mbak. Makasih nih infonya, semoga ada kesempatan berkunjung ke Surabaya

    BalasHapus
  16. Kalo di kotaku, Korean Corner adanya di salah satu PTN. Aku lupa ada di fakultas apa dan belum pernah sama sekali berkunjung ke situ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di ULM yah Mba? Aku pernah ke sana, tapi bukan di Fakultas mana gitu, memang punya gedung sendiri, tempat penelitian ilmuwan Korea gitu rasanya

      Hapus
  17. Doh. Telat bacanya nih. Soalnya kemarin aku ke Surabaya. Harusnya bisa sekalian mampir ke sini buat belajar budaya Korea. Mana geratis pula...

    BalasHapus
  18. uwaaaah aku tertariiiiik
    meski bukan penyuka korea, tapi belajar tentang negeri lain di sebuah tempat itu menyenangkan

    jadi penasaran. korean corner di solo, ada atau tidak ya?

    BalasHapus
  19. Wahlama ga ke Surabaya ternyata ada yang menarik di Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya. Pastinya makin senang berkunjung ke perpustakaan kalau ada Korean Corner. Pinter cara menarik pengunjungnya.

    BalasHapus
  20. Rasanya pengen langsung meluncur ke Surabaya dan datang ke Korean corner nih. Wkwkwk. Budaya Korea memang punya magnet tersendiri ya buat dipelajari. Unik dan pengen tahu.

    BalasHapus
  21. Ooh di Surabaya, aku pikir di Jakarta. Asyik juga ya ada Korean Corner, jadi bisa belajar banyak budaya korea. Apalagi kalau bisa foto-foto setting Korea, hehe.. maunya sih buat eksis sekalian di instagram. Buat yang sekalian belajar bahasa Korea di Surabaya bisa banget kesini ya.

    BalasHapus
  22. Keseruan berwisata ke Korean Corner Surabaya bisa menjadi pengalaman baru dan mungkin bisa jadi menambah motivasi baru juga terkait Korea yaa.. Karena ketemu banyak buku dan hal-hal terkait Korea.

    BalasHapus
  23. Korean corner seruuu banget, cocok bagi yang tergila gila dengan smua yang berbau korea.

    Bener2 si owner memanfaatkan peluang dimana kebanyakan masyarakat kita tergila gila dengan korea apalagi opa2nya 😀

    BalasHapus
  24. Korean Corner ini bikin saya makin pengen segera ke Surabaya
    Semoga secepatnya bisa dan belajar bahasa Korea dari sudut itu saja karena bujet masih belum cukup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dimanfaatkan ya, kak Amma..
      Belajar bisa dari mana saja...termasuk dengan datang dan nongki di Korean Corner Surabaya.

      Hapus
  25. Ekspansinya keren banget ya, sampai dibuatkan Korean Corner. Jadi ngarep ada corner-corner lainnya juga, karena bantu anak/remaja untuk dapat "experience" dari sesuatu yang sangat disukainya.

    BalasHapus
  26. Wah senangnya di Surabaya ada Korean Corner, apalagi banyak hal menarik yang bisa dopelajari tentang Korea selain kulinernya yang khas. Mudah-mudahan di Tangerang nanti ada Korean Corner juga sebagai tempat belajar tentang budaya dan kehidupan masyarakat Korea, selama ini hanya tahu dari Drama Korea aja.

    BalasHapus
  27. Kalau pas ke Surabaya, mau ah mampir ke Korean Corner ini, pasti seru dan bisa belajar banyak hal ya.

    BalasHapus
  28. Kok keren banget sih ada Korean corner begini di Surabaya? Bikin pengen dateng deh! Seru yaa bisa belajar bareng2 dong kalau kayak gini

    BalasHapus
  29. Wow, menarik sekali. Saya paling suka belajar culture. Dari negara manapun deh, pokoknya buatku seru aja mengutak-atik budaya sebuah daerah, negara, juga peradaban dunia. Apalagi ini negaranya Ahjussi Gong Yoo, heuheu, makin menarik dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalo demen drakor ya. Aku meski nggak addict banget dengan drakor tapi yang namanya Korean Corner tentu menarik hati.

      Hapus
  30. Korean Corner pasti menjadi destinasi wajib dikunjungi buat para penggemar budaya Korea ya ka. Apalagi isinya komplit dan masuknya gratis. Kalau dekat sih pasti cuss buat nambah wawasan karena aku suka bgt sejarah dan budaya.

    BalasHapus
  31. Wahhh seru banget nih bisa belajar segala hal tentang korea, wah apakah aku bisa berkesempatan bertemua dengan bias ku disini aaaa. Andaikan saja :D

    BalasHapus
  32. seruuu banget ya Mbak, jadi bisa belajar banyak hal tentang Korea di pojok khusus yang ada di Perpustakaan ini ya. Pasti pecinta Korea happy banget deh kalau main kemari :)

    BalasHapus
  33. Wah Balai Pemuda ada Korean Corner-nya? Udah cukup lama yaa padahal 7 tahun aku baru tau haha
    Moga kalau mudik jg bisa mampir ke sana.
    Btw kalau belajar di Rumah Bahasanya itu kyk les2an berbayar gitu kah?

    BalasHapus
  34. Penyuka Korea bisa main-main ke sini yaa, pasti bahagia banget deh, apalagi bisa bertemu banyak teman yang juga sesama penyuka korea

    BalasHapus
  35. Barusan baca di awal aku penasaran Korean Cprner adanya di mana ternyata di Surabayta toh. Seru juga ya jadi bisa nelajar lebih dekat tentang budaya Korea di sana, ada perpustakaannya juga

    BalasHapus
  36. Wow menarik banget Korean Corner ini. Ternyata segala macam tentang Korea bisa dipelajari di sana. Para penyuka Korea bisa betah berhari-hari di sana pastinya ya.

    BalasHapus
  37. masyaallah kece banget si ada Korean corner, aku yakin corner ini pasti jadi tempat favorit para abege deh. semoga jdi penyemangat untuk belajar sejarah, budaya dan bahasa KOrea ya

    BalasHapus
  38. Soerabadja is the best. Pecinta korea wajib banget nih main ke sini. Apalagi kalau boleh pakai hanbok. Pasti makin betah karena bisa foto ala-ala

    BalasHapus
  39. Nggak cuma dramanya yang keren, Korea kaya akan budaya ya. Bagus juga nih ada Korean Corner jadi bisa lebih mengenal Korea secara lebih mendalam..

    BalasHapus
  40. Wah wah, asyik nih bisa eksplor Korean Corner Surabaya. Pastinya nih, jadi bisa belajar Bahasa Korea lebih dari sekaradar di drakor ya. Jadi kepengen deh belajar Bahasa Korea serius. :D

    BalasHapus
  41. Andaikan juga ada jastip menchant Korea di Korean Corner Surabaya yaa..
    Hehehe...soalnya lucu-lucu tuh merchant dari Korea kan yaa..

    BalasHapus
  42. Wah, asiknya ini buat pecinta Korea bisa mojok sambil baca2 dan belajar bahasanya pula, bisa jadi tongkrongan anak2 muda ini. Moga next kalo pas ke Sby bisa mampir .

    BalasHapus
  43. Sebagai pecinta drama korea, sepertinya saya juga akan betah deh main main di Korean Corner Surabaya ini. Dulu kalau pas ada eksibisi di kampus, saya selalu nengokin stand budaya budaya dari Korea dan Jepang. Jujur, buat saya dua budaya ini sangat menarik dan bikin penasaran untuk digali lebih dalam.

    BalasHapus
  44. Komplit ya mba Korean Corner seru juga malah bisa belajar bahasa Korea juga disana jadi kalau suatu saat ke Korea nggak kagok banget ya mbak

    BalasHapus
  45. Korean cornernya lucuu banget, yang membuatnya kreatif banget. Pas ya banyak masyarakat Indonesia yg lagi demam korea.

    BalasHapus
  46. Bisa jadi sudut favorit yang sekaligus mengandung kenang kenangan nih kalau berkesempatan ke sana
    Korean Corner ini bisa jadi spot foto menarik juga kan ya?

    BalasHapus
  47. Seru nih..sedikit banyak, para pengunjung jadi bisa belajar terkait budaya Korea sana di Korean Corner Surabaya. Ada pakaian khasnya, serta banyak bahan bacaan pula yaa..

    BalasHapus
  48. keren banget perpustakaannya mbak, mantap ya ada Korea Corner di Perpustakaan daerah, jadi pada senangdatang ke perpustakaan ya karena di sana banyak aktifitasnya

    BalasHapus
  49. Mudah2an nti klo dah bljar tentang Segala Hal Korea bisa kesana mba bljar lansung dan ekplorrrstmua ttg Korea

    Jadi ke Korean Corner Juga nti pas ke Surabaya

    BalasHapus
  50. Kalau novelnya apa boleh dipinjam juga? Secara di perpustakaan gitu kan? Asyik lagi nih kalau ada komunitasnya yang sering ngumpul di Korean Corner ya..

    BalasHapus
  51. Wah meski kelihatannya tempatnya kecil, tapi jangkauannya cukup luas ya, Mbak. Dari isinya sampai kegiatan2 yang diadakan. Recommended tentunya ya khususnya buat para penggemar budaya Korea.

    BalasHapus
  52. Wah seru banget ada Korean Corner di Surabaya. Jadi penasaran, apa nanti bakal ada begini ya di Bogor. Pengen deh ada pusat-pusat kebudayaan yang tersebar di berbagai kota di Indonesia

    BalasHapus
  53. wajib masuk list kalau ke Surabaya nih, Korean lovers mah wajib banget mampir, hehehe.
    kepo pengen belajar bahasa Korea, heheh

    BalasHapus
  54. Korean Corner ini cocok banget jadi tempat berkumpul bagi pecinta Korea seperti drama korea dan kpop. Pasti banyak remaja yang main ke sana yah?

    BalasHapus
  55. Ada ya Korean Corner di Surabaya. Buat pecinta Korea, wajib deh berkunjung kalau lagi di sana. Minimal belajar dulu ya sebelum betulan pergi ke Korea Selatan

    BalasHapus
  56. Wah seru banget ada Korean Korner😍jadi pengen kesana juga, setidaknya klo belum bisa ke Korea yah kesini dulu spy feelnya dapat😍seru banget nih bagi pecinta drakor and kpop seperti aku.

    BalasHapus
  57. Buat artikel tentang list korean corner yg ada di indo dong mbak 😍

    BalasHapus
  58. Pernah ambil kelas Bahasa Korea dengan tutor langsung orang Korea, dan tutor orang Indonesia di Balai Pemuda. Sempat belajar materi TOPIK segala. Ampun, matik di listening dan baca. Sayangnya saat itu perpus lagi perbaikan. Sekarang udah bisa dikunjungi ya, bisa sekalian nyambangi Korean Corner.

    BalasHapus
  59. Cocok banget Korean Corner Surabaya ini untuk yang betul-betul baru mau belajar bahasa Korea.

    BalasHapus
  60. wah ini sih asyik banget. mana bisa belajar bahasa korea juga. dari dulu akutuh suka pengen belajar. kalau nonton drama, kan cuma kenal beberapa kosa kata

    BalasHapus
  61. penggemar korea pastinya nggak akan melewatkan korean corner ini ya, mbak. jadi ingat dulu pas awal-awal drakor booming di indonesia kampus tempatku kuliah juga sampai ada mengadakan kelas bahasa korea cuma karena waktu itu lokasiku di kota tetangga nggak bisa ikutan deh

    BalasHapus
  62. Wih ada buku2nya juga, di Surabaya ternyata. Makasih infonya jadi ada tujuan nanti kalau ke surabaya lagi

    BalasHapus