Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

Mengenal Digital Banking, Apa Saja Manfaat dan Layanannya?

 

Digital Bank

https://www.pexels.com/photo/woman-in-white-shirt-using-laptop-doing-online-shopping-6279104/

Dalam perkembangan industri perbankan, kehadiran aplikasi digital banking dalam bentuk mobile banking semakin masif dipromosikan. Inovasi ini merupakan adaptasi dari fenomena digital yang terjadi di seluruh aspek kehidupan manusia. Teknologi mobile banking membawa banyak kemudahan dalam kebutuhan transaksi di era sekarang.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 12/PJOK.03.2018 menyatakan bahwa digital banking merupakan layanan atau produk yang disediakan oleh bank umum kepada nasabahnya untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, dan transaksi perbankan lewat media elektronik.

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, jumlah pengguna digital banking semakin terus meningkat. Sebelum mempelajari berbagai layanannya, Anda perlu memahami terlebih dulu tentang pengertian digital banking serta manfaatnya.

Apa itu Digital Banking?

Digital banking bukanlah sebutan untuk bank konvensional atau bank umum. Digital banking merupakan kegiatan perbankan yang seluruhnya dilakukan secara online atau melalui internet, contohnya adalah mobile banking. Semua kegiatan mulai dari awal pembukaan rekening tabungan hingga penutupan rekening bisa dilakukan secara mudah tanpa harus datang ke kantor bank.

Dengan layanan mobile banking, Anda dapat melakukan transaksi keuangan secara cepat dan mudah, serta tanpa ada batasan jam operasional bank. Selama masih memiliki akses internet yang baik dan handphone, Anda bisa menggunakan berbagai layanan online kapanpun dan dimanapun.

Meski sistemnya online, namun layanan mobile banking tidak jauh berbeda dengan penggunaan bank konvensional. Anda bisa melakukan berbagai layanan transaksi, seperti registrasi, pembukaan rekening baru, cek saldo, mutasi rekening, transfer uang, dan sebagainya. Melalui mobile banking Anda dapat mentransfer uang, tarik tunai tanpa kartu ATM, belanja online, hingga penutupan rekening. 

Selain itu, Anda dapat memperoleh informasi lain di luar produk perbankan, seperti investasi, transaksi sistem perdagangan berbasis elektronik (e-commerce), nasihat keuangan (financial advisory), dan kebutuhan lainnya. Jadi ketika Anda melakukan kegiatan keuangan lewat aplikasi, itu artinya Anda telah melakukan mobile banking.

Manfaat Mobile Banking

Produk mobile banking semakin marak dihadirkan oleh berbagai bank. Meningkatnya minat pengguna layanan mobile banking disebabkan oleh manfaat yang diberikan sangatlah lengkap dan praktis dibandingkan memakai rekening konvensional. 

Lalu, apa saja manfaat digital banking melalui aplikasi mobile banking? Berikut keuntungan yang didapatkan penggunanya:

Bisa Diakses Kapan dan di Mana Saja

Mobile banking tidak mengenal pembatasan jam operasional. Selama 24 jam, Anda bebas melakukan aktivitas perbankan kapan saja dan di mana saja. Anda juga tidak perlu antre berjam-jam seperti di kantor bank. Apalagi saat ingin melakukan transaksi dalam keadaan mendesak.

Transaksi Cepat, Mudah, dan Aman

Berbagai kebutuhan transaksi keuangan menjadi semakin mudah dan cepat dengan adanya mobile banking. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan secara online, diantaranya membuka rekening baru, transfer dan menerima uang, melihat saldo, melakukan deposit, mengajukan pinjaman, dan lainnya. 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Kasir, Bikin Bisnis Makin Lancar

Dengan demikian pengguna dapat menghemat tenaga dan waktu karena proses transaksi lebih efisien. Selain itu, mobile banking juga dilengkapi dengan fitur keamanan untuk menunjang kenyamanan transaksi. Kode OTP dan juga PIN yang diterapkan di dalamnya akan menjamin perlindungan dan keamanan data pribadi Anda. 

Cukup dengan Satu Aplikasi

Segala aktivitas transaksi bisa diselesaikan dengan fitur perbankan hanya dengan satu aplikasi mobile banking, mulai dari membayar belanjaan di e-commerce, top up dompet digital (OVO, Dana, dan lainnya), serta membayar tagihan (listrik, PDAM, dan internet). Semua kegiatan tersebut bisa Anda akses dengan mudah lewat smartphone.

Biaya Admin Lebih Kecil bahkan Gratis 

Sudah ada banyak layanan mobile banking yang menawarkan gratis biaya admin untuk transfer antar bank yang berbeda. Hal ini tentu telah saja sangat menguntungkan bagi penggunanya karena bisa lebih menghemat keuangan. Namun mekanisme ini sangat memangkas banyak biaya operasional yang dikeluarkan oleh bank dalam memberikan layanan.

Ada juga beberapa bank yang menawarkan biaya admin lebih murah. Selain itu, biasanya dalam mobile banking terdapat promo setiap transaksi, mulai dari promo diskon maupun cashback. Ini akan membantu pengguna menghemat biaya pengeluaran.

Digital Bank

https://www.pexels.com/photo/a-close-up-shot-of-a-person-scanning-a-qr-code-12935051/

Layanan Perbankan di Era Digital 

Ada beberapa jenis layanan digital yang disediakan oleh perbankan, di antaranya internet banking, SMS banking, mobile banking, dan phone banking. Berikut penjelasan dari masing-masing layanan.

Internet Banking

Layanan ini hanya bisa dilakukan oleh nasabah dengan menggunakan perangkat browser yang ada pada laptop, smartphone, atau tablet asal terkoneksi internet dalam berbagai transaksi perbankan.

SMS Banking

Layanan transaksi ini dapat diakses oleh nasabah dengan menggunakan fitur SMS dari smartphone. Nasabah perlu mengetik format pesan perintah atau permintaan tertentu dan mengirim pada nomor tujuan yang ditentukan bank untuk bisa bertransaksi.

Mobile Banking

Mobile Banking adalah layanan perbankan yang bisa langsung diakses menggunakan aplikasi yang sudah diunduh di smartphone. Pada layanan ini, semua nasabah bisa dengan mudah dan cepat melakukan transaksi memanfaatkan fitur di dalamnya. 

Phone Banking

Layanan terakhir ini memungkinkan nasabah untuk langsung menghubungi pihak bank melalui contact center resmi lewat telepon. Kemudian nasabah akan ditangani secara otomatis oleh program atau teller untuk melakukan permintaan transaksi yang diinginkan. 

Mobile Banking PermataMobile X

Aplikasi mobile banking yang menyediakan berbagai layanan dan menawarkan banyak kelebihan adalah PermataMobile X. Aplikasi perbankan dari PermataBank ini memprioritaskan keamanan dan kenyamanan penggunanya. Desain dan sistem aplikasi yang dihadirkan pun sangat mumpuni.

Anda bisa mengakses layanan seperti cek saldo tanpa harus login, fitur Face ID dan Finger ID, transfer uang lebih cepat dan mudah hanya dengan nomor telepon, mobile cash, kartu kredit, WhatsApp gift, QR pay, investasi, top up e-wallet, bayar tagihan, cek mutasi rekening hingga 12 bulan, serta tarik tunai tanpa kartu di Permata ATM.

Baca Juga : Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

PermataMobile X bisa Anda unduh di Play Store atau App Store. Dengan menggunakan aplikasi ini,  ada banyak kelebihan yang diberikan oleh PermataMobile X, diantaranya gratis biaya admin, cashback dan beragam promo belanja, autodebet, dan sebagainya. 

Lalu, bagaimana cara mendaftarnya, serta syarat dan ketentuannya? Anda dapat mencari tahu informasi selengkapnya termasuk langkah-langkahnya melalui laman berikut ini https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.

14 komentar

  1. Semenjak memakai mobile banking, saya jadi lebih mudah untuk melakukan banyak hal terkait finansial, kayak belanja online, beli pulsa, bayar tagihan, transfer, topup dan lainnya.

    Pokoknya ngebantuin banget deh. Minusnya ya, jadi agak boros aja sih, karena jadi lebih mudah untuk transaksi keuangan dari rekening kita, hehehehe

    BalasHapus
  2. Pakai digital banking tuh emang bikin mudah segala hal yang menyangkut finansial sih. Kita cuma butuh satu aplikasi untuk saving atau bayar-bayar tagihan. Hidup jadi lebih simple aja gitu.

    BalasHapus
  3. aku juga suka pakai digital banking mba, udah ngga pernah ke atm deh selain untuk ambil uang aja.. kalau mau transaksi apapun juga selalu lewat handphone

    BalasHapus
  4. klo sekarang tuh aku ngerasa, can't live without digital banking! emang sepraktis dan sebutuh itu sama akses dan layanan digital banking aku tu, aku juga udh bertahun-tahun pake Permata Bank dan nyaman, banyak cashback nya lagi

    BalasHapus
  5. Di era sekarang punya digital banking udh kayak jadi sebuah kewajiban. Kepraktisannya bisa bikin mudah urusan bayar membayar hihi 😆 asal nggak dikit2 buat belanja online yg nggak perlu aja ya haha

    BalasHapus
  6. Semenjak adanya digital banking, aku pun jadi pengguna setianya. Bahkan rekening koran pun aku download dari internet banking.

    Terus bayar-bayar tagihan listrik, PDAM, telepon, bisa kubayar melalui digital banking.

    BalasHapus
  7. saya juga terbantu banget dengan adanya digital banking, karena apa-apa sekarang tinggal ambil HP yg ada akses internetnya.
    Bisa bayar semua tagihan listrik, Wifi, transfer / top up e-wallet sampai bayar belanjaan juga sekarang bisa pakai digital banking.
    Aku hampir gak punya uang cash di dompet wwkwk

    BalasHapus
  8. Digital banking ini sangat menghemat waktu ya, tidak harus datang ke kantor untuk bisa buka rekening, tidak seperti bank konven yang buka rekening saja harus ke kantor.

    BalasHapus
  9. Zaman sekarang kudu banget setiap bank memiliki aplikasi mobile banking yang mendukung kepentingan perbankan di dunia digital. Karena selain praktis, memudahkan dan semua alat bayar zaman sekarang sudah beralih ke digitalisasi. Buruan pakai Mobile Banking PermataMobile X.

    BalasHapus
  10. Digital banking bikin transaksi jadi mudah banget ya. Aku seringnya pake yang m-banking. Jadi hemat uang cash ke mana-mana.

    BalasHapus
  11. Duhh kemana mana tanpa bawa dompetpun jadi tenang kalo ada digital banking. Ngga perluu insecure juga kalo bawa cash dikiitt. udah tergantung banget sih kalo aku

    BalasHapus
  12. setuju mba, kadang digital banking ini mempermudah kita yang jarang banget bawa uang tunai dengan nominal tertentu. Sekarang, sisi positif dari adanya corona pembuatan akun bank juga bisa dilakukan secara virtual tanpa harus datang ke bank langsung.

    BalasHapus
  13. Pernah pakai digital banking yang warna biru, kebobolan 5 jutaan, untuk banknya mau ganti. Intinya tetap hati-hati aja dan mungkin saldonya ga perlu terlalu banyak.

    BalasHapus
  14. Ketika aku mutusin utk buka rek di suatu bank, salah satu kelriteria yg aku bikin mobile banking ya harus user friendly, tidak ada biaya apapun, termasuk biaya transfer kemana aja, dan gampang dipake di LN Krn aku rutin traveling kan. Makanya 3 bank yg aku pakai skr, HSBC, CIMB dan permata jadi favoritku Krn mereka memenuhi semua kriteria yg aku mau.

    3-3 nya sangat user friendly mobile bankingnya, ga ada biaya apapun asalkan maintain dana nya di rekening, dan gampang dipake di LN.

    Permata dulu aku buka, selain kriteria di atas terpenuhi, tapi juga buat keperluan RDN saham ku mba. Berhubung aku benci BCA, jadi ofkorslah pilih permata hahahahahah.

    BalasHapus