Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

7 Cara Hidup Lebih Hemat dan Bijaksana di Tahun 2024

 


C:\Users\microsoft\Downloads\woman-hand-holding-plant-growing-from-coins-bottle.jpg

https://www.freepik.com/free-photo/woman-hand-holding-plant-growing-from-coins-bottle_5508836.htm

 

Memiliki tabungan adalah sebuah investasi berharga jangka panjang yang banyak manfaatnya untuk pengelolaan keuangan. Memasuki awal tahun 2024, tentunya kamu harus memiliki langkah-langkah cerdas agar selama setahun ke depan tidak mengalami kesulitan finansial.

Salah satu langkah paling mudah adalah dengan menyiapkan tabungan, membuat perencanaan keuangan dengan matang serta mulai berhemat akan turut membantu kamu dalam proses tata kelola keuangan.

Tips dan 7 Cara Hidup Lebih Hemat dan Bijaksana di Tahun 2024 

D:\saving-money-concept-preset-by-male-hand-putting-money-coin-stack-growing-business-arrange-coins-into-heaps-with-hands-content-about-money_1150-45709.jpg

https://www.freepik.com/free-photo/saving-money-concept-preset-by-male-hand-putting-money-coin-stack-growing-business-arrange-coins-into-heaps-with-hands-content-about-money_14779241.htm


Tabungan adalah salah satu bentuk upaya yang dapat kamu lakukan agar memiliki finansial yang stabil. Untuk mewujudkannya kamu harus membuat langkah bijaksana dalam mengelola keuangan serta lebih berhemat. Bagaimana cara tepatnya, kamu bisa menyontek tips agar lebih hemat seperti di bawah ini;

  1. Jangan Besar Pasak daripada Tiang

Untuk bisa hidup lebih hemat, cara jitu yang dapat kamu lakukan salah satunya adalah tidak melakukan pengeluaran secara berlebihan. Jika perlu buatlah laporan pengeluaran dan buat target satu hari maksimal berapa pengeluaran yang boleh dilakukan. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Paling bijaksana adalah kamu mengalokasikan terlebih dahulu pendapatan untuk keperluan yang lebih penting. Jangan melakukan atau memaksakan untuk memenuhi keinginan di saat kondisi pendapatan tidak memungkinkan melakukan pengeluaran di luar rencana keuangan.

  1. Buat Skala Prioritas

Apabila kamu ingin memulai cara hidup hemat, membuat skala prioritas adalah hal utama yang harus kamu lakukan. Skala prioritas ini dapat kamu buat secara bersusun mulai dari yang paling penting hingga yang kurang penting.

Misalnya pada bagian paling atas adalah belanja makanan dan kebutuhan bulanan, biaya transportasi, pendidikan anak serta kebutuhan utilitas lainnya.

Baca Juga : Menyiapkan Dana untuk Renovasi Rumah dengan Reksadana

Apabila terdapat kelebihan rencana dana dalam skala prioritas tersebut, barulah kamu dapat menambahkan kebutuhan lain seperti uang jajan atau lainnya. Dalam membuat daftar tersebut, kamu pun harus bijak sehingga tidak akan nampak kesan boros dan menghamburkan uang untuk hal yang tidak penting.

  1. Belanja Sesuai Kebutuhan

Ketika menerima gaji lumrah apabila muncul berbagai keinginan untuk membeli sesuatu. Namun, jika keinginan tersebut dipenuhi, maka target tabungan yang dibuat di awal tahun akan sulit terpenuhi.

Untuk menerapkan hidup yang lebih hemat, batasi aktivitas belanja yang tidak perlu adalah cara yang tepat. Belilah barang atau kebutuhan yang memang sekiranya hal tersebut penting dan dibutuhkan. Belanja saat terdapat promo juga jadi langkah tepat agar bisa berhemat dan menyisihkan uang untuk saving.

  1. Menabung Secara Disiplin

Tabungan adalah investasi jangka panjang yang sangat berharga dan paling banyak disarankan dibandingkan dengan investasi lainnya.  Akan tetapi, jika tidak memiliki keinginan kuat dan target maka hal tersebut akan sulit dilakukan.

Untuk awal pembuatan tabungan kamu tidak harus menabung dalam jumlah besar. Hindari pula menabung dari sisa uang yang ada karena belum tentu terdapat sisa pendapatan. Sisihkan uang khusus tabungan ketika menerima gaji sekian persen setiap bulannya.

Baca Juga : Siapkan Dana Kuliah Anak Jurusan AI Terbaik di Dunia

Selalu konsisten melakukan hal demikian, akan membuat target finansial kamu tercapai dengan mudah di masa depan. Apalagi bagi kamu yang tinggal di perkotaan dimana kebutuhan biaya hidup lumayan tinggi.

  1. Manfaatkan Promo

Adanya beragam promo atau diskon bisa memunculkan dua peluang. Antara besar-besaran dalam belanja atau memanfaatkannya agar bisa berhemat. Hal ini tergantung pada kecerdasan finansial kamu. Terlebih sekarang banyak aplikasi online yang memudahkan kamu dalam melakukan belanja.

Apabila tidak dapat menahan keinginan, beragam promo yang ada dapat membuat rencana keuangan kamu berantakan. Cara tepat yang harus kamu lakukan saat terdapat berbagai macam promo adalah memanfaatkannya untuk belanja lebih hemat. Sehingga kamu bisa mengalokasikan kelebihan uang untuk hal lain atau untuk investasi.

Lakukan belanja dengan teliti dengan memaksimalkan fitur promo saat berbelanja, utamanya saat belanja online sehingga kamu tetap akan mendapatkan apa yang menjadi keinginan tanpa harus mengeluarkan uang berlebih.

  1. Selalu Jaga Kesehatan

Pos kesehatan sebaiknya harus ada dalam setiap skala prioritas bulanan. Tidak bisa dipungkiri bahwa sehat itu mahal, artinya jika kamu tidak bisa menjaga kesehatan dengan baik, otomatis akan terdapat pengeluaran untuk biaya pengobatan.

Baca Juga : Cari Tahu, Biaya Konsultasi Psikolog Mahal atau Murah?

Jika jumlahnya melebihi budget dalam plan keuangan tentu akan mengganggu kestabilan keuangan dan menyebabkan bengkaknya pengeluaran. Alhasil hidup hemat pun sulit tercapai. Menjalankan pola hidup sehat dengan rajin olahraga dan konsumsi makanan sehat akan menjaga kondisi tubuh tetap fit. Stabilitas keuangan pun akan ikut terjaga.

  1. Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Tahapan hidup hemat lain yang harus kamu lakukan adalah dengan mengubah gaya hidup agar tetap hemat. Kamu bisa menerapkan gaya hidup minimalis yang lebih mementingkan pemenuhan kebutuhan akan membantu pola pikir agar lebih cermat dalam melakukan pembelanjaan. Dengan demikian tidak akan terjadi masalah dalam kestabilan finansial setiap bulannya.

Baca Juga : 8 Tips Hemat dan Praktis Biaya Transportasi Saat Liburan

Hidup hemat adalah cara paling tepat untuk mewujudkan finansial cerdas yang berhasil. Melakukan pembatasan terhadap beberapa pengeluaran yang tidak penting adalah hal penting dan utama yang harus kamu lakukan.

Efeknya tentu agar kamu dapat lebih mudah memiliki tabungan untuk investasi masa depan. Agar cita-cita tersebut dapat terpenuhi, kamu dapat membuka rekening tabungan di digibank by DBS yang lebih mudah dan cepat. 

Di samping itu terdapat kemudahan lainnya yaitu kamu tidak perlu datang ke lokasi. Bisa melakukan pembukaan secara online dengan verifikasi fitur face biometric, cukup siapkan e-KTP dan selfie. Syarat pembukaannya tanpa minimum saldo dan tidak perlu tanda tangan untuk pengesahan.

Fleksibel, bisa ditarik kapanpun tanpa biaya, atur keuangan lebih rapi di 20 dompet maxi. Tidak hanya itu, bunga tabungannya pun cukup tinggi yakni sampai 3% per tahun. Jadi, tunggu apalagi, yuk download aplikasi digibank by DBS. Buka tabungan sekarang juga. Untuk Info selengkapnya tentang produk digibank by DBS lainnya, silakan klik di sini.



Tidak ada komentar

Posting Komentar