Dee Stories

Kumpulan artikel parenting yang ditulis oleh blogger parenting Indonesia.
Suka travelling & kuliner. Konselor ASI &MPASI.

3 Tip Kelola Uang THR dengan Bijak

Tip Kelola Uang THR



Tip kelola uang THR dengan bijak sangat penting, ya! Apalagi buat saya yang salah satu resolusi tahun ini adalah cerdas finansial. Saya ingin tahun ini saya lebih bijak dalam mengelola keuangan, termasuk uang THR ini. 


THR (Tunjangan Hari Raya)


THR atau tunjangan hari raya menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu di minggu terakhir bulan Ramadan ini. Banyak pekerja yang menunggu cairnya uang THR. Maklum, lebaran semakin dekat. Butuh uang buat mempersiapkan lebaran. 


Baca Juga : Tips Kelola THR yang Baik


THR biasanya akan diberikan H-7 sebelum lebaran. Besaran THR ini biasanya satu kali gaji bulanan. Cukuplah untuk memenuhi kebutuhan lebaran.


Tip Kelola Uang THR


Apakah teman-teman sudah menerima uang THR? Rencananya akan dibuat apa uang THR ini? Pastikan dikelola dengan bijak, ya! Agar uang THR ini nggak numpang lewat begitu saja. 


Lalu, bagaimana ya caranya agar uang THR ini bisa bermanfaat? Tidak numpang lewat begitu saja? Tentunya kita perlu mengelolanya secara bijak. Caranya? 


Berikut adalah tip kelola uang THR dengan bijak.


1. Belanja sesuai kebutuhan

Uang THR memang digunakan untuk belanja kebutuhan lebaran. Tapi ingat, belanja sesuai kebutuhan. Jangan lapar mata! 


Baca Juga : Tip Menghemat Uang THR


Baiknya, buat dulu daftar barang belanjaan, sebelum pergi belanja. Tujuannya, biar kita lebih fokus untuk membeli barang yang kita butuhkan saja. 


2. Manfaatkan promo

Menjelang lebaran banyak promo belanja dimana-mana. Baik di pusat-pusat perbelanjaan ataupun marketplace. 


Baca Juga : Tips Cerdas Menyikapi Promo Belanja Online


Jangan lupa manfaatkan promo yang ada untuk membeli keperluan lebaran. Biar kita bisa dapat harga murah, uang THR pun bisa dihemat. 


3. Buat rencana pembagian uang THR

Biar nggak bingung, buat rencana pembagian uang THR. Mau dipakai apa saja uang THR yang sudah kita dapatkan. 


Kalau saya, membagi uang THR untuk lima pos pengeluaran. Yaitu : 


Tip Kelola Uang THR


⏺️ Keperluan lebaran 

Alokasikan THR untuk keperluan lebaran, misalnya menyediakan hidangan lebaran hingga biaya mudik


Saya tahun ini mudik dengan kendaraan pribadi. Tentunya saya butuh pengeluaran untuk bensin, tol dan juga konsumsi selama di perjalanan. 


Baca Juga : Pengalaman Penuh Drama Saat Mudik Lebaran


Tak lupa memberikan THR kepada orang tua, anak dan para keponakan di kampung halaman.


⏺️ Zakat

Jangan lupa gunakan uang THR untuk membayar zakat. Ada zakat fitrah atau zakat maal bila memang kekayaan kita sudah sampai pada hisabnya. Ingat, zakat itu wajib hukumnya. Jadi, jangan sampai tidak dibayar, ya!


⏺️ Utang/Cicilan

Dahulukan membayar utang/cicilan. Biar hidup makin tenang. Jangan sampai kita bisa lebaran dengan bermewah-mewah, tapi belum bisa bayar utang ke teman. Duh, itu nggak tahu diri banget kalau gitu. Malu!


⏺️ Investasi

Alokasikan sebagian uang THR untuk investasi. Pilih investasi yang jelas, reksadana, logam mulia misalnya. Atau investasi lainnya, sesuai kebutuhan.  Jangan sampai terjebak dengan investasi bodong!


⏺️ Asuransi

Kita nggak bisa tahu apa yang akan terjadi nanti. Lindungi diri dan keluarga dengan asuransi. Asuransi itu self reward. Bentuk cinta untuk diri sendiri dan keluarga. 


Promo Lebaran Produk FWD Insurance


Bicara tentang asuransi, teman-teman bisa memanfaatkan promo lebaran produk FWD Insurance. 



Baca Juga : Merayakan Hidup Penuh Percaya Diri bersama FWD Insurance


Sambut berkah melimpah di hari kemenangan, biar mudik semakin aman dan nyaman, manfaatkan perlindungan dari FWD Insurance. Dapatkan diskon 50% untuk premi/kontribusi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana dan Bebas Aksi


Baca Juga : Launching Event HERoic 2022



Promo ini berlangsung mulai dari 25 hingga 30 April 2022. Jangan sampai ketinggalan, ya! Dapatkan informasi lengkapnya di website FWD Insurance.


Tip Kelola Uang THR dengan Bijak 


Demikian 3 tip kelola uang THR dengan bijak. Semoga tip ini bisa membantu teman-teman dalam mengelola uang THR secara bijak, ya!


Agar uang THR yang kita terima bisa lebih bermanfaat. Tidak numpang lewat begitu saja. 


Selamat lebaran! Selamat menikmati hari kemenangan bersama orang-orang tercinta. 


Mohon maaf lahir dan batin.


94 komentar

  1. Makasih sharingnya, Kak. Nanti dicoba kalau sudah ada THR.

    BalasHapus
  2. udah pasti THR aku hemat banget, meski gak dapet THR tapi dapat jatah dari suami. kami kan bukan PNS atau pegawai, hehehe. yang pasti manfatin promo itu udaj pasti mba

    BalasHapus
  3. THR nya jadi biaya mudik dan kembali jd THR buat anak2. Hahaha. Makasi sharingnya kak.

    BalasHapus
  4. Uang THR suami dikelola suami sendiri.. suami yg investasikan hehe

    BalasHapus
  5. Thr kalau dikelola dengan baik bisa jadi tabungan bahkan sumber penghasilan jika diinvestasikan ya. Memang sebaiknya jangan mentang-mentang dapat uang free lalu dihamburkan begitu saja...

    BalasHapus
  6. kalau ada THR begini sebaiknya memang diinvestasikan yaa biar gak lenyap begitu saja..
    kalau saya dpt bonus/THR begini biasanya tak beliin tabungan emas, lumayan nambah 1-2 gram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah cara seperti itu nabung emas saat kita punya rezeki, juga banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga di sekitar tempat tinggal saya ini lho... Mudah dijual pula kalau pas butuh dana ya

      Hapus
  7. Siapkan pos tabungan buat investasi memang diperlukan, jadi bisa terus konsisten

    BalasHapus
  8. asuransi salah satu menyimpan uang dengan aman ya kak, sehingga uang THR nya ga bablas mulu habis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah siapkan juga posnya buat asuransi, sehingga memudahkan buat memiliki proteksi perlindungan

      Hapus
  9. Promo diskon menjelang Lebaran itu memang susah ditolak. Hihi.... Kalo nggak hati-hati bisa kalap belanja tuh. Nggak ada sisa buat nabung, investasi, dan asuransi.

    BalasHapus
  10. Nah bener ini, jangan sampai abis THR an abis lebaran jadi berujung hutang dimana2 yaa mba, harus pandai2 mengelola

    BalasHapus
  11. Kalau saya langsung dimasukan ke celengan atau ditabung buat sesuatu yg khawatir tiba-tiba ada yang dibutuhkan atau pengen jajan sesuatu...

    BalasHapus
  12. aman sih kmrn dpt THR lgsung utamain cicilan, sisanya dipakai buat blnja yg ud direncanakan kmrn2, sisanya disimpan. Menunggu THR thn dpn, wkwkwkw

    BalasHapus
  13. Penting banget tuh buat menyisihkan utk zakat/sedekah, tabungan, investasi, buat ngasih orangtua, dan sisanya bisa buat persiapan lebaran tuh.

    BalasHapus
  14. Yap, membagi uang THR salam pos-pos seperti ini oke juga yaa. Bahkan penggunanya jadi lebih tepat dan sesuai yang dikehendaki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak,
      Karena kan misalnya lagi butuh C maka ambilnya di pos yang C ya bukan yang A

      Hapus
  15. emang ya paling betul sebelum belanja tuh berhitung dan buat perencanaannya dulu biar ga boros dan bisa dibagi-bagi sesuai daftar prioritas, apalagi kalau masa-masa lebaran

    BalasHapus
  16. karena aku gak dapet THR tapi gantinya dapat jatah ramadan dan lebaran dari suami, jadi perencanaan emang harus dibuat sematang mungkin dan harus cukup untuk kebutuhan dan keperluan ramadan juga lebaran. kalo gak gitu bisa minus.

    BalasHapus
  17. Iya nih..
    Moment lebaran memang dinantikan banget yaah.. Tapi kudu serius dan ketat mengelola THR agar tidak ambyar sepulang dari mudik Lebaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Teh, kalau kelolanya kurang baik jadi gak beres ya.
      Harus teliti dan dipantau dengan baik

      Hapus
  18. Uang THR pasti habis buat mudik, zakat, dan kebutuhan lain. Terpenting pandai-pandai aja mengelolanya ya, Mba. Biar uangnya tetap bermanfaat, apalagi kalau bisa di tabung.

    BalasHapus
  19. Setuju banget mba kalau belanja mending memanfaatkan promo aja biar uang THR nya masih bisa disimpan tapi jiwa belanjanya tetap terpenuhi. Hahahh

    BalasHapus
  20. Iyaya Mbak, uang THR itu lebih baik dikelola dgn bijak.. Nah biar tidak boncos biasanya aku selalu usahakan buat menabung atau investasi sih..

    BalasHapus
  21. Mengelola uang THR penting banget nih, terkadang saat dpt THR tuh yg ad dipikiran kita untuk dibelanjakan

    BalasHapus
  22. harus bijak ya kita dalam mengelola THR ini jangan sampai habis tanpa ketahuan ke mana uang THR-nya . Syukur-syukur kalau bisa jadi investasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah cakep tuh klo uang THR juga bisa masuk ke pos-pos tabungan dan investasi masa depan yaa

      Hapus
  23. saya malah baru kefikiran setelah baca ulasannya mbak. sejauh ini belum memplotkan uang THR untuk investasi. baru sebatas menabung, sedekah, beli barang/mainan anak. so far, next boleh ku terapkan

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Dulu pas masih mendapatkan thr dari om dan tante, hasilnya biasanya saya belikan sesuatu ,bisa game atau buku, dan sisanya saya sisihkan utk digabung.

    Tapi sekarang tiap kali dapat thr yg ada malah buat kebutuhan bulanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi saya juga kadang gitu, mas. soalnya kadang bulan ramadan kan pengeluaran membengkak akhirnya ditomboki dari THR deh

      Hapus
  26. Uang THR sering dianggap uang kaget sehingga cenderung dihabiskan ya?
    Padahal bisa banget disisihkan untuk masa depan. (investasi dan asuransi) karena di masa depan mungkin kita gak sesehat sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak. beberapa temanku kalau dapat uang THR langsung beli macam-macam. bagusnya sih ada juga yang diinvestasikan buat masa depan yaa

      Hapus
  27. Aku unag THR emang gini langsung kubagi-bagi biar ga 'kayak tisue' wkwk, biasanya larinya ke investasi juga sih

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah THR sudah di post sesuai dengan kebutuhan dan budgetnya :) puas ya kalau bisa manage THR yang setahun sekali hadirnya dengan lebih bijak, jadi berasa bermanfaat banget dan ketolong banget sama hadirnya THR :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, me-manage dengan baik THR maka kitanya juga yang bakal senang

      Hapus
  29. Bener banget nih kalo gak kelola THR yang bisa habis gitu aja terus malah gak cukup sana sini. Syukur syukur ada sisa buat investasi ya. Klopun gak cukup ya slot buat bayar zakat, sedekah dan tagihan asuransi tetep harus dipisahkan.

    BalasHapus
  30. Emang penting banget sih untuk mengatur uang THR, agar nantinya tidak habis untuk yang tidak bermanfaat

    BalasHapus
  31. Wah FWD ini produknya banyak banget yaa. Cocok banget dijadikan asuransi masa depan, apalagi pas ada diskon kaya gini nih.
    Thanks tipsnya, mbak. Kebetulan aku tu paling gak bisa ngatur keuangan kaya gini, THR kemarin aja ludes, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan di barisan kak Ana.
      Aku juga paling lemah diminta mengatur keuangan. Tapi kudu terus belajar dan praktik agar menjadi lebih baik untuk keuangan masa depan keluarga.

      Hapus
  32. THR itu memang untuk dihabiskan saat hari raya tapi dengan bijak, tentu harus dikelola dengan baik agar gak habis sia2 ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satunya adalah dengan berburu promo dan beli yang harga nya lebih murah, meski itu cuman beda seribu rupiah ya kak. kan lumayan tuh

      Hapus
  33. THR suami saya biasa dialokasikan buat mudik...Ya gitu deh mudik memang biayanya tuh sesuatu. Tapi tips di artikel ini saya setuju, Apalagi jika salah satu pos uang THR untuk lindungi diri dan keluarga dengan asuransi.
    Sebuah self reward sebagai bentuk cinta untuk diri sendiri dan keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak, biaya mudik ngga sedikit huhu makanya aku nunggu anakku agak gedean dikit sambil nabung dikit2 gituu buat mudik ke kampung leluhurnya suami di luar pulau Jawa sana

      Hapus
  34. kecerdasan finansial mutlak diperlukan siapapun ya.
    semoga dgn edukasi seperti ini bisa membuat kita makin bijak mengatur dan mengelola THR dan duit2 lainnya.

    BalasHapus
  35. klo saya mah THR, selain bagi-bagi ke sodara dan ponakan biasanya saya tabung di uang dana darurat.

    BalasHapus
  36. Iyesss....memang benenr banget kalau THR itu macam uang panas yang cepet banget menguapnya kalau nggak dikelola dengan baik. Penting ternyata ya untuk mulai mengatur aliran dana rumahtangga biar nggak boncos di tengah jalan ya buun

    BalasHapus
  37. AKu dan suami tuh selalu saling mengingatkan uang THR didahulukan untuk zakat sekian persen. Jangan sampai terlewatkan karena ngeri dosa hehehe. Untuk keperluan sehari2, berbagi, tabungan, investasi tentu mesti dialokasikan sebaik2nya jangan tergiur diskon wkwkwkwk. Kenyataannya ibu2 ga ya, tetap tergoda jika banyak sale hahaha :D

    BalasHapus
  38. THR emang perlu banget dikelola secara bijak mba kerasa banget kalau misalnya ga diatur tuh kayaknya cepet abis gitu uangnya hahaha penting sih dikelola dengan bijak dengan memprioritaskan kebutuhan

    BalasHapus
  39. Terima kasih ya kak tipsnya sangat bermanfaat untuk mengelola THR apalagi untuk anak-anak yang notabene belum bisa mengelola uang dengan baik

    BalasHapus
  40. MasyAllah mba Dian hebat banget sih. Resolusinya di tahun ini cerdas finansial. Sesuatu yang banyak terlupakan oleh kita. Ngomongin soal THR aku setuju ama yang ditulis di atas. Cuma aku paksu yang ngelola uangnya hahaha 😂. Gara gara istrinya ini suka deg degan kalau pegang uang banyak gara gara ga biasa 😂

    BalasHapus
  41. Poin bayar utang itu penting banget bagi yang punya utang. Justru saat tepat buat melunasi, atau bayar lebih banyak. Jangan sampai dipakai banyak-banyak buat lebaran, bermewah-mewah di kampung halaman, eh utang masih numpuk.

    BalasHapus
  42. poin ke-2 bener banget mba, tapi sanking kebanyakan promo jadi bablas juga tuh THR wkwk,...
    tips nya bagus, makasih mba :)

    BalasHapus
  43. Boleh dicoba nih tahun depan. Kalau thr utk tahun ini dan sebelumnya, apalagi tahun ini, aku agak losdol gitu.

    BalasHapus
  44. Setuju banget dengan tips yang ditulis. Walopun THR ini terkesan bonus, tapi jika dialokasikan ke tempat yang tepat, bisa produktif dan malah memberi kita bonus selanjutnya, ya. Daripada habis hanya untuk belanja kebutuhan lebaran yang berlebihan.

    BalasHapus
  45. Kalau punya THR tuh emang kayak lagu Doraemon. Ingin ini ingin itu banyaaaaak sekaliiii~ ahahha. Harus punya skill kelola uang ya.

    BalasHapus
  46. Emang ya kalau lagi dapet THR suka lupa diri 🤭, padahal masih banyak kebutuhan yg harus di prioritas kan dulu. Kudu pinter pinter kelola Uang THR, kalau nda di buat perencanaan keuangan bisa berlalu begitu saja uang THR.

    BalasHapus
  47. Kadang nih kalau dapat THR tuh suka bablas ya, lupa menyisihkan untuk kepetingan yang lebih penting seperti membeli asuransi. Padahal ini salah satu cara untuk mengelola THR kita lebih bijak ya mak.

    BalasHapus
  48. Kalo aku dapet THR dari suami, semua kebutuhan udah beres jadi emang THR buat keinginan dan kebutuhan aja kayak nyalon dll hehe makasih kak sharingnya semoga lebih bijak lagi kita dalam mengelola keuangan

    BalasHapus
  49. Kapan aku dapat THR ya? Hahaha

    Gak papa, mari catat dulu ya cara kelola uang THR ini. Siapa tahu ya kan. Yang penting kewajiban jangan lupa dibayar dulu

    BalasHapus
  50. Ngomongin THR biasanya kita suka lupa, bawaannya pengen ngabisin hehe. Padahal memang seharusnya dialokasikan untuk kebutuhan wajib dulu termasuk asuransi salah satunya. Biar hati tenang.

    BalasHapus
  51. Wah ilmu yang sangat berguna buat para penerima THR biar nggak cuma buat foya foya ya Mbaa..sayangnya saya nggak punya..hehehe

    BalasHapus
  52. Kelola keuangan ini kudu cerdas yaa..
    Seringnya tuh kalau sedang "lebih" seperti ada THR, jadi lupa diri. Padahal mah kudu tetap ingat dengan masa depan. Persiapkan dana terbaik sebagai self reward karena sudah meksimal bekerja selama ini.

    BalasHapus
  53. Uang THR kalau dikelola dengan baik malah jadi menguntungkan ya contohnya ya buat investasi. Makasih ya sharingnya

    BalasHapus
  54. Sebagai freelance sulit banget ngarep THR. Apa boleh request atur uang bulanan yang nggak pasti gitu? 🤭

    BalasHapus
  55. buat yang punya thr tapi nganggep mirip thr juga deg2an ya wkwkkw. cuma kalau dipikir-pikir memang perempuan itu paling pinter wes bagi keuangan makanya memang perempuan itu kudu berdaya. untung fwd sering banget ngaaaasih masukan dan insight buat perempuan ya

    BalasHapus
  56. Yap memang harus pinter-pinter mengelola THR ya, sebisa mungkin uang THR dimanfaatkan untuk kebutuhan yang penting tapi tahun ini saya dan suami sepakat menggunakan THR untuk biaya mudik sepenuhnya karena tiga tahun ngak pulang kampung, biasanya dari uang THR kami menyisihkan untuk di simpan.

    BalasHapus
  57. emang ya uang THR itu yang ditunggu2, keluargaku selalu mepet THR-nya soalnya kalau bulan Ramadhan banyak pengeluaran terutama untuk infaq dan sedekah, pastilah tiba2 uangnya udah enggak ada hihi... udah paham banget aku dengan suamiku, jadi gak ngarep banget dengan uang THR dari suami.

    BalasHapus
  58. Pas banget kan ya dapat THR dari pada belanja baju yang mana stok baju masih bagus mending ditabung untuk investasi atau asuransi juga ya. Keren tipsnya mba.

    BalasHapus
  59. Sayapun ingin bisa cerdas finansial dan nyimpenin uang THR biar lebih bijak, gak foya-foya. Tapi meski belanja pas promo tapi berulang-ulang jadinya ya boncos juga hihi..

    BalasHapus
  60. Iya ya THR harus dikelola dengan baik agar maksimal pemanfaatannya kita bisa menabung, bayar zakat dan cicilan dengan THR jadi nggak amblas begitu saja sayang kan

    BalasHapus
  61. Sebelum kalap belanja ini itu, memang seharusnya dahulukan yang prioritas dan wajib ya mba.
    Kalo bisa THR dipakai buat ngurangin hutang, bukan nambah hutang.
    Antisipasi kalap, biasanya kami belanjanya habis lebaran pulang mudik. Lebih nyaman belanjanya.

    BalasHapus
  62. Yes setuju, uang THR ini kan sebenernya kayak yang lebih ya, lebih berguna jika dipakai untuk hal2 bermanfaat seperti yang sudah disebutkan. Asuransi salah satunya, selain untuk proteksi diri dan kesehatan, juga untuk melindungi keuangan. Semacam "boros" tapi boros yang berguna.

    BalasHapus
  63. Memang ya mbak mengelola THR yg didapat itu penting bgt krn salah-salah rencana malahan kitanya mesti nombok. Kalau ada perencanaan bisa jadi fokus ke kebutuhan2 yg utama, jd meminimalisir boros juga.

    Dan iya nih mbak pos yang berkaitan dengan investasi dan asuransi itu penting banget. Karena kedua hal ini bisa memproteksi dari hal-hal gak terduga di kemudian hari.

    BalasHapus
  64. yang pertama pastinya senang banget ya bisa dapat THR itu, soalnya kayak ada tambahan uang buat kita wujudin keinginan. dan aku sepakat sih kalau uang THR harus bisa kita atur sedemikian biar tetap terjaga.

    BalasHapus
  65. dapat THR memang sangat menyenangkan tapi jangan sampai keblablasan beliin ini itu biar gak cepet habis

    BalasHapus
  66. Walaupun THR itu seperti 'rezeki nomplok' tapi tetap harus dikelola dengan bijak sesuai pos-pos keuangan ya mba.
    Nggak harus dihabiskan semua untuk keperluan lebaran.
    Makasih banget sudah mengingatkan mba.

    BalasHapus
  67. Bener banget mbak, thr harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik. Pertamanya buat zakat, hutang, baru keperluan lain. Apalagi kebutuhan lebaran ga sedikit. Untuk yang mudik apalagi

    BalasHapus
  68. Mbak DK, makasih tipsnya. Aku masih termasuk yang kurang pintar menata keuangan, termasuk THR, tapi kemarin sebelum pulkam, saya usahakan untuk mengelompokkan dahulu kewajiban-kewajiban yang harus terbayarkan dan uang tersebut, dipisahkan dalam tabungan lain. Sementara uang operasional selama liburan lebaran di rekening lain. Alhamdulillah agak berhasil, tahun ini

    BalasHapus
  69. Aku tim nabung uang thr hahaha karena percaya aja suatu saat pasti bakal kepake buat yg urgent2 gitu

    BalasHapus
  70. alhamdulillah nih tahun ini aku lebih bijak dalam mengelola THR, bisa buat bayar banyak hal.

    BalasHapus
  71. udah berapa tahun nih aku engga dapat THR haha apalagi ngga kerja kantoran kan ya.. jadi malah ngasih THR sih bukan dapet :)) tapi dulu kalau dapat THR, selalu aku buat belanja kebutuhan yang sudah aku ingin2kan dan juga buat tabungan pribadi.

    BalasHapus
  72. Merasa tercerahkan dengan tips mengelola uang THR di blog ini. Bagaimanapun, THR merupakan salah satu pencapaian atas hasil kerja keras kita. Sebagai hasilnya, tentu perlu digunakan agar menjadi manfaat, ya kak..

    BalasHapus
  73. Alokasi THR untuk berbagai keperluan sangat penting. Apalagi banyak kebutuhan yang butuh dana termasuk asuransi dan kebutuhan anak untuk pendidikan plus investasi.

    BalasHapus
  74. Asiknya yang dapet THR tuh kek rezeki nomplok, gimana kita mengelolanya THR itu sendiri yang kadang bisa menghasilkan juga kalo mulai di investasikan. Makasih tips dan sharingnya yaa.

    BalasHapus
  75. penyakit awam nih Mbak, suka tergoda ngabisin duit hehehe
    lupa bahwa ada masa tua, masa sakit dan kecelakaan
    atau masa yang tidak baik-baik saja
    sehingga kita harus menyiapkan sejak dini

    BalasHapus
  76. Penting banget sih ya mengelola uang THR dengan bijak, kalau enggak bakalan habis buat beli baju lebaran, dan printilan lebaran yang nggak ada habisnya kalau diturutin.

    BalasHapus
  77. Salah satu godaan ketika dapet THR tuh yaitu pengen kirim hampers ke sodara ato temen hehe. Trus tau2 over budget deh huhu. thx tuk remindernya mba Dian.

    BalasHapus
  78. Nah iya karena dapetnya setahun sekali jadi harus dikelola dengan baik, setelah zakat aku juga sering menyisihkan keperluan yang setahun sekali juga dikeluarkan misal pajak kendaraan. Ta[o tahun ini agak keblabasan soalnya sudah 2 tahun ga mudik jadinya habis dipake mudik semua, hiks....

    BalasHapus
  79. Pembagian uang THR itu oenting, akupun suka begitu. THR dihabiskan tapi masuk ke beberapa pos, dari tabungan hingga investasi juga.

    BalasHapus
  80. Setuju banget kak, kadang begitu dapat THR kita kalap beli apa-apa karena mikirnya ada uang THR. Padahal itu gak sehat untuk keuangan kita. Lebih baik belanja sesuai kebutuhan biar sisanya bisa dipakai untuk keperluan yang lebih penting.

    BalasHapus
  81. Betul kak, kalau bisa sebagian dari uang thr itu di investasikan ya agar nggak habis begitu saja

    BalasHapus